Tips Sederhana untuk Dapatkan Gigi Putih Bersih dan Sehat

  • 5 min read
  • Mei 02, 2020
Agar Gigi Putih Bersih dan Sehat

Agar Gigi Putih Bersih dan Sehat

Sahabat solusi sehatku. Mempunyai gigi yang putih bersih tentu saja akan memberikan rasa percaya diri tinggi. Kamu bisa banyangkan, apa jadinya jika kamu memiliki gigi kuning? Tentu saja untuk bicara sudah tidak percaya diri. Oleh karena itu, merawat gigi merupakan satu hal yang penting. Bahkan agar gigi putih juga dapat dilakukan dengan mudah dan murah.

Untuk membuat gigi menjadi putih sendiri memang dapat dilakukan di rumah sendiri menggunakan beberapa bahan yang ada di rumah. Lalu bagaimana cara untuk memutihkan gigi itu sendiri? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukannya secara mudah dan tidak perlu mahal. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Agar Gigi Putih Dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan kue yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Karena baking soda ini mempunyai khasiat pemutih alami. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak produk pasta gigi yang menggunakan bahan baking soda untuk salah satu bahan utamanya.

Bahkan beberapa studi juga sudah membuktikan kemampuan dari pasta gigi dengan baking soda tersebut untuk membantu memutihkan gigi.

Pasta gigi yang mengandung baking soda tersebut memang dianggap lebih efektif untuk mengangkat noda kuning yang ada pada gigi, dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak menggunakan bahan tersebut.

Baking soda ini sendiri sudah sejak dulu dipercaya dapat membantu mengangkat noda yang ada pada permukaan gigi. Selain itu bahan ini juga dapat menciptakan lingkungan alkali di dalam mulut kamu. Sehingga nantinya bakteri tidak akan tumbuh.

Yang perlu diingat adalah, dalam memutihkan gigi menggunakan baking soda ini membutuhkan waktu, dalam artian tidak bisa secara instan. Tetapi cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang mudah untuk memutihkan gigi.

Namun perlu diingat, jangan sampai menggunakan baking soda tersebut terlalu sering. Karena nantinya bisa merusak enamel dari gigi.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Kemudian kamu dapat menggunakan cuka sari apel, dimana cara agar gigi putih satu ini juga terbukti cukup amuh untuk membunuh bakteri. Sifatnya yang anti bakteri tersebut berguna ntuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi.

Tak hanya itu saja, cuka sari apel dapat membuat permukaan pada gigi menjadi lembut. Bahkan sudah sejak dulu cuka sari apel ini digunakan sebagai bahan pembersih alami dan juga desinfektan.

Tetapi sama seperti baking soda, dimana cuka sari ape juga dapat mengikis enamel pada gigi, jadi gunakan seperlunya saja.

  1. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Rutin mengonsumsi buah serta sayuran juga tak hanya akan membuat badan menjadi sehat, karena nantinya juga akan bemanfaat untuk gigi kamu.

Meskipun buah dan juga sayur tak dapat dijadikan sebagai pengganti bahan untuk sikat gigi, tetapi makanan sehat tersebut dapat membant menghilangkan plak ketika kamu mengunyahnya. Jadi nantinya noda kuning yang ada pada gigi akan dapat terangkat.

Namun ada beberapa jenis buah yang perlu kamu hindari karena dapat meninggalkan noda pada gigi. Misalnya saja blueberry, kemudian bit, blackberry dan yang lainnya.

Sedangkan untuk beberpa buah yang dapat membantu mengangkat noda di gigi kamu adalah strawberry dan juga nanas.

  1. Kurangi Konsumsi Gula

Jika memang kamu ingin gigi kamu menjadi lebih putih, sebaiknya kurangi konsumsi gula mulai dari sekarang. Mengapa? Karena gula dapat membantu pertumbuhan dari bakteri yang bernama Streptcoccus yang dapat menimbulkan plak dan juga radang gusi.

Oleh karena itu kamu harus mengurangi konsumsi gula. Paling tidak jika ingin menkonsumsi makanan yang mengandung gula, kamu harus menyikat gigi seelah selesai makan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tumbuhnya bakteri Streptococcus tersebut.

Beberapa minuman seperti kopi, anggur merah sampai dengan soda memang dapat menodai gigi kamu. Namun bukan berarti harus dihindari. Kamu hanya perlu mengurangi konsumsi beberapa minuman tersebut.

Selain itu segera sikat gigi setelah kamu minum minuman tersebut agar noda nantinya tidak menempel pada gigi. Jadi cara ini dapat dilakukan agar gigi putih dan terawat.

  1. Perbanyak Konsumsi Kalsium

Kalsium sudah dikenal untuk membantu memperkuat enamel pada gigi. Jika enamel tersebut tidak terjaga dengan baik, tentu saja gigi dapat ternoda dengan mudah.

Oleh karena itu kamu harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi, seperti brokoli sampai dengan susu.

Dengan demikian tentu saja nantinya kebutuhan asupan kalsium dapat terjaga dengan baik dan kesehatan gigi juga terjamin.

  1. Berhenti Merokok

Cara agar gigi putih selanjutnya adalah berhenti merokok. Merokok pada dasarnya dapat merusak paru – paru dan juga organ tubuh yang lainnya. Bahkan tak hanya itu saja merokok juga dapat membuat gigi menjadi kuning, sehingga akan terlihat kurang menarik.

Terlebih noda yang ditimbulkan tembakau tersebut dikenal dapat menembus permukaan enamel gigi. Bahkan noda tembakau juga sulit untuk dihilangkan, bahkan dengan digosok sekalipun.

Jadi memang pada dasarnya merokok itu tidak baik dan tidak ada manfaatnya, sehingga sebaiknya dihindari agar kesehatan terjamin dan gigi juga tetap terjaga tetap putih bersih dan sehat.

  1. Sikat Gigi Setelah Konsumsi Cemilan

Menkonsumsi cemilan memang menjadi satu hal yang banyak dan sering dilakukan oleh masyarakat untuk mengisi waktu senggang. Biasanya dilakkan saat main game ataupun menonton film.

Sebenarnya hal ini boleh – boleh saja dan tidak perlu dihindari. Yang terpenting adalah segera sikat gigi kamu setelah menkonsumsi makanan kecil atau cemilan. Pastikan juga jika menyikat gigi dilakukan sebagai kebiasaan sehari – hari.

Salah satu strategi yang mudah dan juga sederhana sebagai cara untuk memutihkan gigi kuning adalah membiasakan diri untuk menyikat gigi setelah makan.

Kemudian kamu juga perlu membersihkan mulut menggunakan obat antiseptik. Hal ini sangat bagus untuk merawat kesehatan mulut dan juga gigi kamu.

  1. Menggosok Gigi Dengan Sikat Gigi Elektrik

Menggosok gigi menggunakan sikat gigi elektrik dipercaya lebih mampu mengangkat noda dan juga menjadi salah satu cara agar gigi putih secara maksimal.

Karena sikat gigi elektrik sendiri mempunyai pergerakan yang dapat membantu menghancurkan plak pada gigi kamu. Dimana plak tersebut dapat mempercepat proses dari penodaan gigi.

Oleh karena dengan menggunakan sikat gigi elektrik, nantinya kamu dapat menghancurkan plak itu sendiri. Sehingga natinya kamu dapat menghindari gigi menjadi kuning.

  1. Konsumsi Keju

Kamu juga dapat mencoba untuk menkonsumsi keju, hal ini menjadi salah satu cara yang lain untuk membantu membersihkan dan juga memutihkan gigi. Hal tersebut karena keju ini mengandung mineral alami yang dapat membantu untuk memperkuat enamel gigi itu sendiri.

Bahkan tak hanya itu saja, keju ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan sangat berguna untuk gigi. Namun yang perlu diingat adalah, keju yang bagus untuk gigi sendiri adalah keju putih. Bukan sepertikeju yang lembut, misalnya keju bri ataupun keju biru.

  1. Menggunakan Siwak

Untuk membuat agar gigi putih, kamu juga dapat menggunakan siwak. Sudah sejak dulu siwak ini dikenal sebagai obat herbal untuk membantu menjaga kesehatan mulut kamu.

Siwak ini juga dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan dari bakteri, kemudian mengikis plak, mencegah gigi berlubang sampai dengan memutihkan gigi. Bahkan sejak zaman nabi sudah menggunakan siwak ini.

Untuk cara yang dapat kamu lakukan adalah mengoleskan batang siwak yang bersih dan sudah ditumbuk halus pada gigi secara merata. Kemudian bisa juga dengan mencampurnya menggunakan air sampai berbentuk pasta.

Selain itu bisa juga menggunakannya sebagai sebuah pasta gigi. Jadi nantinya akan jauh lebih praktis. Untuk kamu yang mungkin ingin lebih praktis lagi, sekarang banyak pasta gigi yang menggunakan siwak sebagai bahan utamanya, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi tersebut.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan gigi. Karena zat pektin yang ada pada kulit jeruk serta minyak atsirinya berguna untuk memutihkan gigi secara alami.

Bahkan tak hanya memutihkan gigi saja, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut, terutama gigi kamu.

Caranya cuku dengan mengeringkan kulit jeruk dan tumbuk sampai halus. Seelah itu campurkan menggunakan air sampai berbenuk pasta dan gunakan sebagai pasta gigi alami.

Jadi sahabat solusi sehatku, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar gigi putih bersih dan sehat. Beberapa cara dan bahan alami tersebut dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan kamu dapat melakukan beberapa cara tersebut di rumah sendiri tanpa harus keluar biaya mahal.