Jenis Makanan Yang Dianjurkan Pasca Operasi Caesar

Discussion in 'Persalinan Normal dan Caesar' started by Bunda Clara, Oct 20, 2017.

  1. Bunda Clara

    Bunda Clara New Member

    Melahirkan merupakan salah satu momen yang paling membahagiakan dan menegangkan. Bagi Bunda yang sudah pernah melahirkan mungkin tidak akan merasa tegang saat menghadapi momen melahirkan, akan tetapi bagi Bunda yang baru pertama kali sudah pasti akan merasa tegang saat melahirkan. Namun, harus selalu diusahakan supaya melahirkan menjadi momen yang menyenangkan dan jangan di bikin tegang sebab hal ini akan mempengaruhi proses melahirkan.

    Melahirkan normal merupakan dambaan setiap wanita, hanya saja terkadang rencana Tuhan berbeda dengan apa yang kita inginkan. Ada saja wanita yang harus menjalani operasi caesar untuk proses melahirkan demi keselamatan ibu dan bayi. Nah, pasca operasi caesar tentunya Bunda harus mengetahui beberapa hal yang dianjurkan untuk proses pemulihan. Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk proses pemulihan luka.

    Berikut Ini Jenis Makanan Untuk Membantu Proses Pemulihan Luka Caesar

    Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

    Perbanyak konsumsi jenis makanan dengan kandungan serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, makanan berbahan dasar gandum dan lain sebagainya. Ini untuk memperlancar proses pencernaan sehingga mencegah kontipasi yang bisa menyebabkan luka robek akibat mengejan saat BAB. Makanan kaya serat juga bisa mempercepat pemulihan luka atau untuk regenerasi sel lebih cepat.

    Makanan Kandungan Protein

    Konsumsi juga makanan dengan kandungan protein. Misalnya daging merah tanpa lemak, dan jenis protein lainnya. Ini untuk membantu proses penyembuhan luka dan pembentukan sel-sel baru yang rusak.

    Makanan Kaya Kandungan Vitamin

    Dianjurkan juga untuk konsumsi makanan dengan kandungan tinggi vitamin C. Manfaatnya untuk mempercepat pemulihan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada bekas luka caesar. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan maupun sayuran.

    Makanan Tinggi Zat Besi

    Jenis makanan seperti ini dianjurkan untuk menjaga kadar haemoglobin dalam darah agar suplai oksigen tetap lancar ke seluruh tubuh. Ini penting sekali untuk diperhatikan. Konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, hati ayam, sayuran maupun kuning telur.

    Sumber Kalsium

    Penting juga untuk konsumsi makanan dengan kandungan kalsium untuk menguatkan otot dan melemaskan otot-otot yang tegang saat melahirkan. Bunda bisa minum susu, bayam, kacang almond dan lainnya.

    Dengan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi tentunya sangat membantu sekali untuk mempercepat pemulihan luka caesar dan menghindari terjadinya infeksi yang akan sangat membahayakan kesehatan luka operasi. Semoga bermanfaat!
     

Share This Page