Obat Sakit Maag atau Radang Lambung Alami | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Okt 27, 2015
Obat Sakit Maag Alami
Spread the love

Sahabat solusi sehatku, obat sakit maag atau radang lambung alami. Maag merupakan gangguan kesehatan pada sistem pencernaan. Penyakit ini tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Menyepelekan serta penanganan yang tidak tepat, bisa berakibat kronis penyakit ini. Dampaknya mampu mempengaruhi organ tubuh bagian dalam lainnya. Penyakit maag jika sudah kambuh tentunya sangat mengganggu aktivitas.

Banyak orang yang ketergantungan menggunakan obat kimia untuk mengatasi maag. Padahal sebenarnya obat-obatan tersebut hanya bersifat sebagai pereda saja dan tidak menyembuhkan secara total.

Gejala penyakit maag biasanya yaitu mual-mual, kembung, nyeri pada bagian perut dan bahkan pusing. Penyakit ini bisa muncul kapan saja tanpa bisa diprediksi. Biasanya maag akan kambuh ketika telat makan maupun setelah mengonsumsi makanan pedas dan asam.

Nyeri pada lambung diakibatkan adanya peradangan. Jika peradangan tersebut tak kunjung sembuh maka lama kelamaan bisa terjadi kebocoran pada lambung dan hal ini tentunya sangat berbahaya.

Jenis Obat Tradisional Untuk Radang Lambung

Daun Jambu Biji

Nah, salah satu jenis obat tradisional untuk mengatasi penyakit maag yaitu daun jambu biji. Tanaman ini memiliki khasiat untuk mengatasi peradangan pada lambung. Caranya sangat mudah, sediakan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian rebus menggunakan air bersih hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan biarkan dingin. Minum sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

Temulawak

Mayoritas industri jamu dan minuman berenergi memanfaatkan temu lawak sebagai bahan baku utama. Banyak orang tidak menyangka jika tanaman yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi penyakit maag. Caranya yaitu iris tipis beberapa rimpang temu lawak kemudian rebus dan setelah dingin minum air rebusan tersebut secara rutin 1 hari sekali sebanyak 1 gelas.

Daun Keji Beling

Di masyarakat, kita bisa menemukan tanaman ini sebagai tanaman pagar rumah. Tidak banyak orang yang mengetahui khasiat tanaman ini. Bila daun keji beling berkhasiat sebagai ramuan herbal untuk mengatasi penyakit maag. Sediakan beberapa lembar daun biji beling kemudian rebus dan minum air rebusan tersebut secara rutin.

Daun Salam

Aroma khas daun salam kebanggaan ibu rumah tangga ini. Merupakan bumbu penyesap alami pada setiap masakan. Namun kali ini daun salam bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit maag atau radang lambung. Caranya sama yaitu dengan merebus daun salam kemudian air rebusan tersebut diminum secara rutin.

Biji Pala

Selain sebagai bumbu masak, pala juga memiliki fungsi lain untuk mengatasi penyakit maag. Bagi Anda yang mengalami penyakit maag, cobalah untuk mengonsumsi ramuan biji pala. Haluskan biji pala kemudian seduh dengan air hangat dan minum secara rutin hingga sembuh.

Untuk mendukung pengobatan tersebut, hindari konsumsi makanan yang memiliki rasa pedas dan asam sebab bisa memperparah peradangan pada lambung. Selain itu, perhatikan pola makan dan hindari kebiasaan telat makan.