Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Pada Anak

  • 2 min read
  • Nov 03, 2021
Cara Mengatasi Kolestrol Tinggi Pada Anak

Kolesterol tinggi bisa terjadi pada lansia, dewasa, remaja bahkan anak-anak. Penyebab kolesterol tinggi pada anak bisa disebabkan dari berbagai macam, seperti obesitas, pola makan tidak sehat dan juga karena faktor turunan. Cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak merupakan salah satu pengobatan yang harus ditangani dengan cepat.

Sebetulnya, kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh dengan tujuan untuk memproduksi hormon dan membangun jaringan. Akan tetapi, apabila tubuh menimbulkan kolesterol yang tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan aliran darah pada jantung akan terganggu dan lama-kelamaan bisa menyebabkan stroke atau datang penyakit jantung.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Anak

Cara mengobati kolesterol tinggi pada anak merupakan langkah pengobatan yang paling utama untuk menyembuhkan kolesterol dengan cepat. Sehingga tubuh anak akan semakin sehat dan kuat.

Berikut ini adalah langkah dalam mengatasi kolesterol tinggi yang terjadi pada anak, di antaranya:

Menjaga Pola Makanan Sehat

Dengan menjaga pola makanan sehat merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak. Maka seorang ibu atau ayah tentu harus mengajarkan atau memberikan makanan dan minuman dengan kadar rendah untuk mencegah kolesterol tinggi. Berikut ini adalah pola makanan yang sehat untuk anak, di antaranya:

  1. Makanan mengandung serat, seperti brokoli, gandum, wortel dan kacang-kacangan
  2. Makanan yang mengandung zat lemak rendah seperti, yoghurt atau susu, gandum, dan oatmeal
  3. Buah-buahan, di antaranya stroberi, anggur, apel dan jeruk
  4. Makanan mengandung protein, seperti buncis dan ikan
  5. Hindari makanan yang mengandung manis berlebihan

Mengurangi Minuman atau Makanan Kolesterol Tinggi

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak adalah mengurangi minuman atau makanan mengandung kolesterol tinggi. Berikut ini adalah makanan yang paling banyak kolesterol sangat tinggi, seperti kentang goreng, susu, keju, pizza, sosis, popcorn dan burger.

Selain itu, pada masakan harus menggunakan bahan yang lebih sehat, seperti minyak kelapa dan mentega.

Mengajak Olahraga

Olahraga secara teratur tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berbagai macam olah raga, seperti bersepeda, berenang, lari atau jalan kaki, tentu dapat membantu dalam cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak. Selain itu, mencegah penyakit yang masuk akibat dari beragam faktor. Maka dari itu, dengan mengajak olahraga pada anak, akan membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Walaupun sebenarnya, cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak seperti di atas itu bukan hanya pada si kecil melainkan pada orang tua, dewasa dan remaja juga. Jika cara seperti ini dilakukan pada anak kecil, tentu mereka akan terbiasa selalu menjaga kesehatan agar tetap kuat dan sehat.

Cek Kolesterol

Ada dua jenis kolesterol yang terjadi dalam tubuh, di antaranya high-density lipoprotein merupakan kolesterol baik sedangkan low-density lipoprotein adalah kolesterol jahat. Maka, cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak, tentu kita harus tahu kadar kolesterol normal pada anak, yaitu:

  • Total kolesterol kurang dari 170 mg/dl
  • Hight-density lipoprotein lebih dari 45 mg/dl
  • Low-density lipoprotein kurang dari 100 mg/dl

Terkadang biasanya ketika anak memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka tidak ada tanda atau gejala seperti pada umumnya. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan pada saat anak usia 9 sampai 11 tahun dan ketika sudah menginjak usia 17 sampai 21 tahun.

Apabila Anda melakukan cara mengatasi kolesterol pada anak seperti di atas tidak ada perubahan sama sekali, sebaiknya anak Anda harus dibawa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut dalam mengobati kolesterol yang sedang dideritanya.

Baca Selanjutnya: Yuk, Ketahui Dampak Sering Marahi Anak dengan Berteria