Syarat Makanan Sehat Yang Harus Anda Konsumsi

  • 2 min read
  • Jan 17, 2016
syarat makanan sehat

Syarat Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu hal yang harus Anda lakukan guna menjaga kesehatan tubuh. Selektif dan hati-hati dalam memilih jenis makanan adalah kunci utama gaya hidup sehat. Perlu Anda ketahui bahwa makanan termasuk salah satu faktor yang akan memberikan efek jangka pendek dan jangka panjang terhadap kesehatan. Tidak semua makanan baik untuk tubuh sehingga dalam hal ini Anda perlu mengetahui kriteria dan syarat makanan sehat yang boleh masuk ke dalam tubuh.

Pada zaman modern seperti saat ini, banyak jenis makanan yang memiliki tampilan menarik sehingga membuat Anda memiliki hasrat tinggi untuk mencicipinya. Namun mayoritas orang tidak menyadari, apabila tampilan menarik makanan tidak menjamin bahwa makanan tersebut baik untuk tubuh. Tidak sedikit sajian makanan yang justru membahayakan kesehatan karena mengandung lemak ataupun zat berbahaya lainnya. Dalam hal ini memerlukan kehati-hatian dan jangan hanya mengutamakan cita rasa saja. Anda juga perlu memperhatikan dampak dan manfaat dari setiap mengonsumsi makanan.

Panduan Mengenai Syarat Makanan Sehat

Nah, berikut ini panduan mengenai syarat makanan sehat yang perlu anda ketahui. Berbicara makanan sehat tentunya identik dengan makanan yang bergizi dan higienis. Mengapa tubuh memerlukan makanan sehat ? Dalam menjalankan fungsinya, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang. Sumber nutrisi tersebut tidak sepenuhnya tubuh mampu menghasilkannya, melainkan berasal juga dari mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Jenis makanan yang kita konsumsi tentunya akan menentukan kualitas hidup dan kesehatan tubuh. Lalu apa saja syarat makanan sehat? Simak Penjelasan berikut ini.

  1. Mengandung Karbohidrat Baik

Karbohidrat merupakan zat yang tubuh memerlukannya untuk menghasilkan energi. Namun jenis karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tentunya harus karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini bertujuan supaya tidak meningkatkan kadar gula darah. Asupan karbohidrat yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan dan berisiko terhadap penyakit diabetes dan obesitas. Biasanya para ahli gizi menyarankan untuk memilih jenis karbohidrat seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan.

  1. Protein

Aneka jenis makanan yang mengandung protein disarankan untuk dikonsumsi karena diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi konsumsi makanan yang mengandung protein sebaiknya jangan berlebihan dan hindari makanan yang berlemak. Protein bisa diperoleh dari telur, daging, ikan dan kacang-kacangan.

  1. Serat

Makanan berserat seperti buah dan sayur sangat dianjurkan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kurangnya asupan makanan berserat berisiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

  1. Omega-3

Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh, mencegah terjadinya peradangan dan memelihara kesehatan jantung. Nah, untuk Omega-3 kita bisa memperolehnya dari ikan salmon, tuna, makarel dan sarden.

  1. Kalsium

Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan asupan kalsium beresiko terhadap penyakit osteoporosis. Kita bisa memperoleh kalsium dari mengonsumsi makanan seperti sayuran, susu dan biji-bijian.

  1. Bebas Lemak Trans

Hindari jenis makanan yang mengandung lemak trans karena bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan seperti penyakit jantung.