Memiliki buah hati adalah idaman semua pasangan suami istri. Kehamilan merupakan berita yang sangat ingin didengar oleh orang-orang maupun pasangan itu sendiri setelah mereka menikah. Pada kenyataannya, tidak semua pasangan dapat dengan mudah mendapatkan buah hati. Banyak pasangan yang baru menikah atau bahkan yang sudah lama menikah tetapi belum dikaruniai anak. Hal ini tentu selalu membayangi kebidupan Anda dan pasangan Anda terlebih lagi juka banyak yang menanyakan pasal anak. Anda mungkin sudah melakukan segala usaha agar segera dikaruniai anak tetapi usaha itu tetap tidak kunjung membuahkan hasil.

Cara Cepat Hamil Menurut Dokter

Bertanya kepada ahlinya atau dokter sangat bisa menjadi referensi Anda dan pasangan untuk melakukan program kehamilan selanjutnya. Bertanya pada dokter yang tepat sesuai dengan bidangnya akan membuat Anda nyaman dan merasa bersemangat lagi. Lalu apa saja yang disarankan dokter agar cepat hamil? Berikut cara cepat hamil menurut dokter yang telah kami rangkum.

  1. Periksalah Kesehatan Kedua Pihak Pasangan

Pemeriksaan kesehatan menjadi hal penting yang harus dilakukan bukan hanya oleh salah satu pihak tetapi juga oleh kedua pihak pasangan. Mengapa hal ini sangat penting dilakukan? Karena jika salah satu dari Anda memiliki masalah kesehatan, maka itu mungkin jadi faktor yang menyebabkan Anda dan pasangan belum memiliki keturunan. Maka dari itu pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan sejak awal. Pemeriksaan kesehatan dapat meliputi pemeriksaan mengenai reproduksi, kesuburan kedua pihak pasangan, dan lain-lain.

  1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat dianjurkan untuk kalian yang ingin segera mempercepat prosea kehamilan. Pola hidup yang sehat dapat diawali dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin C dan asam folat. Anda juga bisa mengkonsumsi susu khusus untuk persiapan kehamilan untuk menambah asam folat. Anda juga sangat diperbolehkan untuk mengkonsumsi protein hewani seperti daging, telur, dan ikan untuk menambah asupan protein. Selain makanan, olahragajuga menjadi hal yang tidak dapat dilewatkan. Olahraga yang rutin dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan produksi sel sperma dan sel telur. Hindari oengkonsumsian alkohol, rokok, dan obat-obatan karena hal ini dapat mengurangi sebanyak 50% potensi kehamilan.

  1. Konsumsi Suplemen Dan Vitamin

Mulailah mengkomsumsi suplemen dan vitamin seperti vitamin C, D, dan E untuk meningkatkan kesuburan pada kedua pihak pasangan. Vitamin C dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, sementara vitamin C yang dibutuhkan oleh wanita sebanyak 1000mg. Asam folat juga dibutuhkan untuk pembentukan otak dan janin nantinya.

  1. Ketahui Masa Subur
Baca Juga:  Tips Ibu Hamil Muda: Menjaga Kehamilan Guna Menghindari Resiko Keguguran

Hubungan yang dilakukan pada masa subur akan lebih mempercepat terjadinya kehamilan. Anda bisa mengukur masa subur Anda sendiri dengan menandainya di kalender atau menggunakan alat tes kesuburan. Pada umumnya masa subur pada wanita terjadi pada hari ke-14 pasca menstruasi. Pada saat itu ovarium mulai melepaskan sel telur (ovum) yang akan berjalan ke tuba falopi. Sel telur akan bertahan di tuba falopi selama 24 jam untuk menunggu sperma membuahinya. Jika sperma tidak datang dalam 24 jam maka ia akan hancur dengan sendirinya. Jika sel telur telah dibuahi oleh sperma, ia akan menuju ke rahim dan menempel padanya. Sedangkan sperma akan bertahan selama 48-72 jam dalam uterus. Ada baiknya jika Anda melakukan hubungan seksual pada saat sebelum masa subur, karena ketika sel telur keluar maka sperma akan sudah siap untuk membuahi.

  1. Posisi Yang Tepat Ketika Berhubungan

Dalam melakukan hubungan seksual memang tidak ada batasnya dan tidak ada yang dilarang. Namun, ternyata posisi yang tepat dapat mempercepat proses kehamilan. Cara cepat hamil menurut dokter adalah ketika pasangan memperhatikan posisi mereka ketika berhubungan. Posisi yang paling baik adalah posisi dimana pria berada diatas tubuh wanita. Simpanlah bantal pada pinggul wanita agar mulut rahim terendam oleh cairan sperma. Jika sudah selesai berhubungan, ada baiknya jika wanita tetap dalam keadaan berbaring agar cairan sperma tidak menetes kembali.

  1. Nikmati Proses Berhubungan

Banyak pasangan yang terburu-buru melakukan kegiatan seksual karena mereka ingin cepat mendapatkan keturunan. Hal itu adalah salah, selain membuat organ reproduksi wanita sakit, juga masa orgasme dan klimaks masing-masing tidak akan didapatkan. jika sudah seperti itu hubungan akan terasa hambar, dan mengurangi kesempatan sperma mencapat sel telur. Nikmatilah prosesnya agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

  1. Frekuensi Yang Tepat Dalam Berhubungan

Kebanyakan pasangan akan beranggapan semakin sering mereka berhubungan seksual maka semakin cepat mereka mendapatkan keturunan. Ini tidak benar, hubungan yang dilakukan tanpa memperhatikan masa subuh hanya akan berakhir sia-sia. Maka dari itu atur frekuensi hubungan seksual dengan baik. Karena masa subur terjadi pada hari ke-14 setelah menstruasi, sebaiknya hubungan dilakukam dua minggu sekali yaitu 1 atau 2 hari sebelum masa subur agar kualitas dan kuantitas sel telur dan sperma baik.

  1. Penggunan Pembersih Kewanitaan
Baca Juga:  Pijat Ibu Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

Banyak wanita yang menggunakan cairan pembersih kewanitaan untuk menjaganya tetap bersih dan harum. Tetapi jangan sekali-kali Anda menggunakannya ketika selesai berhubungan. Hal ini hanya akan menjadi racun untuk sperma yang telah masuk bahkan membunuhnya lalu hubungan seksual Anda hanya akan sia-sia saja.

  1. Hindari Masalah Kesuburan (Infertilitas)

Masalah kesuburan dapat menyebabkan gangguan pada sperma dan juga pada reproduksi kewanitaan. Hal ini akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Masalah ini kemungkinan terjadi 45% pada pria, 45% pada wanita dan 30% pada keduanya.

  1. Faktor Penghambat

Ada beberapa faktor penghambat yang biasa ada baik pada wanita atau pria. Seperti pemakaian celana yang ketat pada pria yang hanya akan mengakibatkan testis tertekan dan panas yang akan menyebabkan kualitas sperma terganggu. Wanita yang mengkonsumsi obat diet yang berlebih hanya akan menyebabkan sel telur terganggu. Penjagaan berat badan pada pria maupun wanita juga penting karena jika memiliki berat badan yang kurang atau lebih maka akan menyebabkan kesulitan mendapatkan anak.

  1. Tetap Tenang Dan Jangan Stres

Jika Anda sering merasa stres dan tidak tenang baik itu karena pekerjaan atau pikiran Anda tentang sulitnya mendapatkan keturunan, bisa jadi penyebab Anda sukit berketurunan adalah itu. Pada pria, stres hanya akan mengurangi kualitas sperma dan pada wanita akan menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Maka dari itu tetap fokus pada program kehamilan yang tengah Anda jalani dan jangan berfikir terlalu berat agar tetap rileks.

Itulah beberapa tips cara cepat hamil menurut dokter yang tidak ada salahnya untuk Anda coba. Selain tips diatas, Anda juga jangan lupa untuk berdoa dan berpasrah diri pada Tuhan setelah semua usaha yang Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Selalu berusaha untuk mendapat apa yang Anda mau dan yang perlu diingat adalah jangan terlalu mementingkan omongan oranh lain yang hanya akan membuat Anda semakin berputus asa. Selamat mencoba!