Efek Rokok yang Tidak Dapat Dipandang Sebelah Mata

  • 3 min read
  • Jul 05, 2020
Efek Rokok yang Tidak Dapat Dipandang Sebelah Mata

Efek rokok tidak dapat dipandang sebelah mata

Sahabat solusi sehatku, informasi yang beredar seputar ini bukan hanya sebuah mitos belaka, tetapi benar-benar nyata. Anda mungkin sudah tak asing melihat peringatan atau banner dilarang merokok, bahkan larangan tersebut tidak hanya di rumah sakit saja, melainkan juga di berbagai tempat umum. Itu karena efek rokok memang benar-benar fatal. Bahkan, dapat dibilang jika aktivitas merokok ini merupakan salah satu aktivitas yang cukup beresiko terhadap kesehatan. Selain beresiko pada kesehatan, tidak ada efek positif apapun yang akan Anda peroleh, bahkan dompet Anda juga akan semakin kosong, karena sekarang harga rokok tidak terlalu murah. Sama saja dengan Anda membakar uang setiap hari. Mari baca selengkapnya.

  • Konsekuensi merokok

Efek merokok atau konsekuensi merokok yang harus Anda terima, salah satu yang cukup parah dan ditakutkan adalah terkena serangan penyakit jantung. Tidak sedikit orang yang meninggal karena serangan jantung disebabkan karena orang tersebut memiliki kebiasaan buruk merokok.

Walaupun orang sudah banyak mengetahui efek merokok, tetapi tetap banyak yang tidak perduli. Tak sedikit orang yang sudah berkeluarga pun masih tetap merokok, tanpa memikirkan keluarga mereka. Seperti yang diketahui, bahwa asap rokok juga berpengaruh buruk bagi kesehatan, jadi orang di sekitar termasuk keluarga Anda akan terkena efek merokok yang negatif juga.

 

Mitos merokok

  • Tubuh sakit akibat berhenti merokok

Sekarang ini banyak beredar mitos tidak benar terkait berhenti merokok. Entahlah siapa yang mulai menyebarkan mitos tersebut, tidak ada yang tahu. Tetapi beberapa mitos memang sesungguhnya bukan mitos dan adalah kenyataan, termasuk yang satu ini, walaupun ada sedikit hal yang perlu diluruskan. Efek merokok lalu berhenti tiba-tiba, khususnya yang sebelumnya sudah merokok dalam jangka panjang, akan mengalami kecanduan nikotin. Karena itu jika berhenti merokok, maka tubuh akan mengalami batuk, sakit kepala, kecemasan, konstipasi, kelelahan, dan beberapa gejala sejenis. Tetapi efek merokok lalu berhenti tersebut hanya sementara, karena tubuh akan menyesuaikan – Namun harap diluruskan, di sini tubuh bukan mengalami sakit hanya penyesuaian.

  • Terlambat berhenti

Efek merokok yang negatif ada yang menyebutkan jika sudah terlalu lama merokok, maka sudah terlambat untuk berhenti. Ini juga adalah mitos yang salah. Tak ada kata terlambat untuk menghentikan efek merokok, sebab jika Anda tak segera menghentikan kebiasaan merokok tersebut, justru efek negatif yang ada akan terus terakumulasi. Justru semakin lama Anda merokok, semakin berbahaya. Ada penelitian yang pernah dilakukan, dan penelitian tersebut menyebutkan jika sebelum umur 35 tahun seseorang berhenti merokok, maka efek merokok yang negatif akan bisa berkurang sampai dengan 90% – Tetapi tetap saja, walaupun berhenti merokok setelah 35 tahun, itu juga disarankan.

  • Kebiasaan sehat lain mengurangi efek merokok yang negatif

Apakah pernyataan tersebut adalah mitos saja atau memang benar apa adanya? Tentu Anda penasaran bukan. Sesungguhnya, efek merokok itu adalah merusak organ tubuh di bagian dalam. Karena itu Anda tak bisa mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh rokok dan kandungan berbahaya di dalamnya tersebut. Walaupun Anda sudah menjalankan pola hidup sehat, tetapi jika Anda tetap merokok, maka semua itu akan sia-sia. Efek merokok yang negatif berupa penggerogotan organ tubuh dalam Anda tetap akan terjadi seiring waktu dan semakin bertambah parah.

  • Stress efek merokok lama terus berhenti

Ada lagi mitos lain yang beredar dan mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Disebutkan jika seorang perokok aktif jika sudah memiliki kebiasaan merokok untuk jangka waktu yang cukup lama kemudian berhenti, maka orang tersebut akan menjadi stress dan justru tidak baik untuk kesehatan. Ini memang benar, namun hanya untuk awalnya saja. Stress yang diderita tak akan berlangsung dalam jangka waktu lama, jadi Anda tak perlu khawatir, selain itu tak ada dampak negatif apapun. Justru tubuh Anda akan lebih sehat, kerja organ tubuh Anda pun tak akan terganggu lagi. Berhenti merokok maka efek merokok yang negatif pun tidak akan terjadi lagi.

  • Pendengaran hilang

Selain penyakit jantung yang sudah disebutkan sebelumnya, ada indera tubuh yang lain yang akan ikut terganggu, yaitu kemampuan pendengaran Anda. Mengapa bisa begitu? Mungkin Anda bingung apa hubungannya antara merokok dengan kemampuan pendengaran. Tembakau dalam rokok akan mengakibatkan endapan yang timbul di dinding pembuluh darah tubuh, karena itu laju aliran darah pun akan ikut terhambat. Seorang perokok aktif akan beresiko mengalami infeksi pendengaran lebih awal dibandingkan orang yang tak merokok. Ini juga termasuk alasan mengapa Anda sebaiknya berhenti merokok mulai dari sekarang. Tidak ada efek positif apapun dari rokok bagi kesehatan, selain hanya menimbulkan kecanduan dan kesenangan sementara.

  • Karies

Efek merokok yang berikutnya adalah karies. Rokok dapat mempengaruhi keseimbangan kimiawi di dalam mulut seseorang, plak yang berlebihan akhirnya dapat terbentuk, gigi menjadi kuning, selain itu juga terjadi karies. Jika Anda ingin mulut yang sehat, termasuk gigi sehat dan kuat, maka sebaiknya berhenti merokok dari sekarang. Memang mungkin Anda berpikir jika kondisi ini tak membahayakan nyawa, tetapi Anda tak akan nyaman. Selain itu, hal tersebut akan menjadikan anda kurang percaya diri. Efek merokok yang negatif sebisa mungkin sebaiknya Anda hindari, apalagi setelah Anda mengetahuinya, jangan tutup mata dan telinga. Jangan sampai efek merokok menggerogoti kehidupan bahagia Anda, berhentilah merokok mulai dari sekarang.