Yoghurt Untuk Ibu Hamil, Inilah Manfaatnya!

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, salah satu diantaranya yaitu pola makan. Ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin. Ibu hamil di tuntut untuk lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari. Lalu bagaimana dengan mengkonsumsi yoghurt untuk ibu hamil? Apakah boleh?

Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu hasil fermentasi. Kandungan nutrisi yoghurt tentunya tidak perlu diragukan lagi. Salah satu manfaat yoghurt yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan karena mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus. Lalu apa manfaat yoghurt untuk ibu hamil?

Manfaat Yoghurt Bagi Ibu Hamil

Sebagian ibu hamil merasa ragu untuk mengkonsumsi yoghurt karena khawatir akan adanya kandungan alkohol sebab yoghurt diolah dengan cara fermentasi. Untuk menghilangkan rasa khawatir Anda, berikut penulis akan memberikan ulasan mengenai manfaat yoghurt bagi ibu hamil.

  1. Sumber probiotik

Manfaat yoghurt yang pertama yaitu sebagai probiotik alami untuk menjaga kesehatan pencernaan pada ibu hamil seperti sembelit. Konsumsilah yoghurt secara rutin dan teratur selama hamil untuk menunjang kesehatan Anda dan janin.

  1. Sumber kalsium

Yoghurt merupakan produk olahan susu sehingga yoghurt menjadi salah satu makanan dengan kandungan kalsium terbaik. Kalsium sangat diperlukan oleh ibu hamil dan janin. Manfaat kalsium bagi janin yaitu untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

  1. Melengkapi kebutuhan vitamin D

Untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium maka diperlukan asupan vitamin D yang mencukupi pada waktu hamil. Nah, dengan mengkonsumsi yoghurt maka sangat efektif untuk melengkapi kebutuhan vitamin D. Kekurangan vitamin D sangat beresiko terhadap kesehatan tulang. Bahkan hal ini bisa berdampak buruk terhadap ibu hamil dan janin.

  1. Memenuhi kebutuhan asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin. Asam folat berperan penting dalam proses pembentukan tabung saraf. Yoghurt memiliki kandungan folat dalam jumlah yang lumayan cukup tinggi. Dengan begitu makanan ini sangat disarankan bagi ibu hamil dalam mencegah cacat pada janin.

  1. Sumber protein

Kandungan protein pada yoghurt sangat tinggi. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber energi untuk mengatasi kelelahan pada waktu hamil. Dengan mengkonsumsi yoghurt maka sangat efektif untuk mencegah ibu hamil dari kelelahan dan kekurangan nutrisi selama menjalani masa kehamilan.

Nah, itulah manfaat yoghurt untuk ibu hamil. Yoghurt aman untuk dikonsumsi pada waktu hamil dengan catatan bahwa produk tersebut melalui proses pasteurisasi. Makanan yang diolah melalui proses pasteurisasi tentunya terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Apakah Anda masih khawatir untuk mengkonsumsi yoghurt pada waktu hamil? Anda tidak perlu takut karena produk yoghurt yang banyak dijual di pasaran sudah melalui tahap pasteurisasi sehingga aman untuk kehamilan. Namun dalam hal ini tetap saja Anda dituntut untuk lebih selektif.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517