Tips Cara Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil yang Nyaman

  • 2 min read
  • Nov 20, 2021
Tips Cara Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil yang Nyaman

Solusisehatku.com – Berbicara tips cara posisi tidur bagi ibu hamil yang nyaman memang agak sulit untuk didapatkan. Pasalnya, kondisi perut besar membuat ibu hamil selalu berhati-hati agar tidak terjadi hal yang diinginkan pada janin dalam kandungan. Apalagi kalau usia kehamilan sudah menuju 9 bulan, maka dalam menentukan posisi tidur yang benar tidak mudah.

Tips Cara Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil yang Nyaman

Posisi tidur bagi ibu hamil menjadi suatu problem yang patut diperhatikan. Menyesiasati posisi tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman bagi ibu hamil dan janin. Selain itu, untuk mencegah risiko pada gangguan kesehatan dan menghindari tekanan pada organ yagn semakin meningkat.

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi tidur ibu hamil yang benar adalah bagian dari pencegahan dan kenyamanan pada janin dalam kandungan dan ibunya saat tidur. Ada beberapa tips cara posisi tidur bagi ibu hamil yang nyaman dan bisa dicoba, diantaranya:

Hindari Tidur Terlentang

Menghindari tidur terlentang adalah salah satu cara posisi tidur yang baik bagi ibu hamil untuk menjaga janin didalam kandungan. Apalagi jika usia kehamilan 9 bulan, maka harus dihindari. Pasalnya, kondisi bagian belakang rahim semakin membesar terdapat pembuluh darah vena cafa inferior dan aorta.

Sebagaimana, fungsi pembuluh darah aorta tersebut untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh dari jantung. Begitupun sebaliknya, pembuluh darah vena cafa inferior berfungsi untuk mengembalikan darah ke jantung. Hal ini tentu harus diperhatikan agar menghindari posisi tidur terlentang supaya darah tidak menyebabkan lambat.

Bahkan, ketika tak sengaja berbaring secara terlentang, maka dapat menyebabkan kepala menjadi pusing dan sulit bernafas. Selain itu, tekanan pada organ tubuh semakin meningkat, sehingga saluran cerna akan semakin terganggu.

Adapun risiko lainnya ketika posisi tidur terlentang bagi hamil adalah menyebabkan keterlambangan asupan oksigen dan nutrisi pada janin.

Tidur Miring

Tips cara posisi tidur bagi ibu hamil selanjutnya adalah berbaring tidur miring. Dengan cara seperti ini, maka janin dalam kandungan akan terasa lebih nyaman dan aman. Apalagi kalau tidur berbaring kearah kiri tentu sangat baik daripada sebaliknya.

Selain itu, sangat membantu dalam melancarkan alran darah, organ tubuh tidak tertekan dan sangat mempercepat dalam asupan nutrisi pada janin.

Posisi Tidur Nyaman

Posisi tidur nyaman adalah solusi terbaik bagi ibu hamil. Pasalnya, ketika seorang ibu hamil merasakan tidur yang lebih nyaman, maka hati akan lebih tenang dan tidak menimbulkan risiko pada kesehatan. Ada beberapa cara posisi tidur yang baik bagi ibu hamil lainnya, yaitu:

  • Meletakan bantal pada bagian bawah perut untuk menopang kondisi perut yang membesar
  • Gunakan bantal yang lembut dan tidak keras supaya perut akan semakin nyaman
  • Meletakan bantal pada bagian bawah tubuh yang bertujuan untuk melancarkan saluran pernapasan.
  • Meletakan bantal pada bagian kepala supaya dapat mencegah asam lambung naik.

Usia kehamilan 9 bulan memang sangat sulit untuk mengatur posisi tidur. Namun, dengan cara seperti diatas sangat membantu untuk mengatur posisi tidur yang lebih nyaman. Maka dari itu, harus berhati-hati dalam memiliki posisi tidur saat kehamilan. Apalagi usia kehamilan 9 bulan, tentu lebih membutuhkan waktu istirahat yang cukup demi janin dalam kandungan tetap sehat dan kuat.

Itulah pembahasan tips cara posisi tidur bagi ibu hamil yang nyaman solusisehatku.com sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Penyebab Pilek Saat Hamil dan Ini Cara Mengatasinya

 

Post Terkait :

One thought on “Tips Cara Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil yang Nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *