Dampak Akibat Stres Pada Kesehatan, Inilah Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Okt 24, 2021
Dampak Akibat Stres Pada Kesehatan, Inilah Cara Mengatasinya

Dampak Akibat Stres Pada Kesehatan, Inilah Cara Mengatasinya

Stres memang dapat dialami oleh semua orang. Setiap kali ada permasalahan yang mengganggu pikiran dan hati, maka akan menimbulkan stres yang berat. Namun, kita jangan sampai terjadi stres terus-menerus, bisa menimbulkan penyakit pada tubuh. Oleh karena itu, kita akan membahas dampak akibat stres pada kesehatan, inilah cara mengatasinya agar badan tetap sehat dan kuat.

Terjadinya stres merupakan kondisi hal umum pada semua orang. Akan tetapi, ketika kita mengalami stres dengan kondisi normal, ternyata akan memberikan dampak yang positi loh. Apa itu? Salah satunya adalah Kita dapat menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat dan tepat waktu.

Namun sangat berbeda dengan kondisi badan penuh banyak masalah. Sehingga ketika terjadi gangguan stres, maka sangat berdampak pada kesehatan tubuh, seperti mental dan fisik. Dengan demikian, hindari stres yang berkepanjangan, jangan sampe berlarut-larut agar kesehatan tubuh tetap stabil dan kuat.

Dampak Akibat Stres Pada Kesehatan

Adapun dampak akibat stres pada kesehatan yang sering terjadi adalah timbulnya beberapa penyakit. Dimana, pada saat mengalami stres, maka system kerja detak jantung akan bekerja semakin cepat dan tubuh dapat melepaskan hormone kortisol hingga badan terasa mudah lelah.

Selain itu, stamina tubuh akan semakin menurun dan sulit mencegah pada bakteri dan virus yang menyerang hingga timbul terkena penyakit.

Berikut ini adalah dampak akibat stres pada kesehatan yang berkepanjangan, diantaranya:

  • Kulit cepat mudah keriput atau penuaan
  • Timbl Jerawatan
  • Rambut menjadi rontok secara permanen
  • Gangguan pada pencernaan
  • Serangan jantung
  • Tekanan darah tinggi naik
  • Impotensi
  • Gangguan pada menstruasi
  • Depresi
  • Gangguan kesehatan mental dan fisik
  • Hilang nafsu makan
  • Susah tidur
  • Sakit kepala
  • Dll

Suapaya badan tetap sehat, hindari stres yang berkepanjangan jangan sampai berlarut-larut guna menghindari risiko pada kesehatan tubuh.

Cara Mengatasi Stres Paling Mudah

Cara mengatasi stres paling mudah merupakan salah satu cara untuk menghindari atau mencegah terjadinya dampak akibat stres pada kesehatan. Dengan mencari solusi atau konsultasi ke dokter, adalah bagian jalan terbaik dalam menyelesaikan dan teratasi masalah yang dihadapi.

Ini adalah salah satu cara mengatasi stres paling mudah agar pikiran tetap rilek, diantaranya:

Menghilangkan Rasa Iri

Cara mengatasi stres paling mudah dengan menghilangkan rasa isi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dampak akibat stress pada kesehatan. Dimana, rasa iri ini bisa menimbulkan hati merasa jengkel dan juga dapat menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga.

Belajar Meditasi

Belajar meditasi merupakan cara mengatasi stres paling mudah akibat dampak stres pada kesehatan. Meditasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti olahraga yoga dalam waktu 20 menit selama 5 kali dalam seminggu. Manfaat meditasi ini adalah untuk menenangkan pikiran menjadi rilek dan dapat menurunkan hormon kortisol.

Olahraga Rutin

Cara mengatasi stres paling mudah lainnya adalah sering olahraga rutin. Dengan beraktivitas olahraga, maka pikiran akan semakin rilek dan memperbaiki suasana dalam hati serta tubuh menjadi kuat dan sehat.

Olahraga rutin yang bisa Anda lakukan adalah, seperti bersepeda, lari atau jalan santai. Hal ini sangat berdampak pada kesehatan tubuh.

Konsultasi ke Psikolog

Mengalami stres yang berat dan berlarut-larut belum menemukan jalan pintas dalam menyelesaikan masalah, konsultasi ke psikolog adalah salah satu cara mengastasi stres paling mudah dan terbaik untuk mendapatkan solusi dalam menghadapi masalah yang terjadi.

Kesimpulan

Hindari stres yang berkepanjangan atau berlarut-larut agar tidak menyebabkan stres depresi. Setiap hati sedang bimbang atau ada masalah, cepat atasi dengan mengontrol emosional. Rajin olahraga agar pikiran lebih rilek dan tetap sehat.

Baca Selanjutnya: Yuk, Ketahui Dampak Sering Marahi Anak dengan Berteriak

 

Post Terkait :

2 thoughts on “Dampak Akibat Stres Pada Kesehatan, Inilah Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *