Miom merupakan pertumbuhan tumor yang berada sisekitaran rahim yang berasal dari sel otot yang tumbuh secara abnormal. Miom juga sering disebut dengan Mioma. Namun miom ini termasuk kedalam tumor jinak dan sering terjadi pada wanita yang berusia produktif sekitar 20-40 tahun.

Kebanyakan wanita pernah mengalami miom, namun banyak yang tidak terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala yang begitu signifikan. Meskipun begitu, mioma tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena lama-kelamaan dapat mengganggu terhadap alat reproduksi.

Gejala yang sering muncul ketika wanita menderita miom

  1. Sering nyeri perut atau pinggul
  2. Merasakan sakit yang berlebih ketika menstruasi
  3. Ada rasa tak nyaman atau bahkan rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual
  4. Sering buang air kecil
  5. Mengalami keguguran, kemandulan atau bahkan baermasalah ketika masa kehamilan. Hal ini karena embrio tidak bisa menempel dengan baik di dinding rahim. Dan jika hamilnya diteruskan maka akan beresiko pada pendarahan saat persalinan. Oleh karena itu wanita harus berhati-hati apalagi pada trisemester pertama.
  6. Peluang untuk hamilpun sangak kecil jika miom berada di saluran leher rahim karena dapat menghambat datangnya sperma kedalam rahim dan menghambat pembuahan.

Adapun Penyebab Munculnya Miom

Sampai saat ini penyebab munculnya miom belum ditemukan dengan jelas, Namun hal ini sering dikaitkan dengan hormon reproduksi yaitu hormon estrogen. Biasanya Miom menyerang pada wanita dengan berat badan yang berlebih atau obesitas, nmun selain itu juga faktor keturunan cukup menentukan terkena penyakit miom.

Selain faktor di aatas, penyakit miom juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar daging merah dan kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur serta kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Terjadinya menstruasi sejak dini juga bisa mempengaruhi terjangkitnya miom.

Baca Juga:  Permasalahan Kesehatan Yang Diakibatkan Oleh Keputihan

Cara Untuk Mengobati Miom

Dikarenakan Miom tidak memunculkan gejala tertentu, maka miom tidak perlu menjalanu pengobatan khusus. Biasanya Miom dengan sendirinya akan menurun ketika seorang wanita melahirkan, dan semakin banyak anak yang dilahirkan, maka akan semakin kecil untuk resiko terjangkitnya penyakit Miom. Selain itu juga, Miom akan semakin menyusut ketika wanita mulai menginjak menopause.

Untuk pengobatan yang dilakukan pada penderita Miom, jika tidak menimbulkan gejala yang serius, maka masih bisa diobati dengan alternative, namun jika menimbulkan gejala yang serius maka tindakan oprasi bisa dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here