Ketahui Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

  • 2 min read
  • Nov 14, 2021
Ketahui Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Mengalami sakit pinggang saat sedang hamil memang sering terjadi menjadi hal umum. Akan tetapi, ketika merasakan sakit pinggang tidak ditangani dapat menyebabkan kurang kenyamanan pada bumil hingga berkepanjangan. Biasanya, kasus sakit pinggang seperti ini merupakan sebuah tanda ada gejala atau gangguan pada kesehatan yang sangat serius. Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi sakit pinggang saat hamil supaya dapat ditangani lebih cepat.

Ketahui Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Dengan perkembangan kandungan menjadi perubahan dalam pusat gravitasi tubuh dan menyebabkan sakit pinggang pada ibu hamil, sehingga ketika ingin berjalan atau berdiri tentu postur tubuh harus disesuaikan dengan benar. Selain itu, peregangan ligament dan perubahan hormone dapat terjadi untuk melakukan proses persiapan dalam persalinan. Tekanan rasa sakit pada bagian pinggang atau bawah punggung akibat peregangan merupakan salah satu ciri trimester awal atau kehamilan selama 1 minggu.

Tambah besar ukuran janin tentu sangat berpengaruh pada sakit pinggang. Pasalnya, janin yang sudah tumbuh besar dapat menambah beban berat badan pada seorang ibu hamil, sehingga sering terjadi mengalami sakit pinggang hingga merasakan menjalar ke kaki. Oleh karena itu, dalam mengatasi suatau permasalahan ini, ibu hamil harus banyak istriahat yang cukup. Namun, hindari tidur berkepanjangan agar tidak menimbulkan sakit pinggang berkepanjangan.

Sakit Pinggang Saat Hamil

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil merupakan salah satu langkah dalam mencegah dan hindari rasa sakit pada bagian pinggang. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui sakit pinggang saat hamil agar tetap sehat dan kuat.

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan merupakan salah satu cara mengatasi sakit pinggang saat hamil. Kurangi konsumsi makanan yang berlebihan agar kondisi badan tetap ideal dan dapat mencegah sakit pinggang. Selain itu, hindari mengangkat beban yang berat agar punggung tidak merasakan sakit.

Berolahraga

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yaitu sering rajin berolahraga secara teratur. Yang mana, ketika melakukan olahraga, maka dapat memperkuat otot dan melenturkan ubuh. Olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya berjalan kaki, senam yoga dan berenang. Namun, tetap harus berhati-hati dalam menggerakan badan secara berlebihan tentu kondisi tubuh menjadi longgar.

Hindari Berdiri dan Duduk Terlalu Lama

Menghindari berdiri dan duduk terlalu lama adalah bagian dari cara mengatasi sakit pinggang saat hamil. Sebab, posisi tegak atau duduk yang lama dapat menyebabkan tekanan pada punggung semakin cepat meningkat. Sehingga lama-kelamaan timbul rasa sakit pinggang. Selain itu, jangan buru-buru berdiri dari berbaring atau pada saat sedang duduk supaya respon tubuh tidak tersentak.

Posisi Tidur

Mengatur posisi tidur yang tepat dapat mencegah atau menjadi cara mengatasi sakit pinggang saat hamil. Posisi yang baik untuk ibu hamil adalah miring ke samping, hindari posisi terlentang agar tidak menyebabkan kram. Selain itu, gunakan bantal untuk menyamankan posisi tidur dengan baik dan menjaga apabila duduk atau tidur terlalu lama.

Hindari Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Ketika seorang ibu hamil ingin bepergian keluar rumah, maka hindari menggunakan sepatu hak tinggi. Mengapa? Sebab, dapat mencegah terjadinya jatuh atau terpeleset dan mengurangi risiko rasa sakit pinggang akibat terlalu lama berdiri. Ini merupakan cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang patut diketahui.

Itulah pembahasan ketahui cara mengatasi sakit pinggang saat hami yang solusisehatku.com sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi ibu hamil atau para pembaca.

Baca Selanjutnya: Hindari Makanan ini Selama Kehamilan agar Janin Tetap Sehat

 

Post Terkait :

One thought on “Ketahui Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *