Tips Memilih Susu pertumbuhan Anak Untuk Mendukung setisp Pertumbuhan si Kecil

Discussion in 'Kesehatan Anak' started by Hana, Jan 11, 2019.

  1. Hana

    Hana New Member

    Dalam memilih susu pendamping ASI sebagai susu pertumbuhan anak di atas 1 tahun memang harus lebih teliti dan cermat. Susu formula juga bisa menjadi salah satu minuman sumber energi bagi si Kecil. Memilih susu pendamping ASI memang susah-susah gampang ya, Mum. Karena jika salah pilih, maka reaksi alergi bisa saja menyerang si Kecil. Untuk itu, Mum harus lebih cermat dan teliti dalam memilih susu untuk anak.

    Saat ini ada banyak sekali pilihan susu pertumbuhan anak dari berbagai sumber dengan bentuk dan juga merek yang berbeda. Jenis susu berdasarkan sumber terbagi menjadi empat jenis, yakni :

    1. Susu Sapi

    Susu sapi dikenal sebagai sumber susu tambahan selain ASI untuk balita. Bahkan sebagian besar susu pertumbuhan anak yang beredar dipasaran, berasal dari susu sapi. Kandungan protein, karbohidrat dan lemak yang terdapat pada susu sapu merupakan komposisi yang tepat untuk menjaga keseimbangan asupan nutrisi dalam tubuh. Protein yang terdapat pada susu pendamping ini juga sudah mengalami perubahan yang membuatnya lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak-anak. Sehingga banyak orang memilih susu pendamping ASI yang dengan sumber susu sapi sebagai pilihan utama.

    2. Susu Kedelai

    Selain bersumber dari susu sapi, susu pendamping ASI juga ada yang terbuat dari susu kedelai, Mum. Saat bayi mengalami gejala intoleransi laktosa, terhadap susu sapi maka pilihan lain yang bisa Mum berikan untuk memenuhi nutrisi bayi dengan memberikan susu tambahan jenis ini.

    3. Susu bebas laktosa

    Susu pendamping ASI selanjutnya adalah susu tanpa laktosa atau gula yang terkandung dalam susu. Biasanya susu jenis ini telah mengalami proses penggantian laktosa dengan jenis gula lain seperti sirup jagung. Susu dengan jenis ini sangat cocok untuk anak yang tidak mampu mencerna laktosa dalam susu.

    4. Susu hidrolisat parsial atau susu hipoalergenik (HA)

    Susu ini mengandung protein uang telah mengalami proses oemecahan lebuh kecil, Mum. Sehingga sangat memudahkan sistem pencernaan balita saat mengonsumsi susu jenis ini. Biasanya, susu jenis ini diberikan pada bayi yang lahir prematur atau mengalami alergi protein susu sapi.

    Dari beragam pilihan jenis susu berdasarkan sumbernya, Mum bisa menentukan untuk memilih susu pendamping yang mana bukan? Jika balita tidak memiliki alergi ataupun masalah dalam sistem pencernaan sebaiknya Mum berikan susu sapi. Namun jika si Kecil terindikasi memiliki intoleransi laktosa, sebaiknya Mum berikan susu bebas laktosa atau bisa juga susu kedelai. Sebelum memilih susu pertumbuhan anak yang tepat, ada baiknya Mum memperhatikan beberapa hal berikut ini :

    • Kandungan Zat Besi

    Pastikan susu yang Mum pilih merupakan susu yang mengandung zat besi. Seperti kita ketahui, jika zat besi sangat dibutuhkan oleh balita. Cadangan zat besi akan berkurang saat si Kecil tidak lagi mendapatkan ASI. Bukan hanya untuk mendukung pertumbuhan balita saja, zat besi jyga mampu menjaga tubuh anak agar terhindar dari anemia. The American Academy of Pediatrics memberikan rekomendasi pemberian susu tambahan yang diperkaya dengan zat besi sampai ia berusia 1 tahun.

    • Kandungan Probiotik dan prebiotik

    Mum pastikan memilih susu pendamping yang mengandung probiotik dan prebiotik, ya. Susu dengan kandungan bakteri baik untuk saluran pencernaan anak. Probiotik dan prebiotik yang terkandung dalam susu dapat memberikan bakteri yang sama dengan bakteri baik yang ada pada ASI.

    • Kandungan DHA dan ARA

    Mum jangan sampai terlewatkan untuk memperhatikan Kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ASI serta makanan tertentu, seperti telur maupun ikan pada susu yang Mum pilih ya. Beberapa penelitian menunjukkan jika adanya asam dokosaheksanoat (DHA) dan asam arakhidonat (ARA) dalam susu membantu dalam proses perkembangan otak serta penglihatan anak.

    Ketiga hal tersebut bisa Mum dapatkan dengan memilih produk susu pertumbuhan anak Friso Gold 3 maupun Friso Gold 4. Kandungan Probiotik, LA, Nukleotida, ALA, Vitamin A, C serta E, Prebiotik, selenium , Zink, dan Zat Besi juga ditemukan dalam susu ini. Susu pertumbuhan Friso juga diproduksi dari bahan-bahan alami, dengan konsep Single Process tanpa pemanasan yang berlebihan, guna menjaga nutrisi alaminya serta mudah diverna oleh tubuh.
     

Share This Page