Cara Mengatasi Demam pada Anak Paling Tepat, Ini Penyebabnya!!

  • 2 min read
  • Nov 11, 2021
Cara Mengatasi Demam pada Anak Paling Tepat, Ini Penyebabnya!!

Ketika anak sedang mengalami demam, membuat orang tua merasa panik. Di mana, demam adalah salah satu kondisi suhu tubuh meningkat yang diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi. Oleh karena itu, solusihsetku.com akan memberikan informasi pembahasan cara mengatasi demam pada anak paling tepat, ini penyebabnya agar para orang tua tidak panik pada saat anak sedang demam tinggi.

Cara Mengatasi Demam pada Anak Paling Tepat, Ini Penyebabnya!!

Berbagai macam faktor penyebab demam tinggi menimbulkan reaksi pertahanan tubuh merasakan tidak nyaman pada anak. Sehingga membuat anak sering menangis dan selalu ingin bersama ibunya.

Cara Mengatasi Demam pada Anak

Cara mengatasi demam pada anak paling tepat merupakan salah satu penanganan yang harus cepat diobati oleh para orang tua. Pasalnya, ketika anak sedang mengalami demam maka tingkat suhu tubuh bisa mencapai hingga 37,5 derajat celcius.

Berikut ini adalah bagaimana cara mengasi demam pada anak yang harus dilakukan oleh para orang tua:

Perbanyak Asupan Cairan dan Memberikan Obat

Perbanyak asupan cairan dan memberikan obat merupakan salah satu cara mengatasi demam pada anak. Paracetamol merupakan salah satu obat demam anak yang paling aman untuk dikonsumsi sesuai dengan dosis. Jangan memberikan obat aspirin supaya tidak menyebabkan sindrom reye pada anak.

Paracetamol

Cara mengatasi demam pada anak bisa disembuhkan dengan minum obat paracetamol. Namun, tetap para ibu harus memberikan obat paracetamol ini diukur dengan sesuai dosis khusus untuk anak-anak.

Ukur suhu

Memeriksa ukuran suhu tubuh merupakan bagian cara mengatasi demam pada anak sebelum memberi obat demam anak. Pasalnya, pada saat anak mengalami demam, tentu para ibu bisa melakukan cek suhu tubuhnya agar mudah dalam memberikan obat yang tepat.

Cek Gejala Lain

Melakukan cek gejala lain pada saat anak sedang demam memang harus diperhatikan. Cara mengatasi demam pada anak dengan melakukan cek gejala lain tentu para ibu akan lebih mudah memberikan obat atau harus diperiksa ke dokter.

Penyebab Demam pada Anak

Selain cara mengatasi demam, para orang tua tentunya harus mengetahui penyebab demam pada anak supaya lebih mudah dalam mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab demam yang sering terjadi pada anak, di antaranya:

Imunisasi

Penyebab demam pada anak salah satunya adalah setelah imunisasi. Walaupun sebenarnya, memang gejala demam ini tidak lama dan cepat sembuh dengan sendirinya. Ketika anak diimunisasi, biasanya orang tua sering diberikan obat oleh pihak terkait untuk meredakan sakit.

Pilek

Pilek menjadi salah satu penyebab demam pada anak. Pasalnya, kondisi suhu tubuh yang meningkat membuat badan terasa panas. Sehingga para ibu tentu harus mengetahui cara mengobati demam pada anak seperti ini agar tidak berkepanjangan.

Flu

Flu merupakan salah satu tanda penyebab demam pada anak. Biasanya flu ini akibat dari infeksi yang bersamaan dengan gejala lain seperti batuk, lemas, sakit tenggorokan dan tidak enak badan. Secara umum, kondisi demam disebabkan flu bisa mencapai sekitar 38 derajat Celsius.

Tumbuh Gigi

Ada pun penyebab demam pada anak lainnya adalah tumbuh gigi. Pada saat gigi mulai tumbuh, tentu akan merasakan sakit, hingga menyebabkan anak menjadi rewel. Selain itu, terkadang badan suka lemas dan kurang sehat akibat demam.

Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang masuk, sehingga menyebabkan demam ketika anak bermain saat hujan. Penyebab demam pada anak seperti ini tentu para orang tua bisa mengobatinya dengan obat rumah.

Itulah salah satu cara mengatasi demam pada anak, ini penyebabnya yang bisa solusisehatku.com sampaikan semoga bermanfaat.

Baca selanjutnya: Cara Mengobati Diare Pada Bayi, Ini Penyebabnya !!!