Cara Mengatasi Bayi Sering Menangis

  • 2 min read
  • Nov 08, 2021
Cara Mengatasi Bayi Sering Menangis

Bayi menangis merupakan hal umum untuk menyampaikan apa yang dirasakan atau keinginan sesuatu yang tidak diketahui oleh para orangtua. Maka dari itu, kita sebagai orangtua tentu sedikitnya harus mengetahui penyebab banyi nangis. Silahkan disimak, cara mengatasi bayi sering menangis yang dapat diketahui.

Cara Mengatasi Bayi Sering Menangis

Cara menangis menjadi salah satu cara bayi untuk mengungkapkan keinginan pada orangtua. Pasalnya, bayi yang belum bisa berbicara akan sulit dalam menceritakan suatu problem. Sehingga dengan cara menangis inilah bayi dapat direspon cepat oleh orangtua.

Cara Mengatasi Bayi Menangis

Ada beberapa cara mengatasi bayi menangis yang harus diketahui oleh para orangtua, diantaranya:

Merasa Bosan atau Kesepian

Cara mengatasi bayi menangis biasanya merasa bosan atau kesepian berada didalam rumah atau kamar hanya sendiri. Maka, untuk mengungkapkan rasa bosan dan kesepian ini, bayi menangis dengan tujuan agar orang yang ada disekitar dalam rumah menghampirinya. Selain itu, bayi ingin merasakan pelukan orangtua dan mendengar suaranya.

Dengan demikian, sebagai orangtua tentu bisa atasi bayi menangis dengan cara mengusap, memeluk atau menggendong ketika bayi terbangun dari tidur. Biasanya, bayi ingin ASI atau pindah tempat yang lebih segar.

Hindari Keramaian

Menghindari keramaian merupakan salah satu cara mengatasi bayi menangis. Pasalnya, bayi akan merasakan terganggu dengan suasana keramaian, seperti banyak yang bermain disekelilingnya, kondisi cuaca dingin dan panas serta terdengar suara musik yang keras.

Dengan demikian, sebagai orangtua tentu harus membawa bayi ketempat yang lebih sejuk, jauh dari keramaian dan mengecilkan suara musik agar bayi terasa lebih nyaman dan aman.

Sakit

Menangis terus menerus dan rewel secara tiba-tiba biasanya bayi sedang merasakan kesakitan. Entah itu kram perut, perih pada paha akibat lecet, gatal-gatal dikarenakan alergi atau faktor tertentu yang menyebabkan kesakitan. Cara mengatasi bayi menangis ini, orangtua bisa mengobati sakit yang sedang dialami bayi tersebut. Selain itu, memberikan ASI agar bayi tidak menangis secara terus-menerus.

Tidak nyaman

Merasakan tidak nyaman dengan suasana lingkungan sekitar dapat menyebabkan bayi menangis secara terus menerus. Maka, cara mengatasi bayi menangis seperti ini, bunda bisa menggendong dan pindah tempat kearah yang lebih aman. Selain itu, bisa memindahkan posisi tubuh bayi kearah yang lebih nyaman juga agar terasa lebih enak.

Kelelahan

Bermain telalu lama tentu dapat menyebabkan bayi merasa bosan dan mengantuk. Apabila bayi sudah merasakan kelelahan biasanya akan menangis. Maka, seperti ini menunjukan bahwa bayi ingin tidur atau ASI. Oleh karena itu, cara mengatasi bayi menangis, para orangtua bisa membaringkanya agar bayi cepat tidur pulas.

Takut

Cara mengatasi bayi menangis biasanya terkadang merasakan ketakutan apa yang sedang dilihatnya. Misalkan ada saudara yang bermain kerumah dan bayi melihat orang tersebut baru pertama kali, tentu akan merasakan ketakutan. Maka, orangtua bisa menggendong bayi sambil mengatakan bahwa itu saudaranya.

Penyebab Bayi Menangis

Ada beberapa penyebab bayi menangis lebih kencang dan tidak berhenti, diantaranya:

  • Melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang dewasa
  • Merasakan kesakitan akibat kulit ada yang lecet
  • Sakit Demam tinggi
  • Dehidrasi akibat kurang cairan
  • Mengalami diare
  • Badan terasa pegal
  • Dll

Itulah salah satu cara mengatasi bayi sering menangis yang harus diketahui oleh para orangtua agar mudah dalam mengatasi bayi nangis. Namun, apabila cara seperti diatas tidak mampu menenangkan tangisan bayi, maka segera pergi kedokter untuk menangani lebih lanjut penyebab bayi menangis.

Baca selanjutnya: Cara Mengobati Diare Pada Bayi, Ini Penyebabnya !!!