Seberapa Penting Untuk Tahu Usia Kehamilan Anda?

Discussion in 'Tips Kehamilan' started by Arsih, Oct 8, 2018.

  1. Arsih

    Arsih New Member

    [​IMG]

    Ketika Anda sedang hamil, secara alamiah Anda akan mencari tahu cara menghitung usia kehamilan. Akan tetapi, pernahkah Anda bertanya alasan apa yang membuat Anda ingin tahu usia kehamilan Anda?

    Mungkin Anda akan menjawab Anda ingin tahu sejak kapan Anda sebenarnya mulai hamil. Hal ini disebabkan terkadang seorang wanita tidak merasa hamil. Ia merasa tidak ada yang enah tapi ternyata sudah ada janin yang usianya sudah mencapai 1 atau bahkan hampir 1 bulan di dalam rahimnya.

    Ada juga yang menjawab mereka ingin tahu usia kehamilan karena mereka ingin tahu pada tanggal dan bulan apa bayi yang ada di kandungan akan lahir. Dan ini biasanya menjadi alasan utama para wanita karir. Dengan mengetahui usia kehamilan, mereka akan tahu kapan harus mengajukan cuti melahirkan kepada perusahaan di mana mereka bekerja.

    Namun, sebenarnya ada satu alasan lagi yang sangat penting. Dan ini seharusnya menjadi alasan utama mengapa penting sekali bagi Anda untuk tahu bagaimana cara menghitung usia bayi dalam kandungan.

    Anda harus tahu cara merawat bayi di dalam kandungan itu berbeda sesuai dengan usianya. Sama seperti bayi atau anak balita. Makanan yang diperlukan beda antara balita usia 1 tahun dengan balita usia 2 tahun ke atas. Jumlah kalori, protein, dan nutrisi lainnya jelas berbeda.

    Begitu juga dengan bayi di dalam kandungan. Anda harus tahu bayi membutuhkan apa saja ketika usianya baru trimester pertama. Apa yang diperlukan di trimester kedua. Dan apa yang diperlukan di trimester ketiga.

    Banyak yang menyepelekan hal ini. Beberapa ibu hamil hanya merasa perlu untuk makan makanan yang bergizi dan dalam jumlah banyak. Bukan hanya itu saja. Anda juga perlu tahu nutrisi apa yang diperlukan bayi di usia kehamilan tertentu dan berapa porsi atau takarannya.

    Hal inilah yang membuat bayi bisa berkembang dengan baik dalam kandungan dan akhirnya lahir dalam kondisi yang sehat. Untuk itu, segara Anda cari tahu bagiamana cara menghitung usia kehamilan kemudian jangan berhenti di sana saja. Anda juga harus cari tahu nutrisi apa yang dibutuhkan di usia bayi dalam kandungan tersebut.

    Semakin Banyak Cara Menghitung Usia Kehamilan

    Mungkin Anda tidak tahu ada rumus yang disebut dengan rumus Naegele. Ini merupakan rumus yang digunakan untuk mengetahui berapa usia kehamilan Anda. Lalu, Anda akan mengetahui kapan bayi yang Anda kandung akan lahir. Tentu saja tidak tepat tapi hanya bersifat perkiraan saja. Makanya, kini disebut dengan HPL atau hari perkiraan lahir, bukan hari lahir karena bagaimana pun juga ada faktor lain yang mempengaruhi kapan bayi lahir.

    Sayangnya, penggunaan rumus Naegele tersebut sudah tidak banyak digunakan lagi. Ribet. Anda harus menghitung sendiri.

    Sekarang ada cara menghitung usia hamil yang jauh lebih mudah, yaitu menggunakan kalkulator online. Sebenarnya, kalkulator ini dibuat berdasarkan rumus Naegele itu tadi. Hanya saja, Anda tidak perlu menghitung sendiri. Kalkulator yang akan bekerja. Anda hanya perlu memasukkan data seperti hari pertama haid terakhir atau yang disingkat dengan HPHT dan siklus haid.

    Mau lebih mudah lagi? Pergi saja ke bidan atau dokter kandungan. Anda akan mendapatkan pemeriksaan USG. Ini yang paling disarankan. Karena alat USG memberikan data yang sangat akurat. Bisa dilihat juga apakah benar ada janin di dalam kandungan. Meskipun janin masih dalam ukuran yang sangat kecil, alat ini bisa mendeteksi. Alat ini sekaligus akan menunjukkan berapa usia kehamilan Anda lengkap dengan HPL atau hari perkiraan lahir bayi.

    Menariknya, sekarang ini sudah ada USG 4D, tidak lagi 3D apalagi 2D. Tentu saja pemeriksaan USG dengan 4D ini memerlukan biaya yang sedikit lebih mahal. Akan tetapi, tingkat keaurasian data yang diberikan sangat tinggi sehingga banyak orang yang memilih cara menghitung usia kandungan dengan USG 4D ini.

    Nah, sekarang tinggal Anda sendiri cara yang bagaimana ingin Anda lakukan?

    Tentu tidak salah jika Anda menggunakan lebih dari satu cara. Ini sebagai cross check. Barangkali hasilnya berbeda. Dan jika hasilnya sama, sangat mungkin hasilnya itu valid.

    Dan yang pasti, bukan berapa usia bayi di dalam kandungan yang Anda harus ketahui saja. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda harus mekukan hal lain, yaitu mencari tahu informasi apa saja yang diperlukan untuk memastikan bayi di dalam kandungan berkembang dengan baik, mulai dari nutrisi yang diperlukan, apa yang ibu hamil harus lakukan, dan lain sebagainya.

    Suami Harus Tahu Berapa Usia Kehamilan Sang Istri

    Para suami biasanya tidak begitu peduli dengan usia kehamilan. Kalaupun tahu, mereka hanya sekedar tahu. Tidak mengerti betul bagaimana cara untuk menhitung usia kehamilan.

    Dan apa yang terjadi? Sang suami tidak bisa memperlakukan istri yang sedang hamil dengan sebaik-baiknya. Yang suami tahu hanya membantu meringankan beban istri. Istri tak lagi perlu beraktivitas seperti memasak, membersihkan rumah, atau mencuci. Pekerjaan tersebut di handle oleh sang istri.

    Padahal, ada hal lain yang suami juga harus ketahui. Seperti contoh bagaimana membantu istri meredam emosi.

    Salah satu masalah ibu hamil adalah mood swings. Ini merupakan perasaan atau emosi yang sering berubah-ubah. Belum lagi dengan keluhan kesehatan lainnya seperti pegal-pegal, kram, sebah di perut, dan lain sebagainya.

    Untuk itu, suami juga perlu tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan. Tujuannya apa? Agar suami tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk membantu istri melewati masa kehamilan dengan lancar.
     

Share This Page