Yoga Untuk Ibu Hamil

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa di lakukan oleh ibu hamil untuk melenturkan persendian, membuat pikiran tenang dan mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan.  Yoga untuk ibu hamil merupakan gerakan fisik atau suatu teknik gerakan yang disatukan dengan teknik pernapasan untuk merelaksasikan otot yang tegang serta pikiran yang tidak tenang selama kehamilan.

Gerakan peregangan yang di lakukan pada waktu yoga akan mengurangi rasa nyeri yang terasa pada persendian tertentu yang di rasakan ibu hamil. Selain itu, gerakan meditasi dalam yoga akan membantu ibu hamil dalam mengatur dan mengendalikan emosinya. Yoga untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan yoga untuk wanita yang tidak hamil. Biasanya yoga untuk ibu hamil tidak akan ada gerakan melompat, kayang dan berputar. Yoga untuk ibu hamil itu lebih mengutamakan relaksasi otot dan pernapasan.

Yoga Untuk Ibu Hamil

Melakukan yoga secara teratur selama masa kehamilan selain akan membuat pikiran ibu hamil rileks dan membuat tubuh sehat, yoga juga akan membuat perkembangan janin menjadi lebih sehat serta akan membuat proses persalinan menjadi lancar.

Jenis yoga khusus untuk ibu hamil yaitu pre-natal yoga yang  di khususkan untuk melatih otot panggul dan otot rahim. Hal ini sangat bermanfaat untuk mempersiapkan ibu hamil menghadapi persalinan dan untuk membantu perkembangan janin.

Gerakan Yoga Untuk Ibu Hamil

  1. Meditasi (melatih pernapasan)

Ibu hamil duduk bersila di atas matras, posisi tangan berada di atas lutut pada masing-masing sisi. Atur napas perlahan-lahan dengan mengambil napas dalam-dalam dan tahan beberapa detik kemudian buang melalui mulut dengan perlahan. Ketika melatih pernapasan anda bisa menyelingi dengan gerakan mengangkat badan atau posisi badan dicondongkan ke depan dengan tumpuan tangan.

  1. Menguatkan otot punggung

Lakukan gerakan ini dengan posisi badan merangkak kemudian kepala di tarik ke arah dada atau menunduk sambil menahan napas dan lakukan posisi mundur masih dalam keadaan merangkak. Posisi kembali duduk dan hembuskan napas dengan perlahan-lahan. Gerakan selanjutnya, ambil posisi merangkak lagi dan angkat satu tangan kemudian tarik ke arah bahu yang berlawanan arah. Tangan diayunkan dan di ikuti dengan gerakan kepala. Gerakan lain untuk menguatkan otot punggung yaitu dengan menarik punggung ke atas dan kepala ditundukan ke arah dada kemudian rubah posisi ke posisi semula.

  1. Berjalan bolak-balik

Latihan berjalan bolak-balik akan membantu janin supaya tetap berada pada posisinya sebelum datangnya HPL. Dalam latihan ini ibu hamil berlatih berjalan serta berdiri dengan baik dan tidak boleh mencondongkan perut ke depan. Lakukan beberapa langkah bolak-balik untuk melatih supaya ibu hamil berjalan dengan posisi yang benar.

  1. Gerakan naik turun

Setelah melakukan beberapa gerakan di atas, lakukan kembali gerakan di atas matras dengan posisi kedua kaki dibuka sejajar dengan bahu. Posisi tangan di rentangkan ke depan dengan posisi telapak tangan berada di luar. Sedikit kempeskan perut serta atur napas dan siap ganti posisi jongkok. Berdiri kembali sambil menghembuskan napas. Gerakan ini berfungsi untuk membuat janin berada pada jalan lahir.

  1. Gerakan lain

Ambil posisi tidur terlentang dan luruskan kedua telapak tangan di sisi badan lalu lakukan gerakan memutar pada telapak kaki dan gerakan menarik ke depan dan kebelakang. Kemudian ganti posisi tubuh ke posisi miring dan kedua kaki di tekuk ke belakang. Anda dapat menggunakan siku untuk menopang kepala. Pejamkan mata supaya lebih rileks. Gerakan terakhir yang bisa di lakukan yaitu dengan melakukan pemijatan pada payudara yang bertujuan untuk merangsang ASI. Lakukan pemijatan ini dengan posisi duduk bersila dan gunakan minyak atau lotion untuk memijat.

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

  • Menguatkan otot, yoga merupakan salah satu olahraga ringan yang sangat bagus untuk memperkuat otot ibu hamil. Pada saat hamil akan terjadi perubahan pada ibu hamil dan membuat otot mereka menjadi lebih fleksibel sehingga berbahaya apabila terjadi ketegangan pada otot. Yoga adalah salah satu cara untuk menghilangkan keteganganpada otot.
  • Relaksasi, melakukan yoga pada waktu hamil akan membuat ibu hamil merasa lebih rileks dan terhindar dari stres sehingga perkembangan janin tidak akan terganggu.
  • Mengurangi rasa tidak nyaman, melakukan yoga akan meredakan rasa nyeri pada punggung dan pergelangan tangan. Selain itu yoga akan melancarkan sirkulasi darah, menjaga keseimbangan tubuh dan melenturkan otot-otot. Gerakan-gerakan pada yoga akan menghilangkan rasa tidak nyaman selama kehamilan.
  • Mempermudah dalam proses persalinan normal, ketika tubuh sehat maka akan membantu memudahkan dalam menghadapi proses persalinan. Latihan yoga di khususkan untuk melatih otot-otot kewanitaan sehingga menjadi lentur dan akan memberi kelancaran pada saat persalinan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517