Sering kali wanita merasa tidak nyaman ketika menjelang atau sedang haid, hal itu disebabkan karena adanya perubahan hormon. Selain merasa tidak nyaman, wanita juga sering kali mengalami perubahan suasana hati serta rasa nyeri pada tubuh. Rasa nyeri tersebut dapat berupa nyeri pada bagian payudara dibarengi terjadi perubahan bentuk pada payudara atau payudara membengkak, atau bisa juga rasa nyeri pada bagian perut atau kram perut. Hal ini dapat mengganggu pada aktivitas sehari-hari. Namun anda jangan khawatir anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengurangi rasa nyeri pada perut anda.

  1. Minum air putih hangat

Anjuran untuk meminum air putih memang sudah tak asing lagi di dengar, karena banyaknya manfaat yang ada pada air putih. Salah satunya untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid. Air putih hangat dapat membuat peredaran darah menjadi semakin lancar dan dapat merelaksasikan otot-otot perut yang kram. Selain minum air putih hangat, bisa juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air.

  1. Lakukan istirahat yang cukup

Istirhat adalah salah satu faktor terpenting ketika sedang merasa sakit haid. Kurangi kegiatan yang tidak perlu.

  1. Lakukan Olahraga

Melakukan olahraga dapat mengurangi rasa nyeri haid, karena olahraga dapat memperlancar peredaran darah serta dapat membantu anda untuk melepas stress. selain berjalan santai, olahraga yoga juga sangat baik dilakukan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi rasa nyeri haid

Ada beberapa makanhan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri karena haid atau kram perut, seperti makanan yang mengandung kalsium (susu, almond, biji wijen atau sayuran hijau), kayu manis, jahe, kunyit, nasi merah, ayam serta ikan.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memperparah nyeri haid
Baca Juga:  Cara Ampuh Diet Turun 10 Kg Dalam 1 Minggu

menghindari makanan yang dapat memperparah nyeri haid adalah hal yang sangat perlu seperti makanan berlemak, makanan atau minuman yang mengandung kafein, alkohol serta minuman yang mengandung karbonat.

  1. Dengan melakukan kompres atau pijatan

Melakukan kompresan dengan kompresan panas atau melakukan pijatan pada bagian perur atau pinggang dapat mengurangi rasa nyeri perut karena haid serta membuat peredaran darah menjadi lancar.

  1. Mengkonsumsi obat-obatan atau jamu

Mengkonsumsi obat-obatan atau jamu yang bisa meredakan rasa nyeri haid memang dibolehkan, selama masih sesuai dengan dosis dan tidak berlebihan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aturan pemakaiannya serta dosisnya.

Apabila terjadi rasa sakit yang semakin parah ditambah dengan demam dan rasa sakitnyapun semakin sering terjadi apalagi ketika haid sudah selesai, maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here