5 Jenis Obat Tradisional Kutu Air | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Okt 27, 2015
Obat Tradisional Kutu Air
Spread the love

5 Jenis Obat Tradisional Kutu Air

Anda pernah terkena kutu air? Kondisi ini pasti bisa menyebabkan rasa gatal di bagian ujung jari kaki. Pada dasarnya penyakit kutu air ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan cara tradisional. Meskipun saat ini obat kutu air banyak beredar di toko-toko dan pasar, namun memanfaatkan bahan alami lebih efektif untuk mengatasi kutu air. Dan juga karena bahan alami kutu air ini terdapat di sekitar kita, sehingga memudahkan kita mendapatkannya.

Kutu air menyerang bagian tertentu terutama kaki. Kutu air menimbulkan rasa gatal sehingga akan membuat tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab kutu air yaitu jamur trichophyton rubum. Biasanya jamur ini menginfeksi sela-sela kaki, kuku dan bisa juga menginfeksi kulit kepala. Namun yang paling umum terjadi yaitu disela-sela jari kaki.

Tanpa penganganan yang tepat, kutu air tentunya bisa sangat berisiko menyebar ke bagian lain dengan kondisi yang lebih parah.

Berikut Ini Beberapa Jenis Obat Tradisional Untuk Mengatasi Kutu Air

  1. Air Garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang terkenal sebagai obat tradisional, terutama dalam hal menghilangkan jamur dan bakteri. Air garam bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutu air sebab garam memiliki sifat antibakteri dan jamur. Sediakan air garam pada wadah yang berukuran cukup besar, kemudian rendam kaki selama beberapa menit secara rutin. Cara ini dinilai ampuh untuk membunuh jamur dan menghilangkan kutu air disela-sela jari kaki.

  1. Minyak Kelapa

Ramuan selanjutnya yaitu menggunakan minyak kelapa. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa secara merata pada bagian kaki yang terkena kutu air. Diamkan beberapa menit setelah itu baru dibilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini minimal 3 kali sehari untuk menghilangkan kutu air. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa terbukti ampuh sebagai zat anti jamur untuk membunuh jamur penyebab kutu air.

  1. Air Cuka

Sama halnya seperti garam, air cuka mampu menghilangkan jamur dan bakteri. Campurkan air cuka dengan air hangat kemudian rendam kaki Anda yang terkena kutu air. Lakukan secara rutin hingga benar-benar sembuh.

  1. Teh

Kandungan asam tanic dalam teh memiliki kegunaan untuk membunuh jamur penyebab kutu air. Ramuan ini juga bermanfaat menghilangkan rasa gatal akibat kutu air. Sediakan wadah yang berisi air teh hangat kemudian rendam selama kurang lebih 5 menit dan lakukan secara rutin.

  1. Tembakau

Perlu diketahui bahwa tembakau memiliki sifat anti jamur dan bakteri untuk menghilangkan jamur penyebab kutu air di kaki. Cobalah untuk merendam kaki menggunakan air tembakau. Lakukan secara rutin sehingga jamur penyebab kutu air akan benar-benar hilang.