Bahaya Asap Rokok Tertinggal Di Rumah

Discussion in 'Kesehatan Umum' started by Hana, Aug 16, 2019.

  1. Hana

    Hana New Member

    [​IMG]

    Tahukah kamu kalau asap rokok itu bisa membahayakan orang-orang di sekitar kita? Ketika kita menjadi perokok aktif, anak-anak dan anggota keluarga bisa terhirup bau nikotin tertinggal di tubuh kita. Tidak hanya itu, dindingnya bisa menyerap nikotin ketika kita merokok di dalam ruangan. Jadi benar-benar tidak ada tempat yang aman bagi orang-orang di sekitar perokok aktif. Untuk menghilangkan baunya, kita perlu vakum cleaner terbaik yang juga berfungsi sebagai air purifier.

    Apa kandungan asap rokok?


    Ketika rokok mengeluarkan asap, asap ini mengandung banyak kandungan bahan kimia. Dan tidak semuanya aman bagi tubuh orang yang menghisapnya. 50 zat kimia di dalam asap itu bisa menyebabkan kanker.

    Di dalam rokok juga terdapat zat beracun seperti hidrogen sianida. Hidrogen sianida ini biasanya digunakan sebagai senjata kimia dan juga pengendali hama. Bahan lainnya, Benzine ini digunakan dalam bahan pembuatan bensin. Formaldehyde, kandungan lainnya adalah zat pengawet dan karbon monoksida yang dikeluarkan knalpot mobil.

    Melihat kandungan-kandungan asap rokoknya, kita bisa melihat betapa bahayanya asap rokok bagi kesehatan tubuh dan keluarga bila terhirup dalam jangka waktu lama. Jadi berhentilah kebiasaan merokok bagi kita yang masih merokok.

    Penyakit Yang Diderita Perokok Pasif

    Pria dan wanita dewasa
    Orang dewasa yang menjadi perokok pasif memiliki resiko terkena penyakit kanker paru-paru sebesar 25%. Seperti lemak dan kolesterol, racun-racun di asap rokok ini juga bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Akibatnya perokok pasif dewasa memiliki resiko terkena serangan jantung dan stroke.

    Selain itu asap rokok juga dikaitkan dengan perubahan mental dan emosi orang yang menghirupnya. Mereka yang sering terpapar asap rokok menyebabkan depresi. Sekalipun fakta dari bahaya asap rokok ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

    Ibu hamil
    Seorang ibu hamil lebih rentan sakit dibanding orang yang tidak hamil. Mereka harus menjaga konsumsi diri hingga si kecil lahir. Sayangnya ibu hamil yang memiliki anggota keluarga yang merokok lebih berisiko mengalami komplikasi. Janin juga lebih mungkin untuk mengalami keguguran, terlahir dengan berat badan ringan atau meninggal setelah dilahirkan.

    Anak-anak
    Polusi udara itu buruk bagi pernafasan anak-anak. Dan asap rokok adalah bagian dari polusi tersebut. Anak-anak dengan anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok biasanya lebih gampang sakit dan terkena infeksi paru-paru seperti bronchitis dan pneumonia. Mereka cenderung lebih gampang batuk, bersin, infeksi telinga dan memiliki nafas yang pendek.

    Asap rokok yang terus menerus terhirup bisa menyebabkan si kecil memiliki penyakit asma atau memperburuk kondisinya. Bahkan pada bayi, mereka bisa mati mendadak.

    Lamanya asap rokok tertinggal di udara ruangan
    Kamu mungkin terkejut dengan kenyataan ini. Ketika asap rokok dihembuskan, dia bisa tertinggal hingga berbulan-bulan lamanya. Soalnya asapnya ini tidak memuai di ruangan. Dan nikotin bisa melekat di dinding, kain, perabotan, plafon dan lain sebagainya. Kalau asap bisa bertahan selama itu, maka kemungkinan anggota keluarganya menghirupnya pasti sangat tinggi.

    Kadar nikotin yang telah menjadi debu juga bisa bertambah bila ada perokok aktif di rumah. Sekalipun kamu sudah buka jendela, mencuci pakaiannya hingga bersih dan lain sebagainya, debu ini tetap terhirup oleh anggota keluargamu dan merusak DNA-nya.

    Bagaimana menjaga kesehatan anggota keluarga dari asap rokok
    Sudah tahu bahayanya rokok bagi keluarga? Nah, saat kamu cari tahu cara menjaga anggota keluarga dan mempraktekkannya.
    1. Berhentilah merokok dan ajaklah anggota keluarga lainnya
      Kalau mau merokok, mulailah berhentilah kebiasaan yang satu ini. Ajaklah juga anggota keluarga lainnya plus tamu-tamu yang datang untuk berhenti merokok. Jangan pernah merasa sungkan untuk bersikap tegas namun tetap santun bila kamu ingin seluruh anggota keluargamu sehat

    2. Bersihkan rumah dari debu-debu nikotin
      Nikotin yang telah menjadi debu ini tentu perlu dibersihkan dengan vacuum cleaner terbaik seperti HYLA. Biarkan vacuum cleaner ini menyedot semua partikel-partikel yang menyebabkan debu di rumah dari perabotan, kasur, kain dan juga plafon. Kita tidak takut kalau perabotan akan rusak, vakum seperti HYLA memiliki banyak kepala corong yang bisa disesuaikan dengan materi perabotan itu sendiri.

    3. Nyalakan air purifier
      Setelah selesai membersihkan seluruh rumah, nyalakan air purifier di rumah selama berjam-jam. Kalau kamu menggunakan HYLA vacuum cleaner, dia juga bisa berfungsi air purifier ruangan

    4. Hindari asap rokok dan kenakan masker
      Meskipun tidak menyenangkan, hindarilah tempat-tempat yang penuh dengan orang merokok. Bila memungkinkan, mintalah teman yang merokok untuk tidak mengepulkan asap rokok ketika bertemu dengan kamu. Dan saat keluar rumah, biasakan diri untuk mengenakan masker untuk mengurangi efek polusi udara.
    Semoga informasi tentang rumah bebas asap rokok ini bermanfaat ya.
     

Share This Page