Ketahui, Ternyata Daun Kelor Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

  • 2 min read
  • Okt 28, 2021
Daun Kelor Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Ketahui, ternyata daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat bagus untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah kanker hingga menjaga tekanan darah. Adapun manfaat daun kelor lainnya, seperti di bawah ini.

Moringa oleifera atau daun kelor adalah jenis tanaman herbal yang dapat berguna untuk pengobatan secara tradisional. Dengan bentuk daun ukuran kecil dan mudah tumbuh, tanaman ini juga memiliki ciri khas tersendiri.

Ketahui, Ternyata Daun Kelor Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain itu, daun kelor mengandung banyak nutrisi. Apabila bila kita mengumpulkan tanaman tersebut sebanyak 2 gram, maka terdapat 14 kalori, 2 gram protein, 2 gram karbohidrat, 0,8 milgram zat besi, 8,8 ml magnesium, 70 ml kalium, 40 ml kalsium, vitamin A dan 8,5 ml folat.

Di samping itu, terdapat kandungan tembaga, selenium, serat, zinc, vitamin B dan fosfor dan yang terakhir anti oksidan.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Ada beberapa macam manfaat daun kelor bagi kesehatan yang bisa Anda ketahui setelah melihat artikel ini di situs solusisehatku.com. Sebagai berikut, ternyata daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Manfaat daun kelor bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan kinerja hormon insulin dan menurunkan kadar gula darah. Di mana, ketika gula darah sedang tinggi, maka daun kelor ini bisa dijadikan sebagai obat penurunnya. Oleh karena itu, daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Mengatasi Peradangan

Mengonsumsi daun kelor dapat mengatasi peradangan akibat dari cedera maupun infeksi yang sedang dialaminya. Kandungan zat yang ada di dalam ekstrak daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu mengurangi atau meredakan peradangan.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan antioksidan dan kalium yang berada di dalam daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti menurunkan dan mengontrol tekanan darah dan dapat mencegah terjadinya hipertensi.

Menjaga Fungsi Otak

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan lainnya, seperti menjaga fungsi otak. Sehingga sangat meningkat pada memori otak tersebut. Selain itu, dari sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan kandungan antioksidan bisa mengurangi penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan yang ada di dalam ekstrak daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti usus besar, payudara dan pankreas. Sedangkan kandungan anti oksidan mampu mencegah kerusakan sel mati yang penyebab adalah radikal bebas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Yang terakhir, daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan lainnya adalah dapat melindungi dan juga mencegah tubuh dari virus atau kuman yang masuk. Seperti staphylococcus aureus akibat dari infeksi kulit, Escherichia coli karena diare dan juga salmonella typhi sebab dari tifus.

Selain itu, daun kelor juga sangat bermanfaat untuk melawan virus, seperti virus herpes simplex, dapat mencegah kambuh akibat gejala asma, mengatasi disfungsi ereksi, mengurangi kolesterol, dan mengatasi gangguan pada lambung.

Akan tetapi, dengan berbagai macam manfaat daun kelor seperti di atas masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui efek samping. Maka dari itu, jika Anda ingin memanfaatkan daun kelor sebagai pengobatan tradisional, Anda bisa konsultasi ke dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Akhir Kata

Daun kelor memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, tentunya harus diteliti dahulu untuk membuktikan kebenarannya. Selain itu, untuk menjaga kesehatan yang lebih maksimal, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengetahuan yang sebenarnya.

Baca Selanjutnya: Hindari Makanan bagi Penderita Kolestrol dan Asam Urat, Badan Tetap Sehat