Yuk Intip Perkembangan Janin di Kehamilan 35 Minggu

Kehamilan 35 minggu memasuki perkembangan janin yang semakin mendekati sempurna. Tubuhnya kini semakin adaptif terhadap lingkungan sekitar dan semakin berusaha mandiri. Perkembangan sistem pencernaan, sirkulasi darah, pernafasan dan organ-organ lainnya mendekati sempurna.

Pada bagian sistem pencernaan, ekskresi akan dibentuk serta disimpan dibagian dalam usus dalam bentuk meconium. Nah, proses ekskresi tersebut menunjukan tubuh yang sudah mampu menjalankan sistem metabolisme tubuhnya secara mandiri.

Pada usia kehamilan 35 minggu, organ pankreas sudah berfungsi dengan baik. Kini hormone insulin akan diekskresikan ke bagian dalam organ pencernaan sehingga membentuk dan mengolah glukosa menjadi energi.

Di 35 minggu kehamilan, sel darah merah sudah terbentuk secara mandiri oleh sumsum tulang belakang sehingga membuat sistem sirkulasi darah berfungsi dengan sangat baik. Dengan begitu maka aliran nutrisi ke seluruh tubuh akan sangat memungkinkan sehingga mendukung tumbuh kembang si kecil menuju sempurna.

Kini si kecil sudah menggunakan paru-parunya untuk menghirup air ketuban. Nah, dengan begitu maka si kecil akan mulai belajar untuk melatih gerakan menarik dan menghembuskan nafas. Hal ini sekaligus memasukan air ketuban untuk membantu perkembangan paru-paru.

Bahkan pada usia kehamilan minggu ini janin sudah berkembang dengan gerak refleksnya yang mulai dilakukan. Gerakan spontan mulai dilakukan oleh janin sebagai bentuk bahwa koordinasi saraf dan otaknya bekerja dengan baik.

Meskipun tulang sudah mulai mengeras, akan tetapi tulang kepala masih tetap lembut sehingga akan memudahkan pada waktu proses persalinan. Perkembangan janin di minggu ini sungguh luar biasa dan Anda pun akan dibuat semakin penasaran untuk menanti kelahirannya.

Ginjal si kecil juga pada minggu ini sudah mulai berkembang mendekati sempurna. Nah, hal ini seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa janin sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan sistem eksresi mengingat ginjal sudah mulai berkembang.

Perhatikan Asupan Nutrisi Pada Minggu Ke-35

Nah, pada minggu ke-35 ini sebaiknya Anda lebih memperhatikan asupan nutrisi sehingga tumbuh kembangnya semakin optimal menjelang persalinan. Salah satu nutrisi yang harus Anda cukupi pada usia kehamilan minggu ke-35 yaitu kebutuhan asam folat.

Nutrisi asam folat memiliki peranan yang sangat signifikan untuk tumbuh kembang janin. Fungsi asam folat yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan saraf janin sehingga mencegah janin cacat lahir. Dengan kata lain asam folat memiliki peranan dalam mencegah kalhiran secara prematur.

Kebutuhan asam folat yang harus Anda penuhi pada kehamilan minggu ini yaitu sekitar 600 hingga 800 mcg per harinya. Nah, nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sumber makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian maupun kacang-kacangan.

Beberapa jenis sayuran seperti kubis, brokoli, bayam dan lobak cina mengandung asam folat cukup tinggi. Sayuran yang berwarna hijau tua memang identik dengan tingginya kandungan asam folat. Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda untuk mencukupi kebutuhan tersebut guna menunjang tumbuh kembang si kecil.

Adapun kelompok buah-buahanĀ  yang tinggi kandungan asam folat yaitu melon, kiwi, anggur, mangga, lemon, stroberi dan jeruk. Selain itu, asam folat bisa Anda peroleh dari gandum dan produk olahan gandum seperti sereal gandum atau roti gandum.

Jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam folat yaitu kacang merah, kacang polong dan kacang hijau. Makanan-makanan tersebut tentunya sangat mudah untuk diperoleh dalam upaya untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan menjaga kesehatan Anda.

Nah, demikian beberapa hal yang sebainya Anda perhatikan dalam upaya untuk mendukung tumbuh kembang janin minggu ke-35. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This