Ketahui 10 Cara Bikin Kulit Putih Dan Cerah Tanpa Efek Samping

  • 4 min read
  • Apr 10, 2022
10 Cara Bikin Kulit Putih

Keinginan untuk memiliki kulit yang putih dan cerah bukanlah hal yang aneh bagi seorang wanita. Bahkan, bisa dibilang hal itu diminati dan menjadi keinginan banyak perempuan. Ada banyak cara bikin kulit putih dan cerah, mulai dari yang aman ataupun instan yang dinilai kurang aman untuk dicoba.

10 Cara Bikin Kulit Putih

Meski begitu, cara instan tetap banyak diminati karena hasilnya yang cepat dan pasti. Namun, hal ini bukan berarti cara aman tidak membuahkan hasil yang bagus. Melainkan kini ada cara untuk bikin kulit putih yang aman dan sederhana namun ternyata memberikan efek yang luar biasa untuk kulit putih, cerah dan tentunya sehat. Berikut diantaranya:

1. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Vit C

Salah satu kunci terlahirnya kulit yang putih dan sehat ialah dengan rajin mengkonsumsi sesuatu yang mengandung vitamin C. Sesuatu yang mengandung vitamin C ini umumnya berasal dari buah-buahan seperti halnya jeruk, jambu, pepaya, dan juga buah mangga. Bisa dikatakan, buah buahan itulah yang akan memasok banyak vitamin C pada tubuh dan kulit.

Efek jangka panjang dari memakan buah-buahan tersebut dapat bikin kulit menjadi satu tingkat lebih putih dan cerah. Selain itu, kulit juga akan menjadi lebih kencang karena memproduksi lebih banyak kolagen. Cara bikin kulit putih ini cukup mudah dilakukan dan tentunya aman bagi tubuh dan kulit selagi dikonsumsi secara normal serta tidak berlebihan.

2. Menggunakan Sunscreen

Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia yakni sebagai sumber vitamin D. Namun, pada sinar matahari juga terdapat sinar yang dapat merusak kulit dan membuatnya menggelap yakni sinar ultraviolet atau biasa disebut dengan sinar UV.

Sinar UV inilah yang akan bikin kulit menjadi gelap dan juga kusam. Oleh karena itu,untuk mengatasinya perlu menggunakan krim pelindung sinar UV atau dalam istilah kecantikan disebut dengan SunScreen. Gunakanlah Sunscreen secara teratur setiap harinya sebelum memulai aktifitas di dalam maupun di luar ruangan.

3. Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Bisa dibilang bahwa kulit kita juga butuh istirahat yakni dengan cara tidur. Cara yang satu ini juga sangat mudah atau bahkan menyenangkan untuk dilakukan. Tanpa disadari oleh para wanita, mendapatkan tidur yang cukup bisa bikin kulit menjadi lebih sehat karena kulit membentuk kolagen saat sedang tidur.

Umumnya, tidur yang pas untuk kesehatan kulit ialah selama 7 jam dalam 24 jam atau selama sehari. Jadi, jika ingin mendapatkan kulit yang putih, cerah, dan tentunya sehat, mulailah untuk menghitung jam tidur dan pastikan mendapatkan tidur yang cukup.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi adalah keadaan yang banyak dan sering dialami oleh kulit. Meskipun terkesan biasa, namun efek dari dehidrasi ini sangat merugikan bagi kecantikan kulit. Oleh karenanya, sebagai solusi jitu untuk mengatasi dehidrasi ini, tubuh perlu asupan cairan yang pas yakni dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Cara bikin kulit putih yang satu ini sering sekali dianggap tidak penting sehingga sering dilewatkan begitu saja. Namun, minum air putih yang cukup ternyata mampu meningkatkan kelembapan kulit sehingga kulit akan tampak lebih kenyal, sehat, lembut, dan juga lebih cerah.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Seperti halnya buah yang mengandung banyak vitamin C, sesuatu yang lain yang mengandung vitamin juga sangat penting untuk dikonsumsi sebagai cara bikin kulit putih yang sehat. Terlebih, jika makanan ini dikonsumsi secara teratur dan menjadi suatu kebiasaan baik setiap harinya.

Sesuatu yang banyak mengandung vitamin yang baik untuk kecantikan kulit seperti tomat, anggur, alpukat, sayur mayur, madu, dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing makanan tersebut memiliki manfaatnya sendiri bagi kulit yang berbeda-beda. Beberapa makanan tersebut bahkan mampu bikin kulit menjadi putih dan awet muda.

6. Mencuci Wajah Dan Mandi Secara Teratur

Tentu saja vitamin dan konsumsi makanan bergizi saja tidak cukup untuk bikin kulit jadi cantik dan putih. Ada cara bikin kulit putih yang juga tidak boleh untuk dilewatkan yakni proses pembersihan kulit. Untuk membuat kulit bersih, tentu saja dengan rajin mandi dan juga mencuci wajah secara teratur.

Namun, pertimbangkan juga waktu dan kuantitas mencuci wajah. Jangan mencuci wajah sembarangan atau bahkan terlalu sering mencuci wajah karena dianggap lebih bersih jika melakukannya dengan sering. Mencuci wajah yang tepat dan dianjurkan adalah sebanyak dua kali sehari. Jika lebih dari dua kali, maka kulit akan menjadi kering dan bersisik.

7. Menggunakan Produk Eksfoliasi Kulit

Bisa dikatakan bahwa mencuci wajah saja tidak cukup untuk bikin wajah menjadi bersih sepenuhnya. Tentu saja adanya eksfoliasi kulit wajah maupun badan juga sangat diperlukan agar kulit menjadi sehat dan cerah.

Ada banyak produk perawatan kulit badan maupun wajah yang bisa digunakan untuk eksfoliasi kulit. Selain itu, kegiatan eksfoliasi ini juga perlu dilakukan secukupnya saja karena akan membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya. Cukuplah satu kali dalam tujuh hari agar kulit mati terangkat dengan maksimal tanpa merusak kelembapan alami kulit.

8. Menggunakan Air Dengan Suhu Normal Saat Mandi

Mandi dengan air hangat memang terkadang sangat menyenangkan dan nyaman untuk dilakukan bagi sebagian orang. Namun, hal itu ternyata justru akan mempengaruhi warna kulit dan membuatnya tampak kusam dan lebih mudah terkena kotoran.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika mandi dengan menggunakan air bersuhu normal dan tidak menggunakan air hangat. Hal ini akan membuat kulit menjadi satu tingkat lebih putih dan cerah dan bahkan tidak merepotkan dibandingkan mandi menggunakan air hangat.

9. Menggunakan Produk Pelembab Tambahan

Umumnya, minum air putih dalam jumlah yang banyak mampu meningkatkan tingkat kelembapan kulit. Namun sayangnya, sebagian wanita tidak mengkonsumsi air yang cukup sehingga bikin kulit mereka kusam dan juga kering. Oleh karena itu, dibutuhkan tambahan asupan kelembapan dari luar yakni dengan menggunakan produk pelembab.

Pastinya, cara bikin kulit putih yang satu ini adalah cara tambahan yang boleh dilakukan atau tidak. Jika dirasa butuh, maka sebaiknya gunakanlah produk pelembap tambahan dari beberapa jenis merek perawatan wajah.

10. Menggunakan Perawatan Tubuh Yang Secukupnya Tanpa Berlebihan

Melakukan perawatan pada wajah dan juga melakukan kebiasaan baik seperti cara bikin kulit putih di atas adalah solusi yang tepat. Namun, hal itu akan berbalik menjadi buruk jika dilakukan secara berlebihan atau lebih dari batas normal.

Usahakan untuk menggunakan dan melakukan perawatan sesuai dengan aturan dan tanpa berlebihan. Jika dilakukan secara berlebihan, maka akan bikin kulit menjadi kering, kemerahan, atau bahkan menjadi terluka.

Itulah tadi beberapa penjelasan dan cara bikin kulit putih yang sangat penting untuk diterapkan terutama bagi para kaum wanita. Jika ingin hasil yang maksimal dan permanen, tentu saja tidak cukup sekali atau dua kali melakukannya. Alangkah lebih baik untuk menjadikan cara-cara di atas sebagai kegiatan rutin baik yang dilakukan secara berulang untuk bikin kulit jadi putih dan tubuh juga menjadi lebih sehat.