Cara Mengobati Batuk Dengan Jahe

  • 2 min read
  • Sep 30, 2021
Cara Mengobati Batuk Dengan Jahe
Spread the love

SolusiSehatku.comCara Mengobati Batuk Dengan JaheJahe adalah salah satu jenis tumbuh-tumbuhan yang memiliki kandungan senyawa dengan rasa pedas. Selain memanfaatkan jahe untuk obat batuk serta obat tradisional lainnya. Pada bumbu sayur dan masakan juga memanfaatkan jahe sebagai bahan baku.

Banyak sekali bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat batuk, namun jahe merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan. Kenapa jahe bisa dijadikan obat batuk? Selain mudah ditemukan, harga murah, jahe juga sangat efektif untuk meredakan batuk.

Obat Batuk Dengan Jahe

Obat batuk dengan jahe adalah solusi yang sangat efektif untuk mengatasi atau meredakan batuk dan nyeri tenggorokan. Walaupun banyak sekali obat batuk yang telah tersedia di apotek maupun bahan secara alami, jahe juga mampu meningkatkan kelancaran dalam saluran pernapasan.

Cara Mengobati Batuk Dengan Jahe

Berikut ini adalah cara mengobati batuk dengan jahe yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Siapkan 1 buah jahe
  2. Kupas kulit jahe selanjutnya bersihkan dengan air bersih
  3. Iris-iris secara halus
  4. Rebus air dengan ukuran 3 gelas hingga mendidih
  5. Masukan irisan jahe ke dalam rebusan air
  6. Tunggu hingga 10 menit
  7. Tuangkan ke dalam gelas hingga dingin
  8. Lalu minum.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu, atau irisan lemon untuk menambahkan rasa segar dan harum.

Manfaat Jahe Untuk Obat Batuk

Manfaat jahe untuk obat batuk yaitu menyegarkan saluran pernapasan, mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan meredakan batuk. Mengapa demikian? Sebab, jahe memiliki kandungan zat gingerol, anti inflamsi dan antitusif, hal ini yang menyebabkan gejala yang ada di tenggorokan dapat berkurang. Cara mengonsumsinya bisa dilakukan secara mentah maupun direbus.

Adapun manfaat jahe untuk kesehatan tubuh lainnya, seperti:

1. Mengurangi sakit perut

Kandungan senyawa yang ada di dalam jahe memiliki manfaat untuk membantu mengurangi sakit perut. Jadi, ketika Anda mengalami keluhan sakit perut, Anda bisa merebus air jahe hangat untuk mengatasi gejala tersebut.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki penyakit diabetes menurunkan kadar gula darah sekitar 12 persen ketika sering mengonsumsi 2 gram bubuk jahe dalam setiap hari.

3. Mengatasi Osteoarthritis

Nyeri sendi yang diakibatkan oleh penuaan sendi atau cedera merupakan sebuah gejala Osteoarthritis yang dapat mengganggu pada kesehatan tubuh lainnya. Maka dari itu, untuk mengatasi Osteoarthritis bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe baik secara direbus maupun tidak.

4. Mencegah Infeksi Bakteri dan Virus

Kandungan gingerol yang ada di dalam jahe memiliki khasiat untuk mencegah infeksi bakteri dan virus. Selain itu, bisa mencegah kerusakan pada DNA dan mampu meningkatkan sistem imun.

5. Meredakan Nyeri Haid

Mengonsumsi air jahe dapat membantu meredakan nyeri haid pada wanita. Untuk mencegah timbulnya rasa nyeri tersebut, di awal menstruasi konsumsilah air jahe sekitar empat gelas selama dua hari.

Demikian sahabat solusi sehatku, cara mengobati batuk dengan jahe memang sangat efektif. Namun, menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya merupakan tindakan yang tepat, jika gejala batuk berkepanjangan.

Baca Selanjutnya : Obat Herbal Untuk Obat Batuk Anak