Hindari Makanan Ini bagi Penderita Kolestrol dan Asam Urat

  • 2 min read
  • Okt 26, 2021
Hindari Makanan bagi Penderita Kolestrol dan Asam Urat, Badan Tetap Sehat

Menderita penyakit kolesterol dan asam urat merupakan salah satu gangguan pada kesehatan yang paling umum. Apabila kondisi kolesterol sangat tinggi, maka akan menimbulkan gejala penyakit asam urat. Maka dari itu, untuk mencegah dan mengatasi penyakit tersebut adalah dengan menghindari makanan bagi penderita kolesterol dan asam urat, badan tetap sehat.

Asam urat adalah jenis penyakit radang sendi yang memiliki ciri atau tanda rasa nyeri, kaku dan bengkak pada bagian kaki terutama bagian jempol kaki. Salah satu faktor penyebab asam urat ini yaitu akibat adanya pembentukan Kristal yang terjadi pada jaringan tubuh, sehingga tubuh menimbulkan proses produksi kolesterol yang banyak.

Adapun penyebab lain yang sering terjadi pada penderita penyakit asam urat, yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu, hormon dan juga faktor dari keturunan. Maka dari itu, dengan kondisi kolesterol yang semakin meningkat, tentu akan menjadi pemicu terjadinya penyakit asam urat.

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat memicu timbulnya penyakit di dalam tubuh, seperti terjadinya penyakit kolesterol dan asam urat.

Makanan bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Ada beberapa jenis makanan yang harus di hindari oleh seseorang yang memiliki penyakit kolesterol dan asam urat. Menjaga pola hidup sehat dan olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang masuk. Oleh karena itu, hindari makanan bagi penderita kolesterol dan asam urat, agar badan tetap sehat dan kuat, di antaranya:

Daging merah

Mengurangi konsumsi daging merah merupakan salah satu cara mengatasi dan mencegah penyakit kolesterol dan asam urat. Hindari makanan bagi penderita kolesterol dan asam urat agar lemak yang ada di dalam makanan tersebut tidak masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, daging merah memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi dan zat purin.

Anda bisa konsumsi daging lainnya, seperti kalkun dan daging ayam yang paling aman. Akan tetapi, caranya pengolahannya pun tidak dengan menggoreng daging tersebut, bisa dengan memanggangnya. Juga harus membuang kulit dari daging tersebut untuk menghindari asam urat.

Jeroan

Selain daging merah, hindari makanan bagi penderita kolesterol dan asam urat, yaitu tidak mengonsumsi makanan jeroan. Pasalnya, jeroan tersebut mengandung zat purin yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh.

Beberapa jenis makanan jeroan, di antaranya hati, otak, babat, ampela, kikil, dan usus. Walaupun hati memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, tetap bagi penderita kolesterol dan asam urat harus menghindari dari mengonsumsinya supaya tidak kambuh.

Makanan Laut

Menghindari makanan bagi penderita kolesterol dan asam urat lainnya adalah makanan laut. Di mana, jenis makanan laut tersebut sebagian mengandung kolesterol yang sangat tinggi, seperti, lobster, ikan tuna, kerang, sarden tongkol dan teri.

Berat bobok lobster sekitar 85 gram, itu terdapat kandungan kolesterol mencapai 125mg. Maka jika kita mengonsumsi lobster tersebut, maka kolesterolnya akan meningkat cepat.
Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal penting bagi kita. Supaya tidak menimbulkan berbagai penyakit yang diderita, seperti kolesterol dan asam urat. Namun, yang terpenting adalah harus rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Jika Anda menderita penyakit kolesterol atau asam urat tak kunjung sembuh. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk menangani lebih lanjut agar penyakit yang dideritanya tidak parah. Selain itu juga, dalam menjaga konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, tentu harus dihindari.

Baca Selanjutnya: Inilah Gejala Asam Urat di Kaki yang Harus Diketahui

 

Post Terkait :

One thought on “Hindari Makanan Ini bagi Penderita Kolestrol dan Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *