Yuk Kenali Ciri-ciri ADHD Pada Anak!

ADHD pada anak. Bagi Anda yang memiliki anak yang masih berusia di atas 4 tahun, apakah si kecil terlihat jauh lebih aktif jika di bandingkan dengan anak-anak seusianya? Dan apakah keaktifan yang ditunjukkan si kecil disertai dengan kesulitan dalam fokus?

Bergerak dengan sangat aktif di usia balita memang merupakan stau hal yang normal. Bahkan sulitnya fokus pada anak merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi, jika kedua hal tersebut terlihat sangat berlebihan, maka Anda harus mewaspadainya. Bisa saja si kecil terkena ADHD pada anak, atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Anak ADHD sangat sulit untuk di deteksi, apalagi jika si kecil masih berusia di bawah 4 tahun, karena umumnya anak-anak di usia tersebut masih sangat aktif juga sangat ekerjik. Nah, guna memastikan apakah si kecil mengalami ADHD atau tidak, maka Anda harus benar-benar memahami ciri-ciri anak ADHD atau anak hiperaktif, yaitu sebagai berikut:

  1. Si kecil akan terlihat lebih banyak melamun, sehingga mereka akan kurang fokus dengan apa yang kita katakan kepada mereka.
  2. Ketika tengah mengerjakan suatu hal. Misalkan si kecil tengah menggambar atau bahkan mewarnai, maka umumnya anak hiperaktif tidak akan pernah bisa fokus pada hal yang ia kerjakan dalam waktu yang lama. Umumnya mereka akan sangat mudah terdistraksi serta meninggalkan pekerjaannya begitu saja.
  3. Ciri lain yang di tunjukkan anak ADHD yaitu mereka tidak pernah mau mengikuti intruksi yang diberikan dengan benar. Umumnya mereka lebih cenderung cuek dan kerap kali membuat peraturan sendiri.
  4. Selain tidak patuh terhadap peraturan, anak-anak yang menderita ADHD juga terlihat disorganized.
  5. Bukan hanya itu, mereka juga cenderung memiliki masalah dalam ingatan atau pelupa. Dan akibatnya, anak ADHD sering kehilangan barang-barang yang mereka miliki.
  6. Ciri lain anak ADHD yaitu yang masih berhubungan dengan ketidak fokusan yaitu mereka cenderung sulit untuk memahami informasi secara cepat juga akurat.

Itulah ciri atau tanda-tanda anak yang menderita ADHD. Sedangkan tanda-tanda yang masih berhubungan dengan hiperaktifitas yang memang ditunjukkan oleh anak-anak penderita ADHD yaitu:

  1. Anak akan banyak bicara. Balita memang banyak bicara, dan itu merupakan hal yang wajar. Namun jika mereka bicara tidaa henti, apakah itu masih normal?
  2. Bukan hanya itu, mereka juga cenderung tidak bisa melakukan aktivitas dalam diam. Mereka cenderung akan terus berbuat gaduh, terutama ketika bermain.
  3. Bukan hanya itu, anak-anak juga cenderung suka berlarian bahkan memanjat walaupun dia berada di tempat yang seharusnya dia tidak melakukan hal tersebut.
  4. Bukan hanya kemampuan fokus yang rendah, anak-anak yang menderita ADHD juga kerap kali menunjukkan tindakan impulsif yang sering.

Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan ciri-ciri anak ADHD yang harus dan wajib Anda ketahui.

Related Posts

Share This