Gangguan kesehatan seperti gula darah atau diabetes merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya sekali. Sebenarnya masalah kesehatan ini berawal dari hal yang sepele dan mungkin tidak disadari, namun secara perlahan berkembang menjadi gangguan kesehatan yang sangat parah dan bahkan fatal akibatnya. Diabetes bisa disembuhkan dengan mudah jika telaten dalam melakukan penanganan.

Jika gangguan kesehatan ini tidak segera ditangani dengan tepat maka sangat berisiko terhadap kondisi yang lebih parah dan bahkan menyebabkan komplikasi. Diabetes yang sudah memasuki stadium lanjutan berpotensi susah untuk disembuhkan sebab ini berkaitan dengan kinerja ginjal yang mengalami gangguan akibat penumpukan kadar gula berlebih dalam darah.

Perlu juga diwaspadai komplikasi yang akan muncul dari gangguan kesehatan yang satu ini. Risiko timbulnya gangguan kesehatan lainnya yang menyertai gangguan kesehatan yang satu ini memang sangat berbahaya sekali untuk jangka panjang. Maka dari oitu perlu dilakukan penanganan masalah penyakit gula yang berbahaya ini sehingga tidak melulu berkembang menjadi gangguan kesehatan yang lebih berbahaya.

Waspada Terhadap Bahaya Komplikasi Penyakit Diabetes

Ada beberapa risiko timbulnya komplikasi gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat diabetes. Bahkan ini semakin memperparah kondisi diabetes yang berkembang menjadi masalah baru. Untuk itu perlu perhatian khusus untuk gangguan kesehatan ini. Berikut ini sekedar pengetahuan untuk masalah yang bisa timbul akibat diabetes!

Penyakit Kardiovaskuler

Salah satu risiko gangguan kesehatan lainnya yang bisa timbul akibat diabetes yaitu penyakit kardiovaskuler. Misalnya seperti gangguan kesehatan terhadap jantung dan hipertensi. Hal ini terjadi akibat adanya gangguan atau kerusakan pada pembuluh darah sebagai akibat dari diabetes. Bahkan risiko timbulnya komplikasi ini meningkatkan bahaya kematian yang lebih tinggi akibat diabetes.

Baca Juga:  Waspada Bahaya Penyakit Sirosis Hati!

Timbul Stroke

Selanjutnya risiko gangguan kesehatan akibat diabetes yaitu timbulnya gangguan kesehatan seperti stoke. Ini terjadi akibat adanya penumpukan plak di bagian pembuluh darah yang menuju ke otak. Penyebab utamanya adalah penumpukan hiperglikemia. Aliran darah dan asupan oksigen yang menuju ke otak menjadi terganggu sehingga menyebabkan stroke. Penderita akan mengalami penurunan kinerja otak.

Kanker

Bahkan diabete dalam stadium yang sudah berbahaya berisiko menimbulkan kanker. Mengapa ini terjadi? Penyebabnya tentu berasal dari hormone insulin yang tidak stabil dan kadar gula darah sangat tinggi. Kondisi ini memicu perkembangan dan pertumbuhan sel-sela kanker yang ganas. Solusinya den gan menerapkan pola hidup sehat dengan baik sehingga menurunkan kesehatan.

Retinopati

Selanjutnya pendarahan pada bagian pembulh darah retina dan mata sebab kadar gula darah tinggi. Komplikasi dari retinopati ini berisiko terhadap timbulnya kebutaan pada penderita diabetes. Jika kadar gula darah terus bertambah tinggi maka risikonya semakin tinggi terhadap kebutaan yang akan terjadi. Hal ini membutuhkan penanganan yang cukup serius sehingga tidak berpotensi lebih buruk lagi.

Nah, demikian beberapa risiko komplikasi dari gangguan kesehatan penyakit gula darah atau diabetes. Kondisi ini akan terus diperparah dengan pola hidup dan kebiasaan yang tidak sehat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya kondisi dan komplikasi yang lebih buruk lagi maka mulailah untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Upayakan untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan baik.

Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga, makan makanan bernutrisi tinggi rendah gula, perbanyak minum air putih dan menghindari segala kebiasaan dan pola hidup yang berpojtensi terhadap meningkatnya kadar gula dalam darah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Obat Gatal Alami yang Berkepanjangan