Bolehkan Makan Mie Instant Saat Hamil?

Discussion in 'Kesehatan Wanita' started by Arsih, Dec 10, 2018.

  1. Arsih

    Arsih New Member

    Pertanyaan yang mungkin banyak sekali ibu-ibu hamil pertanyakan adalah ‘Bolehkah makan mie instant saat hamil?’ Ya, mie instant merupakan makanan yang mungkin hampir semua orang menyukainya tidak terkecuali ibu hamil. Rasanya yang lezat, ditambah lagi dengan cara pembuatannya yang praktis tentu menggoda lidah semua orang. Lalu bagaimana jika untuk ibu hamil? Apakah boleh?

    Jawaban mengenai pertanyaan ‘bolehkah makan mie instant saat hamil?’ mungkin menjadi jawaban yang paling ditunggu oleh ibu hamil pecinta mie instant. Umumnya, semua dokter tidak menganjurkan bunda untuk mengkonsumsi mie instant saat hamil. Terutama jika sedang hamil anak pertama, ada rasa khawatir dan cemas tentang kandungan dan efek dari mie instant untuk ibu hamil dan kandungannya.

    Lalu apa kata dokter mengenai hal ini? Banyak dokter yang tidak menyarankan ibu hamil mengkonsumsi mie instant, termasuk Dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG, seorang spesialis kandungan di RSIA Brawijaya Jakarta Selatan. Ia mengatakan, “Saat hamil, apa yang ibu makan akan berpengaruh langsung terhadap perkembangan janin. Karena itu sebaiknya bumil memerhatikan asupan makanan yang ia konsumsi.”

    Selanjutnya, Dr. Benny menjelaskan, bahwa kandungan penyedap dan pengawet dalam mie instan dapat berbahaya bagi kondisi kehamilan ibu, juga bisa menimbulkan dampak negatif pada bayi. Karena itu sebaiknya hindari konsumsi mie instan selama hamil. Jika pun ingin sekali makan mie instant sebaiknya satu bulan satu kali saja, itu pun lebih baik lagi jika tidak sama sekali. Apa yang menyebabkan mie instant dihindari oleh ibu hamil?

    1. Kandungan garam yang tinggi

    Faktor pertama adalah kandungan garam yang cukup tinggi dalam mie instan bisa memicu hipertensi bagi ibu hamil. Tentu komplikasi fakat akibat hipertensi seperti preeklampsia sangat berbahaya bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil dihimbau untuk menghindari faktor pemicu hipertensi yang bisa menyebabkan preeklampsia yang salah satunya adalah makan mie instan.

    2. Kandungan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna

    Dalam mie instant juga memiliki tambahan bahan kimia, seperti bahan pengawet dan pewarna. Apabila dikonsumsi terlalu sering, zat kimia ini bisa mengendap di dalam tubuh ibu hamil dan bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

    3. Memiliki sedikit nutrisi

    Meskipun termasuk makanan yang mengenyangkan, mie instant tidak memiliki banyak nutrisi du dalamnya. Makanan ini ternyata sulit dicerna oleh tubuh sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah pencernaan dan bahkan infeksi pada ibu hamil. Apabila makan mie instan secara berlebihan, secara bertahap juga dapat memicu gestational diabetes.

    4. Mengandung lemak trans tinggi

    Mengkonsumsi mie instant dengan intensitas yang sering dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan vitamin, protein, serat, dan mineral yang sangat rendah.


    Jika memang sangat ingin makan mie instant saat hamil upayakan untuk melakukan hal-hal berikut ini seperti, membuang air rebusan mie dan gunakan air rebusan yang baru atau air panas dari termos, gunakan setengah bungkus bumbunya, tambahkan bahan-bahan lain seperti telur, daging dan sayuran yang lebih bernutrisi dan jangan mengkonsumsi terlalu sering.

    Nah, itulah beberapa faktor yang melatarbelakangi mengapa mie instant harus dihindari oleh ibu hamil. Meskipun bukan makanan yang sangat membahayakan dan menyebabkan akibat yang fatal. Kebiasaan mengkonsumsi mie instant tetaplah harus ditekan sedemikian mungkin sehingga menciptakan kehamilan sehat. Semoga bermanfaat, Bumil!
     

Share This Page