Yuk Kenali Kondisi Kesehatan Lidah Anda!

Tidak mengherankan jika kita pergi ke dokter saat sakit pasti yang pertama kali diperiksa adalah liah dan mata. Hal ini karena kesehatan lidah bisa menggambarkan kesehatan Anda secara menyeluruh. Dokter bisa mendeteksi jenis penyakit yang terdapat pada tubuh melalui kondisi lidah.

Lidah sehat tentunya menggambarkan bahwa kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Lidah tidak sekedar hanya untuk mengecap rasa makanan saja. Namun terlepas dari hal tersebut ternyata lidah juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendeteksi dan penanda gejala/kondisi fisik.

Dengan melihat kondisi lidah maka bisa diketahui kondisi kesehatan Anda secara alami. Lidah yang sehat tentunya cerminan bahwa tubuh Anda juga dalam keadaan sehat serta terbebas dari berbagai penyakit yang berbahaya. Lalu apa saja ciri dan kondisi lidah yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh?

Putih Seperti Krim

Salah satu kondisi lidah yaitu putih seperti krim. Nah, hal ini manandakan bahwa ada infeksi jamur pada lidah atau mulut Anda. Kondisi tersebut identik terjadi pada orang tua dan bayi atau dengan kata lain orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Pertumbuhan jamur tersebut dipicu oleh obesitas, pemakaian obat kontrasepsi ataupun gangguan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Bahkan orang yang memiliki penyakit diabetes beresiko mengalami gangguan lidah ini.

Cerah Kemerahan

Pada dasarnya lidah orang normal dan sehat berwarna pink. Apabila lidah Anda berwarna merah cerah maka bisa menjadi salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan seperti demam berdarah dan anemia. Lidah yang berwarna merah adalah tanda kekurangan vitamin B12 untuk pembentukan sel-sel darah merah.

Kondisi anemia biasanya akan menyebabkan Anda merasa kelelahan. Maka dari itu untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau zat besi untuk mendukung produksi sel-sel darah merah.

Lidah Halus

Lidah merah memiliki rambut seperti struktur kecilĀ  atau papilla dipermukaanya sehingga cenderung kasar. Nah, jika lidah Anda halus tanpa ada kasar-kasarnya maka bisa dikatakan tidak normal. Lidah halus yang disertai rasa sakit menjadi indikasi bahwa Anda kekurangan asupan makanan yang bergizi.

Lidah Berwarna Ungu

Warna lidah ungu mengindikasikan bahwa sirkulasi darah tidak lancar dan terhambat. Hal ini bisa berkaitan dengan penyakit kardiovaskuler atau akibat penumpukan kolesterol yang mengahmbat sirkulasi darah.

Lidah Hitam dan Berbulu

Kondisi lidah hitam disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok dan tidak memperhatikan kebersihan mulut. Hal ini cukup normal dan yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan mulut dengan baik dan benar.

Kekuning-kuningan

Lidah yang terlihat kekuning-kuningan adalah salah satu tanda bahwa panas tubuh Anda tidak stabil sehingga hal ini perlu diseimbangkan dengan cara tradisional maupun pengobatan medis.

Luka Pada Lidah

Luka kecil pada lidah biasanya muncul secara tiba-tiba bahkan tiak diketahui penyebabnya. Kondisi tersebut tak jarang mengindikasikan akan timbulnya gejala sariawan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Selain itu perbanyak minum air putih.

Benjolan Menyakitkan

Kondisi selanjutnya yaitu terdapat benjolan menyakitkan pada lidah. Hal ini awalnya tidak berbahaya, namun jika berkembang semakin parah maka bisa beresiko terhadap kanker mulut. Oleh karen itu penting sekali untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan lidah guna menghindari berbagai resiko penyakit pada mulut.

Demikian beberapa kondisi lidah yang menjadi penanda kesehatan Anda. Biasakan untuk menjaga kebersihan mulut supaya lidah dalam keadaan sehat selalu. Selain itu perbanyak asupan makanan yang bergizi dalam menunjang tubuh yang sehat.

Related Posts

Share This