Hindari Makanan ini Selama Kehamilan agar Janin Tetap Sehat

  • 2 min read
  • Nov 13, 2021
Hindari Makanan ini Selama Kehamilan agar Janin Tetap Sehat

Hindari Makanan ini Selama Kehamilan agar Janin Tetap Sehat

Mencegah makanan tertentu saat kehamilan memang sangat diperlukan. Pasalnya, kondisi sedang hamil tentu seorang ibu harus menjaga janin yang ada dalam kandungannya. Oleh karena itu, menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa menghindari makanan ini selama kehamilan agar janin tetap sehat tentu merupakan hal penting bagi seorang ibu.

Pola hidup sehat merupakan bagian dari menjaga kesehatan tubuh. Apalagi pada saat sedang hamil, tentu jangan sembarangan konsumsi makanan atau minuman agar tidak membahayakan pada janin.

Hindari Makanan Selama Kehamilan

berikut ini adalah hindari makanan ini selama kehamilan yang patut diwaspadai oleh ibu hamil, di antaranya:

Telur Mentah

Menghindari makanan ini selama kehamilan dapat mencegah bahaya pada janin. Telur mentah atau kondisi masih setengah matang terkadang mengandung bakteri salmonella. Apabila bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh, maka dapat menyebabkan bayi meninggal dalam kandungan atau meningkatkan risiko pada persalinan prematur.

Daging Mentah

Daging mentah merupakan salah satu jenis makanan yang masih dalam keadaan kotor. Hindari makanan ini selama kehamilan agar janin tetap sehat dalam kandungan. Apalagi jika Anda ingin mengonsumsi makanan stek setengah matang, tentu waktunya untuk dimakan. Anda bisa menggantinya dengan masakan makanan laut supaya bakteri yang ada di dalamnya sudah hilang.

Keju Tidak Dipasteurisasi

Keju tidak dipasteurisasi merupakan bagian yang harus dihindari makanan ini selama kehamilan. Sebab, makanan tersebut tentu kemungkinan besar akan memiliki kandungan bakteri salmonella, listeria, campylobacter dan E.coli. Sehingga sangat membahayakan pada janin di dalam kandungan pada saat mengonsumsi makanan tersebut. Maka dari itu, hindari makanan keju tidak dipasteurisasi agar ibu hamil tetap sehat dan kuat.

Ikan Kadar Merkuri Tinggi

Ikan memang merupakan sumber asam lemak yang bagus. Maka tak heran jika ikan sering menjadi salah satu menu makanan sehari-hari. Namun, ada beberapa ikan kadar merkuri tinggi yang harus dihindari selama kehamilan, seperti makerel, ikan todak, hiu dan tilefish. Maka seorang ibu hamil bisa konsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri rendah, seperti ikan nila, kod, teri dan salmon.

Daging Deli

Daging deli adalah salah satu jenis menu makanan yang dibentuk menjadi lembaran daging olahan untuk menjadikan sebuah produk seperti sandwich. Apalagi cara pengolahannya tidak benar, tentu daging ini akan mengandung bakteri listeria. Maka dari itu, hindari makanan ini selama kehamilan agar bakteri tersebut tidak masuk ke dalam tubuh terutama pada janin dalam kandungan, agar tidak menyebabkan terjadinya keguguran.

Selain menghindari makanan seperti ditas, menjaga kebersihan rumah atau pola hidup sehat merupakan salah satu cara mencegah kontaminasi bakteri. Apabila seorang ibu hamil ingin memasak daging mentah untuk menu makanan, sebaiknya menggunakan sarung tangan agar tidak menyebar bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, cuci tangan setelah memasak supaya pola hidup tetap sehat dan segar.

Itulah sahabat solusi sehatku, pembahasan hindari makanan ini selama kehamilan agar janin tetap sehat. Semoga para ibu yang sedang hamil, mendapat kelancaran dan kemudahan pada masa kelahiran.

Baca selanjutnya: Perbedaan Popok Kain Bayi dan Popok Bayi Sekali Pakai yang Wajib Diketahui

 

Post Terkait :

One thought on “Hindari Makanan ini Selama Kehamilan agar Janin Tetap Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *