Daftar Makanan Sehat Untuk Paru-Paru

  • 2 min read
  • Mar 14, 2016
Makanan Sehat Untuk Paru-Paru

Makanan Sehat Untuk Paru-Paru

Kesehatan paru-paru sangat penting untuk dijaga. Hal ini mengingat paru-paru adalah organ tubuh bagian dalam yang sangat vital. Peranan paru-paru sangat penting untuk menunjang sistem pernafasan yang lebih baik. Jika kesehatan paru-paru terganggu maka sistem pernafasan tidak akan berjalan normal sebagaimana seharusnya.

Salah satu penyebab kerusakan pada paru-paru diakibatkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok. Ketika seseorang menghisap rokok maka zat nikotin yang ada di dalam rokok akan menstimulus otak untuk memproduksi dopamin sehingga membuat perokok menjadi rileks.

Namun, sayangnya kebiasaan merokok ini akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan paru-paru. Rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang bisa memicu beragam penyakit berbahaya bagi kesehatan.

Banyak jenis penyakit yang ditimbulkan akibat merokok seperti kanker paru-paru, penyakit TBC, bronkitis, penyakit jantung dan lain sebagainya. Nah, dalam upaya untuk membersihkan paru-paru maka konsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut ini.

Makanan Sehat Yang Berkhasiat Untuk Membersihkan Paru-Paru

Jeruk Bali

Nah, salah satu jenis makanan sehat yang berguna untuk membersihkan paru-paru dari berbagai zat beracun yaitu dengan mengonsumsi jeruk bali. Buah yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mencegah kanker paru-paru. Hal ini karena jeruk bali kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan untuk mencegah sel kanker pada paru-paru.

Menurut hasil riset menunjukkan bahwa jeruk bali kaya akan kandungan vitamin C sehingga berguna dalam menghambat enzim yang bisa mengaktifkan sel kanker pada paru-paru. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi jeruk bali atau jenis buah lain yang kaya akan kandungan antioksidan.

Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang biasa digunakan dalam masakan. Namun di samping itu ternyata jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama dalam mengatasi masalah paru-paru.

Sifat antiseptik dan antibakteri pada jahe bermanfaat untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari saluran bronchial. Bagi perokok sangat disarankan untuk mengonsumsi air jahe sebagai upaya untuk membersihkan saluran tersebut sehingga terhindar dari risiko penyakit.

Bawang Putih

Bawang putih bisa membantu membersihkan paru-paru dari zat berbahaya. Hal ini karena bawang putih mengandung antioksidan dan senyawa allicin yang berguna sebagai zat anti inflamasi di dalam tubuh. Oleh karena itu dalam upaya untuk membersihkan racun dari dalam tubuh sebaiknya konsumsi bawang putih secara rutin. Caranya dengan menambahkan ke dalam masakan yang Anda konsumsi sehari-hari dan rasakan manfaatnya.

Selenium

Selenium merupakan salah satu bagian dari mineral yang berguna dalam menstimulus enzim. Dimana akan bekerja sama dengan vitamin E untuk membantu memperkuat membran pada paru-paru. Jika kadar selenium di dalam tubuh banyak maka akan mencegah timbulnya sel kanker untuk berkembang.

Oleh karena itu konsumsilah makanan sehat yang mengandung mineral penting tersebut seperti jamur tiram, semangka, ubi jalar dan bayam. Bagi Anda perokok sebaiknya penuhi semua nutrisi tersebut guna membersihkan paru-paru dari zat-zat kimia berbahaya.