Cara Merawat Rambut dengan Minyak Zaitun dan Produk Rekomendasinya

  • 4 min read
  • Feb 04, 2022
cara merawat rambut dengan minyak zaitun

Minyak zaitun secara turun-temurun dipercaya sebagai bahan populer yang memiliki khasiat untuk menumbuhkan, melebatkan, dan merawat rambut. Kandungannya yang terbuat secara alami dapat digunakan setiap hari, tanpa perlu takut rambut rusak. Akan tetapi, perlu ketahui terlebih dahulu cara merawat rambut dengan minyak zaitun dengan teknik yang benar agar tidak rontok.

Memang tidak sulit untuk mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut sebagai bagian dari perawatan harian, namun perlu perhatian khusus untuk menggunakannya. Akan tetapi, sebelum itu perlu diketahui beberapa hal seperti manfaat atau produk zaitun untuk merawat rambut karena ada juga untuk memijat. Simak beberapa cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun dan informasi lainnya.

Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Rambut

Sebelum mengetahui cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun, ketahui dahulu apa saja manfaat yang akan diperoleh ketika menggunakannya. Ada berbagai tipe rambut pada seseorang, contohnya seperti kering, kusam, berketombe, berminyak, rontok, dan lainnya. Terlebih lagi jika rambut tidak dirawat dan hanya diberi shampoo saja, untuk itu lihat apa saja manfaat minyak zaitun yaitu:

1. Menjaga Nutrisi yang Ada Pada Rambut

Cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun memang tidak boleh dilewatkan, bagi yang belum melakukannya mungkin dapat mencobanya dari sekarang. Minyak zaitun akan membantu untuk melindungi nutrisi yang ada pada rambut, sehingga kulit kepala akan terlindungi. Selain itu, minyak zaitun akan menahan rambut menyerap air sehingga volumenya tetap terjaga.

2. Melindungi Minyak Alami dan Kilau Rambut

Kemudian ketika melakukan cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun dengan benar, maka rambut akan tetap berkilau dan sehat karena minyaknya tidak hilang begitu saja. Kandungan minyak alami rambut jika tidak dilindungi oleh minyak zaitun, maka akan hilang ketika terkena air. Ketika ada minyak zaitun, air membilasnya sehingga minyak alami pada rambut terjaga.

3. Mengurangi Rambut Rontok dan Ketombe

Permasalahan paling umum yang terjadi yaitu rambut rontok dan ketombe ternyata dapat diatasi dengan minyak zaitun. Rambut yang kering dan mudah patah akan menyebabkan rambut rontok, minyak zaitun akan membantu mengembalikan nutrisinya kembali sehat. Kemudian ketombe yang berasal dari kotoran pada kulit kepala juga akan berkurang sebab minyak zaitun akan menghapusnya.

Cara Menggunakan Olive Oil Untuk Merawat Rambut

Terakhir adalah penjelasan mengenai cara merawat rambut dengan minyak zaitun termasuk pada beberapa teknik yang dapat dilakukan setiap hari. Ketika dirasa minyak zaitun tidak terlalu dibutuhkan bagi rambut, diharapkan tetap menggunakannya dengan mengurangi pemakaian. Hal ini dilakukan untuk merawat dan melindungi rambut agar tetap sehat dengan berbagai cara antara lain:

1. Menggunakan Minyak Zaitun sebagai Masker

Cara merawat rambut dengan minyak zaitun yang paling umum adalah menjadikan minyak zaitun sebagai masker selama beberapa waktu sekali. Normalnya penggunaan dilakukan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan rambut. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan langkahnya yaitu:

  • Siapkan wadah khusus untuk tempat masker.
  • Tuangkan masker minyak zaitun 1 sampai 2 sendok makan dan campurkan dengan bahan lain. Misalnya bagi kulit berminyak dapat menambahkan alpukat.
  • Aduk dan ratakan bahan tersebut.
  • Letakkan di rambut secara merata dan tutup dengan menggunakan shower cap atau handuk bersih jika tidak ada.
  • Berikutnya tunggu meresap selama 30 menit.
  • Step terakhir adalah membilasnya dengan air bersih.

2. Menghangatkan Minyak Zaitun

Disebut juga dengan treatment hot oil atau meletakkan minyak hangat pada rambut untuk dapat mempercepat proses peresapannya. Cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun ini cukup efektif untuk orang yang memiliki rambut kering. Bagi yang tertarik untuk melakukan treatment ini, coba lakukan beberapa langkah berikut:

  • Tempatkan minyak zaitun pada wadah tahan panas sekitar 2 sampai 3 sendok makan.
  • Lalu letakkan pada microwave atau di atas air panas.
  • Tunggu hingga minyak zaitun cukup panas.
  • Letakkan pada rambut dan kulit kepala dengan cara memijat searah.
  • Kemudian tunggu selama beberapa menit hingga mengering.
  • Bilas jika sudah dirasa cukup dengan menggunakan conditioner.

3. Menggunakan Minyak Zaitun sebagai Conditioner Booster

Cara merawat rambut dengan minyak zaitun selanjutnya adalah menggunakannya sebagai conditioner. Bagi yang belum pernah melakukannya mungkin akan terasa sedikit aneh karena akan meninggalkan berminyak pada rambut. Akan tetapi, penggunaannya digunakan ketika proses mewarnai rambut untuk menjaganya. Penasaran? Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Sebelum proses pewarnaan atau bleaching, campurkan minyak zaitun dengan minyak kastor.
  • Kemudian aduk secara merata dan aplikasikan pada rambut hingga ke akarnya.
  • Tunggu hingga meresap dan bilas dengan menggunakan air bersih serta conditioner.
  • Langkah selesai dan rambut dapat langsung diwarnai.
  • Perawatan pada rambut sebelum mewarnainya dibutuhkan agar rambut mempersiapkan diri dan tidak mudah rusak.

4. Memakai Minyak Zaitun Sebelum Mencuci Rambut

Terakhir adalah cara dengan minyak zaitun yang paling umum dilakukan yaitu ketika sebelum mencuci rambut. Normalnya rambut akan lepek atau terlalu berminyak sebelum dicuci, minyak zaitun akan membantu untuk mengangkat minyak tersebut. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa langkah di bawah ini:

  • Letakkan handuk di bagian pundak dan balurkan minyak zaitun ke kepala.
  • Ratakan dengan menggunakan tangan hingga ke akar rambut.
  • Setelah selesai, tunggu sekitar 15 menit.
  • Kemudian lakukan pencucian rambut seperti biasa dengan menggunakan shampoo dan conditioner.

Rekomendasi Produk Minyak Zaitun Untuk Rambut

Beralih ke pembahasan selanjutnya yaitu rekomendasi produk minyak zaitun yang diformulasikan khusus untuk rambut. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa ada beberapa produk memiliki campuran dengan tujuan tertentu seperti memijat. Oleh karena itu, cara teraman memilih minyak zaitun adalah memiliki kandungan 100% olive oil. Alternatif lain juga dapat dipilih dengan melihat rekomendasi berikut:

1. Tursina Minyak Zaitun

Rekomendasi pertama adalah salah satu produk minyak zaitun yang memiliki kandungan 100% olive oil yaitu Tursina Minyak Zaitun. Dikemas menggunakan botol plastik, jadi tidak perlu khawatir untuk membelinya melalui online shop sebab tidak mudah pecah. Selain itu, memiliki ukuran 60 ml yang dibanderol sekitar 25 hingga 30 ribu rupiah.

2. Pure Olive Oil by Wardah

Brand terkemuka yang ada di Indonesia dan cukup banyak peminatnya sebab mengedepankan produk halal yaitu Wardah yang juga menerbitkan minyak zaitun. Sebenarnya produk minyak zaitun dari Wardah ini ditujukan bagi wajah, namun juga dapat digunakan untuk rambut. Memiliki packaging yang cukup unik berukuran 50 ml yang dipasaran dijual seharga 35 ribu rupiah.

3. Rafael RS Extra Virgin Olive Oil

Rekomendasi terakhir, namun masih ada banyak produk lainnya yang mengandung 100% olive oil dan Rafael RS Extra Virgin Olive Oil menjadi salah satunya. Terdiri dari berbagai ukuran mulai dari 30 ml hingga 100 ml yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dikemas dalam botol kaca yang bening, sehingga dapat melihat tingkat kekentalan minyak zaitun di dalamnya.

Itulah beberapa informasi tentang cara merawat rambut dengan minyak zaitun serta beberapa tambahan penjelasan lain seperti manfaat dan rekomendasi produknya. Selain minyak zaitun, sebenarnya ada berbagai jenis minyak alami lainnya namun minyak zaitun memang sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Demikian penjelasan kali ini mengenai minyak zaitun dan semoga dapat bermanfaat.