Kehamilan adalah salah satu hal yang sangat didambakan oleh kebanyakan pasangan suami istri yang sudah menikah. Dengan adanya kehamilan tentunya menjadi pelengkap dalam kehidupan berumah tangga. Kehadiran seorang anak dalam ikatan rumah tangga menambah kehangatan untuk bisa mempererat tali kasih sayang suami istri. Memasuki masa kehamilan awal biasanya banyak wanita yang tidak menyadari dengan ciri ciri hamil.

Kebanyakan di masyarakat menganggap ciri hamil hanya sebatas telat datang bulan saja, padahal sebenarnya ciri ciri hamil itu tidak hanya terpaku pada hal tersebut dan masih banyak lagi ciri kehamilan yang bisa Anda ketahui sehingga nantinya tidak akan kaget saat terjadi perubahan secara tiba-tiba pada tubuh Anda akibat adanya kehamilan.

Memasuki tahap awal kehamilan tentunya ada banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh wanita dan juga pada kondisi psikis. Perubahan dalam kehamilan tentunya terjadi akibat adanya pengaruh hormone kehamilan yang terus berkembang dan meningkat. Semua perubahan pada kondisi fisik dan psikis ibu hamil adalah hal yang normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan jika kondisinya masih dalam tahap yang normal.

ciri ciri hamil

Dalam hal ini ibu hamil harus menyadari setiap perubahan dan menyikapinya dengan baik. Hal ini supaya proses kehamilan berjalan dengan lancar dan normal tanpa adanya gangguan yang berbahaya. Dengan pola perubahan yang terjadi pada tubuh memang seringkali menjadikan ibu hamil merasa tidak nyaman. Bahkan bagi wanita yang baru pertama kali menjalani proses kehamilan tentunya akan merasa ada hal aneh yang terjadi pada tubuh.

Untuk itu penting sekali untuk lebih menyadari seputar ciri dan tanda kehamilan yang akan terjadi pada tubuh. Setiap wanita tentunya penting untuk membekali diri dengan informasi dan pengetahuan seputar kehamilan sebelum menjalani masa masa tersebut. Nah, maka dari itu berikut ini ada beberaoa ciri ciri hamil yang penting untuk diketahui supaya lebih menyenangkan jika saatnya telah tiba!

Berikut Ini Ciri Ciri Dan Tanda Tanda Kehamilan Pada Seorang Wanita

Dalam mengetahui dan membedakan ciri ciri kehamilan yang terjadi pada tubuh memang penting sekali untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil dengan baik dan teliti. Menyikapi setiap perubahan pada tubuh dengan bijak adalah salah satu hal yang sangat penting sekali sebagai upaya mendukung tumbuh kembang janin dengn baik. Berikut ini beberapa ciri ciri hamil yang penting untuk diketahui oleh masing-masing ibu hamil!

Baca Juga:  Makanan Agar bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Ciri Hamil Secara Fisik

Kita bahas terlebih dahulu seputar ciri kehamilan yang mempengaruhi kondisi fisik ibu hamil. Perubahan secara fisik ini biasanya yang lebih mudah untuk dikenali oleh masing-masing ibu hamil atau orang di sekitarnya. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat memasuki tahap awal kehamilan yang menjadikan bentuk tubuh ibu hamil berbeda dari sebelumnya. Berikut ini beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil!

tanda hamil

  1. Perubahan Payudara

Salah satu perubahan yang terjadi pada wanita hamil yaitu adanya perubahan pada bentuk dan ukuran payudara. Bahkan dalam hal ini terjadi perubahan tekstur payudara yang lebih mengencang atau melunak. Memasuki tahap awal kehamilan, payudara wanita akan menggembung dengan ukuran yang semakin membesar dari biasanya.

Kondisi perubahan pada ukuran payudara ini terlihat dari ukuran baju yang sebelumnya longgar kini menjadi lebih sempit. Akan tetapi untuk teksturnya saat di pegang terasa sangat lunak atau empuk. Bahkan terasa sakit saat di sentuh. Dalam artian payudara lebih sensitive.

  1. Area Pada Areola Payudara Berubah Warna

Selanjutnya terjadi perubahan warna pada area areola payudara yang menjadi lebih hitam. Perubahan ini terjadi akibat adanya hormone yang menyiapkan tubuh untuk proses menyusui bayi. Dalam artian payudara sedang mempersiapkan proses air susu.

  1. Keluar Flek

Munculnya flek mirip haid merupakan ciri awal mula kehamilan. Hanya saja seringkali banyak wanita yang tidak menyadari kemunculan flek tersebut sebagai tanda kehamilan. Banyak yang beranggapan hanya haid biasa saja. Munculnya flek tanda kehamilan tentunya berbeda dengan haid pada umumnya. Biasnay flek ini muncul pada usia kehamilan hari ke-5 dan terjadi hingga hari ke-10. Terjadinya flek atau keluar darah ini akibat proses pembuahan di dalam Rahim

  1. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Jika biasnya buang air kecil normal dan tidak terlalu sering, maka memasuki kehamilan dan adanya perubahan pada hormone tubuh maka akan menyebabkan intensitas buang air kecil meningkat. Peningkatan ini juga terjadi akibat Rahim berkembang yang mulai menekan kandung kemih sehingga ruangnya lebih sempit dan dampaknya sering buang air kecil.

  1. Tubuh Mudah Lelah

Adanya perubahan hormone dalam tubuh menyebabkan ibu hamil pertama merasa sangat lelah. Bahkan malas sekali untuk beraktivitas. Kondisi ini sangat lumrah dan pastinya semua ibu hamil akan mengalami gejala dan kondisi seperti ini. Tubuh mudah lelah terjadi akibat adanya perubahan hormone yang mempersiapkan tumbuh kembang janin.

Baca Juga:  Manfaat Jus Buah Plum Bagi Kehamilan

ciri hamil

  1. Muntah

Ibu hamil tahap pertama tentunya akan merasa mual dan muntah. Kondisi ini terjadi akibat perubahan pada Rahim yang menekan lambung dan juga perubahan hormone. Jangan khawatir jika mengalami kondisi ini selagi normal. Perbanyak minum dan makanan bernutrisi tinggi. Gejala morning sickness ini tentu dialami oleh masing-masing ibu hamil.

  1. Penciuman Sensitif

Pada ibu hamil, penciuman akan lebih sensitive dan tidak menyukai bau bau tertentu. Bahkan terkesan akan tidak menyukai bau menyengat. Ada beberapa kondisi ibu hamil yang justru benci dengan bau dirinya dan juga suaminya. Hal ini lumrah akibat adanya perubahan hormone kehamilan.

  1. Kram Perut

Kram pada perut seperti halnya nyeri menstruasi juga akan dialami oleh ibu hamil sebagai salah satu bentuk terjadinya kondisi pembuahan di dalam tubuh. Kram pada perut ini merupakan reaksi bahwa pembuahan dan perkembangan janin berlangsung baik di dalam Rahim.

Ciri Hamil Secara Psikis

Selanjutnya ada ciri ciri hamil secara psikis yang dipengaruhi hormone kehamilan. Semua ibu hamil pasti akan mengalami gejala dan kondisi ini. Beberapa ciri tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut!

tanda tanda kehamilan

  1. Moody

Ciri ciri hamil secara fisik yang pertama yaitu ibu hamil menjadi lebih sensitive atau moody. Perubahan mood dan emosi ini seringkali dirasakan oleh ibu hamil dan terjadi pada kehamilan trimester pertama. Sedih, gembira, marah dan lainnya seringkali akan dilami tanpa sebab.

  1. Gelisah

Perasaan gelisah secara tiba-tiba terjadi pada ibu hamil tahap awal. Biasanya perasaan ini seringkali terjadi pada malam hari atau dalam kondisi sedang sendirian. Jangan khawatir sebab ini adalah kondisi yang normal.

  1. Keingingan Mengkonsumsi Makanan Tertentu (Ngidam)

Ngidam adalah salah satu ciri wanita hamil secara psikis. Keinginan mengkonsumsi makanan tertentu atau menginginkan suatu hal tertentu menjadi salah satu ciri wanita hamil tahap awal. Kondisi ini seringkali terjadi pada beberapa ibu hamil.

Nah, demikian beberapa ciri ciri hamil yang penting untuk diketahui oleh setiap wanita sehingga tidak akan kaget dan kebingungan saat pertama kali menjalani masa kehamilan. Ini tentunya lebih ditekankan untuk wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan dan belum memiliki pengalaman sebelumnya. Semoga bermanfaat!