Cara Membersihkan Kulit Wajah agar Terlihat Lebih Cantik

  • 2 min read
  • Nov 12, 2021
Cara Membersihkan Kulit Wajah agar Terlihat Lebih Cantik

Semua wanita pastinya selalu melakukan membersihkan kulit wajah setiap hari. Namun, sebagian wanita terkadang selalu salah dalam merawat kulit wajah, sehingga menyebabkan jerawatan. Oleh karena itu, solusehatku.com akan memberikan informasi pembahasan cara membersihkan kulit wajah agar terlihat lebih cantik.

Cara Membersihkan Kulit Wajah agar Terlihat Lebih Cantik

Seorang wanita karir memang kurang waktu dalam perawatan kulit wajah. Pasalnya, pulang kerja yang begitu lelah, pekerjaan rumah yang menumpuk, membuat waktu untuk merawata wajah berkurang. Sehingga apabila tidak pernah melakukan perawatan wajah, tentu pori-pori akan tersumbat dan dapat menyebabkan penuaan dini, mudah jerawatan serta tampilannya terlihat lebih kusam.

Maka dari itu, membiasakan diri dalam perawatan kulit wajah, bisa memperlancar pori-pori dan juga mengubah tampilan lebih segar dan cantik.

Membersihkan Kulit Wajah

Membersihkan kulit wajah merupakan salah satu cara perawatan wajah agar terlihat lebih cantik dan segar. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan kuliat wajah paling benar supaya terlihat sangat cantik:

Membersihkan Makeup

Membersihkan makeup merupakan salah satu cara membersihkan kulit wajah terlihat lebih cantik. Menghilangkan makeup bisa dilakukan dengan air bersih atau produk makeup remover yang memiliki bahan dasar minyak. Sebelum membersihkan wajah, cuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah debu menempel pada kulit wajah dan tidak menyebabkan jerawatan.

Sabun Pencuci Muka

Sabun pencuci muka menjadi kategori cara membersihkan kulit wajah dengan benar. Mengapa? Pada saat setelah menghilangkan makeup, kemungkinan besar masih ada sisa-sisa makeup yang menempel pada wajah. Maka dari itu, supaya semakin bersih, gunakan sabun pencuci muka agar pori-pori lebih lancar dan wajah terlihat lebih lembut. Selain itu, hindari penggunaan spons khusus dan waslap supaya tidak menyebabkan iritasi.

Handuk Bersih

Setelah mencuci muka, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan kulit wajah dari air dan makeup. Ini merupakan bagian cara membersihkan kulit wajah dengan benar. Hindari menggunakan handuk yang kotor agar bakteri tidak menempel pada wajah.

Gunakan Krim Pelembap

Apabila wajah sudah dibersihkan dengan handuk, selanjutnya gunakan krim pelembab supaya wajah terlihat lebih segar dan bersih. Cara membersihkan kulit wajah seperti ini dapat dilakukan secara rutin agar tidak menimbulkan jerawat.

Kenali Jenis Kulit Wajah

Sebelum membersihkan kulit wajah, alangkah baiknya kenali jenis kulit wajah terlebih dahulu. Pasalnya, tidak semua kulit sama, maka untuk membersihkan atau menggunakan krim tentu harus berbeda agar tidak menyebabkan jerawatan atau iritasi.

Mudah jerawat, komedo, mengkilap dan pori-pori yang besar biasanya terjadi pada kulit wajah yang berminyak. Dengan jenis kulit wajah seperti ini bisa menggunakan sabun pembersih atau bisa memakai toner bebas minyak untuk menghilangkan minyak pada wajah yang berlebihan. Selain itu, kulit wajah berminyak bisa menggunakan sabun pembersih yang mengandung gliserin.

Sedangkan kulit wajah kering biasanya terlihat agak bersisik dan kasar. Maka, jenis kulit tersebut bisa menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol atau pewangi pada saat membersihkan wajah.

Apabila Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, maka biasanya sering menyebabkan kemerahan setelah memakai produk perawatan, atau terasa perih dan gatal. Jenis kulit wajah sensitive bisa hampir sama dengan kulit kering tidak menggunakan produk pembersih yang mengandung pewangi dan beralkohol.

Membersihkan wajah bisa dilakukan 2 kali sehari baik sebelum atau sesudah beraktivitas. Itulah salah satu cara membersihkan kulit wajah agar terlihat lebih cantik yang dapat solusisehatku.com sampai, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Tips Cara Masker Wajah dari Bahan Alami, Kulit Putih