Sikap dan Perilaku Orangtua Yang Berbahaya Bagi Perkembangan Anak

Discussion in 'Tips Mendidik Anak' started by Rendi, Oct 24, 2017.

  1. Rendi

    Rendi New Member

    Orangtua merupakan panutan bagi setiap anak. Sikap dan perilaku orangtua sangat rentan sekali ditiru oleh anak, terlebih lagi ketika anak dalam usia balita maka sangat rentan sekali sebagai peniru. Perlu Bunda dan semua orangtua sadari bahwa anak balita merupakan peniru ulung yang sangat handal sekali. Setiap sikap dan tindakan bisa saja ditiru oleh anak sehingga hal ini berisiko terhadap perkembangan psikis anak.

    Maka dari itu orangtua harus selalu memperlihatkan sikap dan perbuatan yang baik dihadapan anak dan senantiasa memberikan contoh positif untuk anak. Ada beberapa sikap dan perbuatan yang sebaiknya dihindari oleh para orangtua sehingga si kecil tidak akan meniru perbuatan yang negatif.

    Inilah Beberapa Sikap dan Perbuatan Orangtua Yang Berisiko Terhadap Tumbuh Kembang Anak

    Bersikap baik dan positif di depan anak memang sangat bermanfaat sekali terhadap tumbuh kembangnya. Ada beberapa sikap dan perilaku yang sebaiknya dihindari oleh para orangtua sehingga si kecil terhindar dari meniru perbuatan negatif. Apa sikap yang perlu dihindari saat di depan anak? Perhatikan berikut ini!

    Jangan Bertengkar Di Depan Anak

    Para orangtua sebaiknya jangan mempertontonkan sikap dan perbuatan yang tidak baik di depan anak. Misalnya bertangkar di depan anak. Itu perbuatan yang akan menjadikan si kecil tumbuh menjadi anak yang pemberontak dan kasar. Bahkan perbuatan seperti ini akan mempengaruhi perkembangan psikis anak. Kebiasaan bertangkar depan anak juga bisa menyebabkan anak terjebak dalam sebuah pergaulan yang salah.

    Para Ayah Jangan Merokok Saat Bersama Si Kecil

    Untuk para ayah sebaiknya jangan memberikan contoh yang tidak sehat untuk anak. Sebaiknya lhindari kebiasaan merokok depan anak sebab hal ini akan sangat membahayakan kesehatan dan berisiko anak meniru kebiasaan Anda. Jangan melakukan itu depan anak!

    Hindari Perbuatan Negatif

    Jangan melakukan tindakan tindakan yang tidak terpuji depan anak seperti buang sampah sembarangan, bersikap kasar pada orang lain, atau perbuatan negatif lainnya. Jika hal ini Anda lakukan maka jangan heran jika anak akan meniru semua perbuatan Anda. Sebaiknya hindarli!

    Itulah beberapa perbuatan atau sikap orangtua yang sebaiknya jangan pernah dilakukan di depan anak. Pada saat anak usia balita sebaiknya Anda menjejali si kecil dengan hal-hal yang positif sehingga si kecil tumbuh menjadi anak yang memiliki sikap positif dalam segala hal.
     

Share This Page