Inilah Gejala Asam Urat di Tangan yang Sering Terjadi

  • 2 min read
  • Okt 06, 2021
Inilah Gejala Asam Urat di Tangan yang Sering Terjadi
Spread the love

Solusisehatku – Secara umum, Asam Urat memang sering terjadi pada persendian yang ada di kaki. Namun ternyata Asam Urat juga bisa menyerang pada tangan. Inilah gejala Asam Urat di tangan yang sering terjadi itu pada bagian pergelangan, siku dan jari-jari tangan. Apabila Asam Urat ini tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan tangan memburuk dan sulit dalam melakukan segala aktivitas.

Ketika sedang kambuh, gejala asam urat akan timbul dan bertahan di tangan dan kaki selama kurun beberapa hari, hingga sembuh dengan sendirinya. Dengan demikian, kita harus tetap mengaga kondisi badan khususnya tangan tetap sehat.

Namun jika Anda kesulitan menggerakkan tangan dan mengeluhkan radang sendi karena asam urat seperti nyeri tubuh segera cari bantuan medis.

Asam Urat

Asam urat atau gout adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi penumpukan Kristal asam urat hingga menyebabkan radang sendi. Kondisi seperti ini akan timbul dimana saja seperti jempol kaki, jari kaki, lutut atau pergelangan kaki. Ciri-ciri Asam Urat yaitu merasakan rasa nyeri pada sendi, terdapat adanya benjolan atau pembengkakan, panas di sendi dan kulit kemerahan di area persendian.

Adapun ciri asam urat lain yang sering timbul adalah:

Gejala Asam Urat di Tangan

Gejala Asam Urat di Tangan

Gejala Asam Urat tentu bisa terjadi pada saat kondisi jumlah asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Berikut ini adalah gejala asam urat di tangan yang sering terjadi:

Pergelangan dan Jari-jari Tangan Nyeri dan Membengkak

Gejala Asam Urat di Pergelangan dan Jari-jari Tangan

Gejala asam urat yang terjadi ditangan ini adalah rasa panas, nyeri, kemerahan, membengkak dan perih. Biasanya gejala ini akan kambuh pada waktu malam atau pagi hari setelah bangun tidur.
Pada saat gejala asam urat ditangan kambuh, maka akan menimbulkan sulit melakukan aktivitas seperti memegang, mengangkat, menulis, dan sebagainya.

Kesulitan Dalam Mengepal

Ketika mengalami gejala asam urat di tangan secara terus-menerus, maka akan mengalami kesulitan dalam mengepal tangan, pergelangan tangan menggerakkan jari-jari tangan secara normal. Tentu ini sangat mengganggu pada kondisi tubuh lainnya.

Adanya Benjolan Keras Pada Jari atau Siku Tangan

Gejala asam urat di tangan lainnya yang sering muncul yaitu adanya benjolan keras pada bagian jari atau siku tangan yang berwarna keputihan di kulit. Para dokter menyebut benjolan ini dengan tofus. Di mana tofus akan muncul pada bagian siku dan beberapa jari.

Kebanyakan kasus yang terjadi, benjolan ini ternyata tidak menimbulkan rasa sakit. Namun lama-kelamaan akan menyebabkan membesar alias membengkak, sulit digerakkan dan juga mati rasa.

Penumpukan kristal asam urat yang terlalu tinggi hingga tangan menjadi bengkak inilah penyebab munculnya benjolan.

Cara Mengatasi Gejala Asam Urat di Tangan

Akibat penyakit asam urat kambuh, biasanya bagian tangan akan merasakan gejala nyeri dan bengkak. Maka dari itu, tentu kita harus atasi dengan cepat agar tidak menimbulkan hal tak terduga. Cara terbaik untuk meredakan gejala asam urat di tangan yaitu dengan mengompres dengan air dingin. Kemudian tempelkan selama 15 menit pada bagian yang bengkak atau sakit. Selain itu, sering konsumsi minum air putih, minum obat Pereda nyeri, perbanyak istirahat dan berkonsultasi ke dokter untuk menangani lebih lanjut.

Itulah salah satu ciri-ciri gejala asam urat di tangan yang sering terjadi pada semua orang. Untuk itu, hindari dan selalu menjaga kesehatan agar tidak menimbulkan penyakit lain yang menyerang pada tubuh seperti asam urat.