10 Cara Perawatan Kulit Dengan Mudah Dan Murah

  • 4 min read
  • Apr 14, 2022
10 Cara Perawatan Kulit

Mempunyai kulit yang sehat serta indah tentunya menjadi dambaan bagi banyak orang. Kulit yang terawat akan membuat pemiliknya lebih percaya diri. Selain itu, kulit akan tampak bersih dan cerah. Untuk itulah, perawatan perlu dilakukan dengan benar, baik itu kulit tubuh maupun wajah.

10 Cara Perawatan Kulit

Banyak sekali produk kecantikan untuk melakukan perawatan kulit ini. Namun, secara umum, cara perawatan kulit adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Pola Makan

Diketahui, cara perawatan kulit dapat dilakukan dari bagian dalam yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Kulit sendiri membutuhkan asupan nutrisi yang baik seperti berbagai vitamin, mineral, lemak dan sebagainya dalam kadar yang cukup. Kemudian yang bersih dan masih asli tentunya lebih bagus dibandingkan dengan makanan olahan dalam kemasan.

Mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik bagi kulit karena mengandung vitamin serta antioksidan yang tinggi. Sementara, terlalu banyak memakan makanan olahan seperti gorengan atau makanan manis kurang baik bagi kulit. Hal tersebut dikarenakan, makanan olahan telah melalui proses panjang sehingga kandungan gizi di dalamnya menjadi lebih sedikit dan mengandung banyak gula.

Pada orang-orang tertentu, mengkonsumsi makanan manis ataupun makanan berlemak terlalu banyak akan membuat kulit menjadi kusam. Selain itu, kulit pun menjadi lebih gampang berjerawat. Dengan demikian, pola makan yang sehat sangat berpengaruh pada kulit selain perawatan dari luar.

2. Tetap Aktif Bergerak

Selanjutnya, untuk mendapatkan kulit serta tubuh yang sehat maka melakukan olahraga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Olahraga ini tidak terpaku pada jenis yang populer seperti pergi ke Gym, pilates dan sebagainya. Namun, olahraga juga dapat dilakukan di rumah atau di sekitar lingkungan. Misalnya saja melakukan hiit kardio di rumah, bersepeda keliling komplek ataupun lari keliling lapangan.

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang berisi kotoran dan juga sisa cairan ke luar kulit tubuh melalui pori-pori. Dengan demikian, kulit pun tampak lebih bersih dan berseri. Tak hanya itu saja, berolahraga juga akan membuat oksigen yang ada di dalam darah menjadi meningkat. Dengan berolahraga, selain mendapatkan kulit yang sehat, berat badan pun lebih terjaga.

3. Menghindari Polusi Udara

Kemudian, cara perawatan kulit lainnya yaitu menghindari paparan polusi udara terus menerus. Diketahui, polusi ini terdiri dari asap kendaraan, rokok dan sebagainya. Polusi tersebut akan membuat kulit menjadi lebih kotor dan juga menimbulkan radikal bebas. Lalu, asap rokok dan kendaraan juga akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua dengan cepat.

Untuk itulah, saat berada di luar ruangan yang penuh polusi sebaiknya untuk menggunakan masker untuk menutupi wajah. Selain itu, hindari pula untuk merokok secara terus menerus karena tidak baik bagi kesehatan.

4. Minum Air Putih

Minum air mineral terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Air mineral mampu membuat kulit menjadi lebih segar dan cerah serta mencegah kulit mengalami dehidrasi. Diketahui, dehidrasi ini akan menyebabkan kulit berkeriput dan kasar. Lalu, kulit yang dehidrasi juga akan terlihat pecah-pecah dan mengelupas.

Dengan minum air putih delapan gelas per hari, maka akan mencegah hal tersebut. Selain itu, air putih juga akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Kurangi pula minum minuman berkadar gula tinggi misalnya minuman yang sedang tren, soda dan juga alkohol. Minum alkohol berlebihan akan membuat kulit mengalami dehidrasi serta menghambat kolagen. Dengan begitu, kulit pun tampak mengerut serta terlihat kendur dari usia sebenarnya.

5. Mandi Teratur

Mandi adalah suatu aktivitas yang dilakukan guna membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel setelah beraktivitas. Aktivitas mandi ini dapat dilakukan dua kali dalam sehari apabila tubuh terasa kotor dan banyak berkeringat. Gunakanlah sabun yang cocok dan tidak mengiritasi kulit serta bisa menjaga kelembaban kulit.

Saat mandi, sebaiknya menggunakan air dengan suhu sedang. Terlalu sering mandi menggunakan air panas akan membuat kulit terasa kering. Sedangkan, mandi dengan air dingin akan membuat kulit berkeriput ataupun terkena hipotermia. Mandi terlalu sering pun tidak dianjurkan karena akan mengurangi minyak alami pada kulit tubuh.

6. Membersihkan Wajah

Selain membersihkan kulit tubuh, kulit wajah pun juga harus dibersihkan. Jika dalam kesehariannya menggunakan make up berat maka cara pembersihannya pun harus melalui double cleansing. Diketahui, double cleansing ini akan membantu untuk mengangkat make up serta kotoran yang ada pada wajah.

Kotoran yang tidak diangkat akan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga timbul komedo, jerawat atau masalah kulit lainnya. Cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan micellar water atau pengangkat make up lainnya pada step pertama. Kemudian, pada step kedua yaitu menggunakan face wash sesuai dengan kondisi kulit masing-masing.

7. Menggunakan Pelembab

Setelah mandi dan mencuci muka, cara perawatan kulit selanjutnya yaitu mengaplikasikan pelembab pada kulit. Manfaat dari penggunaan pelembab ini adalah untuk membuat kulit terhidrasi sehingga tetap lembut dan tidak kering.

Pelembab untuk wajah tentunya berbeda dengan tubuh. Untuk wajah, gunakanlah pelembab yang cocok dan minim bahan tambahan penyebab iritasi karena kulit bagian tersebut lebih sensitif. Sedangkan untuk kulit tubuh maka bisa menggunakan hand body, body serum dan juga body butter tergantung dari jenis kulitnya.

8. Menggunakan Tabir Surya

Pada saat beraktivitas di siang hari, menggunakan tabir surya sangat baik untuk dilakukan. Diketahui, pada saat tersebut, intensitas dari sinar matahari sangat tinggi. Paparan dari sinar matahari yang berlebih di saat siang hari akan membuat kulit keriput dan menimbulkan flek hitam. Selain itu, sinar matahari berlebihan bisa saja menimbulkan kanker pada kulit.

Untuk itulah, penggunaan tabir surya sangat dianjurkan. Adapun tabir surya tersebut harus memiliki kandungan SPF yang cukup yaitu sekitar lima belas sampai dengan tiga puluh tergantung dari aktivitasnya. Lalu, tabir surya tersebut juga harus dilengkapi dengan PA+ sebagai tambahannya. Biasanya, tabir surya ini akan hilang karena terkena air ataupun keringat. Dengan begitu, tabir surya perlu dipakai kembali setelah dua jam beraktivitas.

9. Mengurangi Stres

Diketahui, stres dapat timbul akibat terlalu banyak memikirkan sesuatu. Stres ini dapat muncul pada siapa saja. Selain berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, stres juga bisa menimbulkan masalah pada kulit. Stres bisa menimbulkan jerawat, gatal-gatal ataupun masalah yang lainnya bila terjadi berlarut-larut.

Karena itu, menghindari stres dengan cara berpikir positif sangat dianjurkan. Caranya yaitu dengan melakukan meditasi secara teratur sehingga pikiran tidak memikirkan sisi negatif terus menerus.

10. Tidur Cukup

Tidur yang cukup yaitu sekitar tujuh sampai delapan jam akan membuat kesegaran kulit terjaga. Pada saat tidur, sel kulit akan beregenerasi sehingga kulit menjadi lebih cerah saat bangun di pagi hari. Kekurangan waktu tidur akan membuat kulit terlihat lebih kusam. Selain itu, akan muncul pula lingkaran hitam di bawah mata apabila dilakukan terus menerus.

Demikianlah cara perawatan kulit yang bisa dilakukan baik itu kulit wajah maupun tubuh. Kesehatan kulit perlu dijaga karena bisa menjadi investasi jangka panjang. Kulit yang sehat akan tampak lebih segar dan terlihat muda. Selain itu, merawat kulit juga akan membuatnya terhindar dari masalah kesehatan serius lainnya seperti penyakit kulit ataupun kanker kulit.