10 Alasan Penting Berolahraga, Yuk Lakukan!

  • 4 min read
  • Apr 19, 2022
10 Alasan Penting Berolahraga

Dewasa ini olahraga menjadi salah satu kebutuhan hidup bagi banyak orang yang tak bisa dilepaskan. Karena tidak cukup apabila hanya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tanpa diiringi olahraga. Terlebih ada beberapa alasan penting berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh. Secara umum apabila seseorang rutin berolahraga dapat menurunkan sejumlah risiko penyakit.

10 Alasan Penting Berolahraga

Tidak hanya itu, berolahraga dengan rutin juga memiliki segudang manfaat lainnya. Sejumlah penelitian bahkan telah membuktikan dengan rutin berolahraga dapat membuat seseorang memiliki kesempatan hidup yang lebih lama. Maka dari itu, simak beberapa penjelasan penting mengapa berolahraga secara rutin seperti berikut ini.

1. Mencegah Penyakit

Alasan penting berolahraga pertama adalah untuk mencegah datangnya penyakit. Dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu olahraga secara berkelanjutan dapat menurunkan dan menjaga diri dari serangan penyakit. Serta dapat memproduksi kolesterol baik yang ada dalam tubuh untuk menurunkan trigliserida demi melancarkan aliran darah.

Hal ini sangat membantu untuk membersihkan pembuluh darah yang kemudian menjadi metabolisme melalui pemrosesan di hati. Lancarnya aliran darah ini juga dapat menyebabkan seseorang terhindar dari risiko penyakit jantung. Sebenarnya ada sejumlah penyakit lain yang bisa ditangkal dengan rutin berolahraga.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Apabila ingin mendapatkan berat badan ideal bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga. Ini juga termasuk alasan penting berolahraga yang mesti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan setiap gerakan olahraga yang dilakukan, tentu akan membuat tubuh bergerak serta membakar kalori yang ada.

Berbagai macam gerakan olahraga dan apabila dilakukan secara intens akan semakin mempercepat pembakaran kalori. Dengan adanya hal ini, sangat tepat bagi siapapun yang ingin diet dan menjaga berat badan. Tapi pastikan untuk melakukan sejumlah gerakan olahraga sesuai dengan arahan yang diberikan oleh para profesional. Lakukan secara perlahan dan konsisten demi hasil yang maksimal.

3. Menjaga Suasana Hati

Siapa yang menduga jika menjaga suasana hati yang baik ini bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga. Hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Karena sewaktu tubuh bergerak ketika olahraga dapat merangsang sejumlah zat kimia yang terdapat pada otak. Ketika keadaan tersebut terjadi, otak menjadi lebih rileks dan ikut dirasakan pada semua anggota tubuh.

Dengan memiliki tubuh dan berbagai anggota badan yang rileks ini dapat meningkatkan rasa bahagia serta lambat laun memperbaiki suasana hati. Dampak baiknya lagi hal ini juga akan terpancar pada wajah dan senyum seseorang habis berolahraga. Lakukan secara rutin dan konsisten agar mood tetap terjaga dengan baik.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Alasan penting berolahraga berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Saat melakukan sejumlah olahraga jantung akan memiliki gerakan berpacu yang lebih cepat dibandingkan biasanya. Akibatnya darah yang dialirkan menuju otak pun menjadi lebih lancar bersamaan dengan aliran oksigen.

Bersamaan itu juga, hal ini dapat merangsang untuk meningkatkan produksi hormon. Peningkatan produksi hormon yang dimaksud ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan sel otak. Selain itu, juga ada penelitian yang membuktikan bahwa rajin berolahraga juga bermanfaat untuk hipokampus, yaitu bagian untuk belajar serta mengingat di otak.

5. Menjalin Hubungan Sosial

Olahraga juga dapat meningkatkan hubungan sosial bagi anggotanya. Karena setiap orang tentu memiliki tipe dan gaya olahraga berbeda. Begitupun saat olahraga berlangsung, ada yang cenderung ingin sendiri ataupun bersama-sama. Bahkan hal ini sangat bermanfaat untuk relasi jangka panjang.

Sebagian orang yang merasa suka untuk berolahraga secara bersama-sama maka akan memiliki manfaat yaitu menjalin hubungan sosial baru. Dijamin bisa pula meningkatkan keakraban hubungan sosial antar sesama keluarga saat sama-sama berolahraga. Karena pada saat olahraga biasanya juga diselingi dengan sedikit canda tawa dan gurauan.

6. Memperindah Kulit

Bagi yang memiliki masalah kulit jangan khawatir dan takut untuk berolahraga. Karena sejatinya rutin melakukan olahraga ini justru dapat memperindah dan membuat kulit terlihat lebih sehat. Bahkan dianjurkan apabila seseorang memiliki permasalahan pada kulitnya agar lebih sering dan aktif untuk melakukan aktivitas fisik.

Dengan hal tersebut membuat tubuh dapat lebih bergerak aktif untuk memproduksi sejumlah antioksidan alami. Salah satunya hal ini bisa didapatkan saat berolahraga. Pada saat melakukan olahraga, adanya rangsangan pada sel kulit bisa untuk meningkatkan aliran darah serta dapat mencegah penuaan dini.

7. Menjaga Rasa Percaya Diri

Setiap orang pasti ingin menjaga rasa percaya diri agar bisa berkomunikasi dengan siapapun dengan lebih leluasa. Hal ini juga masuk dalam salah satu alasan penting berolahraga secara rutin. Karena jika hal ini dilakukan seseorang bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal sesuai apa yang ia inginkan.

Dengan demikian tidak memungkinkan dapat menjaga serta meningkatkan sebuah rasa percaya diri. Karena salah satu hal yang menyebabkan rendahnya rasa percaya diri seseorang tidak menarik. Misalnya saja memiliki badan yang terlalu gemuk atau otot yang terlalu besar.

8. Meningkatkan Stamina

Cara efektif untuk meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh adalah dengan rajin berolahraga. Apalagi dengan melakukan sejumlah aktivitas fisik untuk terus bergerak. Seseorang yang jarang berolahraga sangat memungkinkan untuk merasa lelah apabila melakukan sedikit saja aktivitas fisik.

Dengan rutin berolahraga, tentu akan membuat tubuh mendapatkan oksigen serta nutrisi yang diperlukan secukupnya. Akibatnya semua jaringan tubuh yang ada pun bekerja secara maksimal untuk membentuk sistem kardiovaskuler. Dengan adanya hal ini pun dapat meningkatkan stamina tubuh menjadi lebih sehat. Namun imbangi pula dengan konsumsi makanan sehat.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi siapapun yang ingin mendapatkan kualitas tidur terbaik dapat diterapkan dengan olahraga rutin. Biasanya bila melakukan aktivitas olahraga yang cukup berat dan rutin membuat seseorang merasa lebih capek sehingga tertidur lebih cepat. Maka dari itu olahraga juga menjadi salah satu cara atau pilihan terbaik bagi penderita insomnia.

Tetapi ada sejumlah catatan yang perlu diperhatikan apabila ingin menerapkan tips yang satu ini. Yaitu jangan sampai berolahraga berdekatan dengan waktu akan tidur. Saat tubuh masih terasa panas mata pun sedikit sulit untuk.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Alasan penting berolahraga secara rutin terakhir adalah untuk menurunkan tekanan darah sesuai dengan penelitian oleh WHO. Contohnya saja apabila melakukan olahraga aerobik sangat membantu bagi siapapun yang memiliki tekanan darah tinggi. Karena olahraga yang satu ini bersifat pengulangan dan dalam tempo yang tetap.

Tidak hanya itu, bisa pula melatih sejumlah anggota tubuh mulai dari otot lengan serta bahu. Selain itu olahraga jenis aerobik ini juga bisa dilakukan dalam berbagai macam variasi. Misalnya saja dapat dengan rutin melakukan olahraga berupa renang jogging atau jalan santai serta Zumba.

Itulah berbagai alasan penting berolahraga. Setiap aktivitas fisik yang dilakukan tentu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu, mulailah membiasakan pola hidup dengan olahraga sebagai suatu kebutuhan.