5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

  • 2 min read
  • Okt 30, 2021
5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Memiliki perut buncit tentu sangat mengganggu dalam melakukan berbagai aktivitas. Selain kurang percaya diri, perut buncit sangat sulit bagi seseorang pada saat mencari pakaian yang sesuai kebutuhan. Maka dari itu, ada 5 cara mengecilkan perut buncit secara alami yang bisa mengatasi kurang percaya diri dan memilih pakaian.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Ada dua jenis lemak di dalam tubuh manusia yang wajib kita tahu, di antaranya lemak viseral posisinya berada di dalam rongga perut dan lemak subkutan tepat bagian bawah kulit. Maka perut buncit masuk kategori lemak viseral, di mana penumpukan lemaknya itu ada di sekitar rongga perut.

Apabila penumpukan lemak viseral secara terus menerus tanpa melakukan pengobatan, maka sangat bahaya dan mengganggu pada kesehatan. Selain itu, bisa menyebabkan datangnya penyakit, seperti diabetes, jantung, Alzheimer, kanker dan sindrom metabolik.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Alami

Cara mengecilkan perut buncit alami merupakan salah satu langkah untuk mengobati, mengatasi lemak di dalam perut tidak tumpuk. Sehingga tidak akan menimbulkan perut menjadi buncit kembali. Berikut ini adalah langkah cara mengecilkan perut buncit, di antaranya:

Konsumsi Asupan Serat

Mengonsumsi asupan serat merupakan salah satu cara mengecilkan perut alami yang paling banyak direkomendasi. Pasalnya, kandungan serat di dalam makanan mampu memperlambat dalam penyerapan makanan. Sehingga perut akan terasa lebih kenyang tahan lama.

Dari sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan karbohidrat dan serat serta mengurangi konsumsi makanan lemak, maka dapat mengurangi berat badan. Agar mendapatkan asupan serat yang tinggi, maka jenis makanan ini sangat cocok sebagai bahan konsumsi, di antaranya: alpukat, kacang-kacangan, ubi jalar, flaxseed, apel, pir, jambu dan wortel.

Mengurangi Makanan Mengandung Gula dan Lemak

Cara mengecilkan perut buncit alami lainnya yaitu mengurangi makanan mengandung gula dan lemak yang berlebihan. Biasanya lemak jenuh itu terdapat pada susu, mentega dan daging sapi. Maka dari itu, untuk mencegah perut buncit, sebaiknya hindari konsumsi makanan lemak tak jenuh tersebut. Lebih baik bila menggantinya dengan kacang-kacangan. Selain itu, harus mengurangi makanan yang mengandung kalori juga. Sebab, apabila sering mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi, dapat menyebabkan perut buncit juga.

Olahraga Kardio

Melakukan aktivitas olahraga kardio menjadi suatu cara mengecilkan perut buncit alami. Selain dengan asupan serat yang cukup, olahraga kardio juga dapat membantu mengecilkan perut yang buncit paling efektif. Di mana, pada saat melakukan olahraga kardio, maka lemak yang ada di dalam perut akan terbakar. Namun, tetap harus memadukan dengan olahraga lain untuk memaksimalkan pembakaran lemaknya.

Istirahat yang Cukup

Cara mengecilkan perut buncit alami dapat teratasi dengan harus banyak istirahat yang cukup. Mengapa? Sebab, ketika kita melakukan istirahat cukup maka dapat meningkatkan jumlah jaringan lemak yang ada di perut. Begitu pun sebaliknya, kurangnya waktu istirahat bisa menyebabkan peningkatan dalam berat badan dan lemak.

Meredakan Stres

Penyebab perut buncit bisa terjadi akibat stres yang berlebihan. Jika stres yang berlarut-larut, maka kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortisol (hormon stres) yang berlebihan. Sehingga lemak yang ada di dalam perut semakin menumpuk dan nafsu makan. Maka dari itu, cara mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan meredakan stres.

Adapun cara lain untuk mengecilkan perut buncit adalah harus menjaga pola hidup sehat, mengurangi minuman atau makanan terlalu manis, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebihan dan hindari minuman beralkohol.

Itulah salah satu cara mengecilkan perut buncit secara alami paling efektif dan mudah dilakukan secara sendiri. Akan tetapi, jika cara seperti di atas tidak ada perubahan, maka solusi terbaiknya adalah harus konsultasi ke dokter.

Baca Selanjutnya: Cara Menurunkan Berat Badang Dengan Olahraga