Pilihan MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman MPASI' started by Neng Dina, Oct 19, 2017.

  1. Neng Dina

    Neng Dina New Member

    Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah saatnya untuk diperkenalkan dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Proses menyusui yang sudah berlangsung selama 6 bulan harus ditunjang dengan makanan dengan tektur yang lebih padat. Namun proses menyusui atau pemberian ASI harus tetap dilanjutkan hingga usia 2 tahun.

    Pada pemberian MPASI untuk anak usia 6 bulan sudah pasti ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh para Bunda. Misalnya saja perhatikan tekstur MPASI untuk pertama kali dan juga jadwal pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan. Untuk jenis makanan MPASI pada usia 6 bulan atau tahap perkenalan sebaiknya memberikan jenis makanan dengan tekstur yang lebih halus, lembut atau lebih encer. Ini untuk menyesuaikan proses pencernaan si kecil dalam masa transisi.

    Inilah Beberapa Pilihan MPASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan

    Dalam mempersiapkan MPASI untuk bayi 6 bulan, ada beberapa pilihan menu MPASI yang bisa Bunda berikan untuk si kecil. Berikut Inia da beberapa pilihan menu MPASI untuk si kecil usia 6 bulan!

    Bubur Susu

    Salah satu menu makanan pendamping ASI yang sebaiknya Bunda perkenalkan untuk pertama kalinya yaitu berupa bubur susu. Dengan tekstur yang lebih lembut dan encer, jenis makanan seperti ini sangat cocok untuk proses perkenalan makanan padat pada bayi usia 6 bulan. Untuk membuat bubur susu sebaiknya gunakan tepung beras merah sebab mengandung lebih banyak nutrisi.

    Bubur Ubi

    Ada juga pilihan lainnya untuk MPASI usia 6 bulan yaitu dengan memberikan bubur ubi. Ubi memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga akan lebih mudah ditelan dan dicerna oleh si kecil. Bahkan makanan ini juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan imun si kecil.

    Bubur Kentang

    Selanjutnya bisa mencoba untuk memberikan bubur kentang. Seperti halnya ubi, kentang juga memiliki tekstur yang lebih halus sehingga akan lebih mudah untuk di cerna dan di telan oleh si kecil yang dalam masa perkenalan makanan padat.

    Itulah beberapa jenis makananan pendamping ASI yang bisa Bunda perkenalkan untuk si kecil dalam masa transisi ASI ke makanan padat. Perkenalkan secara bertahap sehingga proses pencernaan si kecil bisa menyesuaikan.
     
  2. Deny April

    Deny April New Member

    makasiih bunda tipsnya :) sangat membantu sekali
     
  3. Arsih

    Arsih New Member

    Wahh, terima kasih infonya, jadi nambah deh koleksi resep saya. Memang saya suka lihat-lihat resep mpasi dan nyobain masak sendiri. Seperti yang orang bilang makanan adalah sumber cinta.
     

Share This Page