Woww!! Wanita Ini ‘Memiliki’ 12.000 Batu Empedu

Minati Mondal (51), wanita yang berasal dari India ini mengalami kondisi yang sangat langka. Kareanya tim medis menemukan, ada sebanyak hampir 12.000 batu empedu yang memang ditemukan bersarang di dalam tubuhnya. Bahkan dokter yang menangani wanita tersebut sangat terkejut dengan kondisinya tersebut.

Awal mulanya, Minati hanya merasakan ada sedikit rasa sakit di bagian perut bahkan ia sempat mengalami asam lambung naik selama hampir dua bulan. Dan ketika itupun, ia dirawat di Rumah Sakit Debdoot Sevayan di Kolkata, Inida. Ketika ia tengah melakukan pemeriksaan dengan menggunakan scan, ternyata Minati dinyatakan menderita penyakit batu empedu yang lumayan parah keadaannya.

Dan hal yang lebih mengejutkan lagi, tim dokter menemukan ada sekitar 11.950 atau hampir sebanyak 12.000 batu empedu yang bersarang di dalam tubuh Minati ketika dokter menjalankan prosedur operasi. Ketika itu, Minati menjalankan prosedur operasi pengangkatan batu empedu selama satu jam dengan laparoskopi atau melalui lubang kunci, sehingga tim dokter tidak harus membuat sayatan yang besar untuk mengeluarkan batu empedu tersebut di bagian perutnya.

Ahli bedah sistem pencernaan dokter Makhan Lala Saha, sebelumnya juga sudah melakukan antisipasi yang baik jika saja jumlah batu empedu yang bersarang jumlahnya melebihi perkiraan. Bahkan ia menduga, bahwa batu empedu yang bersarang jumlahnya hanya 5000. Namun kenyataannya, jumlah batu empedu yang bersarang ternyata dua kali lipat lebih banyak dari apa yang diperkirakan. Saha juga mengaku terkejut dengan keadaan tersebut, apalagi ia mendapati jumlah batu empedu sebanyak itu yang berada di dalam tubuh manusia.

“Saya tidak pernah menyangka kandung empedu bisa mengandung begitu banyak batu. Butuh asisten saya membantu selama empat jam untuk menghitung jumlah batu yang besarnya antara 2mm sampai 5mm,” ungkap Saha, seperti di kutip dari health.kompas (02/12/2015).

Jumlah batu empedu yang bersarang di dalam tubuh wanita ini sangatlah banyak, bahkan bisa tercatat sebagai rekor baru dunia dengan kategori jumlah batu empedu terbanyak. Selain itu, Saha juga mengaku, bahwa sebelumnya ia pernah mengoperasi 1110 batu empedu yang berada di dalam tubuh seorang gadis. Bahkan di tahun 1983, seorang dokter yang berada di Inggris juga pernah mengangkat 3.110 batu empedu dari seorang pasien yang berasal dari Jerman.

Batu empedu ini nyatanya bisa terjadi karena pola makan yang memang tidak sehat, diantaranya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Dan umumnya terjadi pada mereka yang berada di usia di atas 40 tahun, yang memang dikarenakan lemak yang tertimbun sudah berjumlah banyak, bahkan fungsi dari kantong serta cairan empedu mulai menurun, dan itulah yang menyebabkan batu empedu menjadi menumpuk.

Related Posts

Share This