Cara Mengobati Diare Pada Bayi, Ini Penyebabnya !!!

  • 2 min read
  • Nov 07, 2021
Cara Mengobati Diare Pada Bayi, Ini Penyebabnya !!!

Cara mengobati diare pada bayi, ini penyebabnya !!! – Secara umum, bayi memang selalu mengalami diare secara mendadak. Biasanya, ketika bayi mengalami diare disebabkan setelah mengkonsumsi makanan atau pola hidup sehat yang kurang diperhatikan.

Cara Mengobati Diare Pada Bayi, Ini Penyebabnya !!!

Diare adalah salah satu penyakit yang bisa terjadi oleh siapapun termasuk bayi. Banyak sekali gejala diare pada bayi yang sering muncul pada saat kambuh. Maka para orangtua tentu harus bergerak cepat untuk menyembuhkan diare tersebut agar bayi tetap sehat.

Cara Mengobati Diare pada Bayi

Cara mengobati diare pada bayi yang diakibatkan oleh infeksi virus bisa disembuhkan dengan sendirinya secara alami dalam waktu beberapa hari. Akan tetapi, diare pada bayi tentu sangat dibutuhkan nutrisi dan asuran cairan yang cukup guna mengurangi diare berlebihan. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengobati diare pada bayi yang bisa dilakukan oleh para orangtua dirumah, diantaranya:

Memberikan Suplemen Zinc

Cara mengobati diare pada bayi yaitu memberikan suplemen zinc. Dari berbagai sumber menyatakan bahwa apabila bayi sedang mengalami diare akut maka obat suplemen zinc ini adalah solusinya dengan cara memberikan selama 14 hari. Hal yang harus diperhatikan adalah memberikan dosis suplemen zinc yang cukup. Untuk balita dapat diberikan dosis suplemen zinc 20mg/hari. Sedangkan bayi usia dibawah 6 bulan sekitar 10mg/hari.

Untuk menentukan atau mengatahui ukuran dosis, maka para orangtua bisa berkonsultsi ke dokter anak supaya tepat dalam beberikan suplemen tersebut pada bayi.

Memberikan ASI dan Cairan Rehidrasi Oral

Memberikan ASI dan cairan rehidrasi oral merupakan salah satu cara mengobati diare pada bayi paling cepat dan mudah. Ketika bayi umur masih dibawah 6 bulan dan sedang mengalami diare, maka bunda dapat memberikan ASI pada bayi. Pasalnya, ASI memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan nutrisi dan cairan pada bayi. Selain itu, dapat mencegah virus dan bakteri yang masuk pada tubuh.

Adapun tambahan untuk mengobati diare ini yaitu memberikan cairan rehidrasi oral, seperti air tajin atau oralit pada saat BAB.

Memberikan Probiotik

Cara mengobati diare pada bayi yang bisa dilakukan oleh bunda dirumah adalah dengan memberikan probiotik. Dimana, pada saat bunsa memberikan makanan atau suplemen yang mengandung probiotik maka dapat mempercepat penyembuhan diare pada bayi.

Mencegah Diare pada Bayi

Selain cara mengobati diare pada bayi, para bunda tentunya harus mencegah diare pada bayi juga agar tidak terjadi lagi. Berikut ini adalah cara mencegah diare pada bayi, diantaranya:

  • Memberikan ASI eksklusif dengan rutin
  • Mencuci tangan pada saat memberikan makanan, ASI dan ingin mengganti popok
  • Memberikan semua peralatan bayi
  • Mencuci tangan atau membersihkan kaki pada bayi setelah buang air kecil maupun besar
  • Menja pola hidup sehat
  • Membersihkan didalam rumah

Penyebab Diare pada Bayi

Dengan mengetahui cara mengatasi diara pada bayi, maka tentu bunda harus tahu juga masalah penyebab diare pada bayi, supaya akan menjadi sebuah pengalaman dan dapat mencegahnya.

  • Sering konsumsi jus buah
  • Intoleransi susu sapi
  • Efek alergi dari obat-obatan atau makanan tertentu
  • Infeksi virus
  • Keracunan makanan
  • Dll

Apabila bayi mengalami diare setelah makan MPASI, maka bunda harus bergerak cepat mengindari makanan yang berminyak, susu sapi, mengandung manis dan berserat tinggi. Sebab, makanan tersebut sangat rentan terjadi gelala diare pada bayi.

Itulah salah satu cara mengobati diare pada bayi, ini penyabab yang dapat solusisehatku.com sampaikan dalam pembahasan ini, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Ternyata ini Makanan untuk Bayi Paling Super Gemuk dan Sehat