Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami, Ini Penyebabnya

  • 2 min read
  • Okt 22, 2021
Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami, Ini Penyebabnya

Kebotakan bisa terjadi oleh siapa saja, sebagian besar orang yang mengalami kebotakan itu biasanya orang dewasa usia 50 tahun. Akan tetapi, terkadang banyak umur 21 tahun yang mengalami kebotakan. Cara mengatasi kebotakan secara alami, ini penyebabnya menjadi salah satu cara untuk mengatasi dan mengobati kebotakan secara alami maupun pengobatan resep dokter.

Selain itu, terjadinya kebotakan bisa disebabkan kondisi rambut yang rontok secara terus menerus, yang membentuk dengan berbagai macam model. Mungkin kita pernah melihat, orang yang mengalami kebotakan baik pria maupun wanita, biasanya berbentuk bulat di atas kepala atau bentuk m pada bagian belakang. Sehingga terlihat kurang percaya diri pada saat pergi keluar rumah.

Cara Mengatasi Kebotakan Alami

Cara mengatasi kebotakan secara alami, ini penyebabnya yang sering terjadi pada seseorang akibat dari produktivitas maupun kehidupan sosial. Sehingga membuat orang tidak percaya diri dengan tampilan yang botak. Oleh karena itu, agar lebih percaya diri dan tidak mau rambut kebotakan, maka dengan cara mengatasi ini bisa mencerah kebotakan yang luas. Berikut ini adalah cara mengatasi kebotakan secara alami:

Perubahan Model Rambut

Membuat perubahan model rambut merupakan salah satu cara mengatasi kebotakan alami paling mudah untuk menutupi atau menyamarkan yang terlihat dengan kebotakan.

Hindari Stres

Selain perubahan model, menghindari stres termasuk cara mengatasi kebotakan alami tanpa harus menggunakan pengobatan. Timbulnya stres bisa menyebabkan pengaruh pada hormon dan juga bisa meningkatkan peradangan yang ada di dalam tubuh, sehingga menimbulkan kebotakan rambut.

Selain itu, gangguan pada kesehatan mental seperti depresi bisa menyebabkan kebotakan juga. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal demikian, hindari stres berkepanjangan dan jangan terlalu banyak pikiran, supaya rambut tetap sehat.

Alat Penata Rambut

Alat penata rambut yang kerap dan bergigi, pengering rambut dapat menyebabkan kebotakan rambut dan memperparah kerontokan. Maka dari itu, cara mengatasi kebotakan alami yaitu mengurangi dalam menggunakan alat penata rambut yang berlebihan. Selain itu, hindari menyisir pada saat kondisi rambut basah.

Menggunakan Wig

Kebotakan rambut yang sangat parah tentu akan mengurangi percaya diri pada saat keluar rumah. Dengan menggunakan wig menjadi salah satu cara mengatasi kebotakan alami untuk menghindari ejekan atau bisa lebih percaya diri.

Konsumsi Obat Tertentu

Saat ini banyak sekali yang memasarkan obat penumbuh rambut dengan harga terjangkau. Obat ini juga bisa menjadi cara mengatasi kebotakan. Namun tentunya Anda harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek samping dari obat tersebut.

Selain obat-obatan, lidah buaya atau minyak jojoba juga sangat bermanfaat untuk merangsang dalam pertumbuhan rambut.

Transplantasi Rambut

Cara mengatasi kebotakan secara alami bisa melakukannya dengan cara melakukan transplantasi rambut. Yang mana, bagian area yang botak bisa ditahan dengan rambut yang masih subur. Sehingga terlihat lebih subur dan bagus.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Menjaga kesehatan dan menyuburkan rambut bisa dilakukan dengan cara konsumsi makanan bernutrisi, seperti biotin, asam lemak omega-3, protein, zat besi, vitamin D, vitamin B12 dan vitamin B6. Selain itu, konsumsi makanan lainnya, seperti kacang kedelai, telur, susu, ikan, sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak dan juga gandum utuh.

Penyebab Kebotakan Rambut

Ada beberapa penyebab kebotakan rambut yang sering terjadi pada seseorang. Di mana salah satu penyebabnya, yaitu:

  • Faktor usia
  • Adanya perubahan hormon
  • Menderita penyakit tertentu, seperti gangguan tiroid, kekurangan gizi, infeksi jamur di kepala, anemis, dan lain-lain
  • Keturunan
  • Efek samping dari obat-obatan
  • Stres berat

Sahabat solusi sehatku, demikian beberapa cara mengatasi kebotakan rambut dan penyebabnya, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Tips Perawatan Rambut agar Tetap Sehat dan Mengkilap