Woww! Pria Ini Bermain Gitar Ketika Menjalankan Operasi Tumor Otak

Umumnya, seseorang akan bermain gitar sambil bernyanyi, ketika keadaannya tengah bersantai. Akan tetapi, bagaimana jika aktivitas seperti ini dilakukan ketika kita tengah menjalankan operasi tumor otak? Dan itulah yang di lakukan oleh seorang pria yang memiliki nama lengkap Anthony Kulkamp Dias 33 tahun yang berasal dari Brazil.

Minggu lalu, Anthony menjalankan operasi di salah satu Rumah Sakit guna mengangkattumor yang ada di dalam otaknya, ia menjalankan operasi ini di Nossa Senhora de Conceicao Hospital di bagian selatan Santa Catarina. Hal ini dengan cepat di lakukan agar tim medis bisa menghindari adanya cedera di bagian otak yang memang mengontrol semua sistem indera, gerak, juga ucapan.

Dikutip dari health.detik.com, pria yang sudah mahir bermain gitar secara professional selama 20 tahun ini mengaku, “Awalnya saya menyanyikan lagu ciptaan saya berjudul Emanuel, kemudian saya melantunkan lagu milik The beatles. Bahkan tim medis meminta saya mengulang lagu kebangsaan negara saya.”

Anthony didiagnosis terkena penyakit tumor otak setelah 15 hari putranya di lahirkan. Dikarenakan saat itu ukuran dari tumor yang berada di dalam otak Anthony masih berukuran kecil, maka dokter serta tim medis memintanya untuk menjalankan proses operasi dengan menggunakan bius local, agar ketika menjalankan operasi Anthony tetap tersadar dan bisa bermain gitar yang ia letakkan di atas perutnya. Bahkan direktur klinis RS, Dr Jean Abreu Machado juga mengungkapkan, bahwa cara ini merupakan salah satu cara real time untuk tim medis memantau bagian otak pasien selama menjalankan proses operasi.

Dr Machado memaparkan, “sangat mengagumkan Anthony bisa melakukan itu. Meskipun, ada tantangan tersendiri pula bagi tim medis, terutama dokter anestesi sebab ia harus membuat pasien tetap sadar tapi dengan jaminan pasien tidak akan merasakan sakit. Hal ini dilakukan karena jaringan otak tidak memiliki sensor rasa sakit seperti kulit atau struktur jaringan di organ lainnya.”

Bahkan selama menjalankan produser operasi selama beberapa jam, jika diperhitungkan ada enam buah lagu yang dimainkan oleh Anthony dengan sangat ringan. Akan tetapi, pria yang bekerja di bank ini mengaku, bahwa dirinya sempat merasa lelah dan harus beristirahat sejenak, dikarenakan keadaan tangan kanannya yang merasakan lemas. Dan hal ini terjadi karena kebetulan dokter yang melakukan tindakan pada daerah otak sebelah kanan.

“Tapi saya bersyukur operasi bisa berjalan dengan lancar dan saya kini merasa jauh lebih baik. Menjalani operasi sambil bermain gitar benar-benar pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi saya,” ucap Anthony

Betapa menakjubkannya, bukan? Ketika seorang pria harus melakukan operasi pengangkatan tumor otak, namun ia masih bermain gitar. Apakah Anda bisa melakukan hal seperti ini?

Related Posts

Share This