Woow!! Ternyata Terapi Juga Bisa Dilakukan Dengan Mencuci Piring

Dalam sebuah study yang telah di lakukan oleh para peneliti, yang mana telah berhasil di terbitkan di jurnal Mindfulness, disebutkan bahwa telah di temukannya teknik terapi yang aman untuk mengatasi pikiran yang lelah, yaitu dengan mencuci piring.

Hal tersebut dikarenakan aroma wangi yang dikeluarkan oleh sabun untuk mencuci piring serta gerakan yang di lakukan secara berulang-ulang diyakini menjadi salah satu faktor yang penting guna membuat fikiran kita menjadi rileks, itu sebabnya mencuci piring di sebut mampu menjadi terapi untuk menenangkan fikiran.

Mindful dishwashing atau mencuci dengan menggunakan segenap perasaan kita terhadap aktivitas disebutkan oleh peneliti yang berasal dari Florida State University yaitu memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan kesejahteraan psikologis. Dan hal ini juga di buktikan olehnya dengan merekrut sebanyak 51 partisipan yang ssebagian besar berprofesinya sebagai mahasiswa yang rata-rata berusia 20 tahunan, dan ia melakukan eksperimen terhadap sejumlah orang tersebut.

Pada percobaan ini, ia membagi sejumlah mahasiswa tersebut menjadi dua kelompok. Dan setiap kelompok diminta untuk membaca sebanyak 230 kata yang mana pada bagian ini menekankan bagaimana mereka mampu merasakan kegiatan mencuci piring dengan menggunakan indranya, dan kelompok yang lainnya di minta untuk membaca sebanyak 230 kata yang mana menekankan teknik dari mencuci piring yang benar sebagai kontrolnya.

Namun sebelum kegiatan ini dimulai, peneliti mengukur terlebih dahulu sejumlah sifat positif juga sifat negative yang dimiliki setiap orang, tingkat dari kegelisahan diri, serta tingkat kesejahteraan psikologisnya yang dilihat secara umum.

Dan para mahasiswa dari kedua kelompok yang terlibat dengan penelitian ini kemudian mencuci piring bersih sebanyak 18 buah, dan setelah itu peneliti kembali mengukur kondisi psikologis para mahasiswa tersebut.

Dan hasilnya menunjukkan, bahwa kelompok mahasiswa yang mencuci piring dengan menggunakan perasaan atau mindful rata-rata melaporkan hasil dari pengukuran, bahwa tingkat kegelisahan mereka mencapai 27%. Bahkan inspirasi mental juga ikut terserang secara lebih setelah mereka selesai mencuci piring.

“Implikasi dari temuan ini luas dan menunjukkan bahwa mindfulness dan hal positif ini dapat dilatih dengan terlibat dalam berbagai aktivitas apa saja,” ungkap peneliti yang memang dikutip dari health.detik.com pada hari Kamis (1/10/2015).

Namun walaupun seperti itu, study yang dilakukan ini masih belum melakukan penelitian terhadap efek yang sama jika seseorang mencuci piring yang kotor. Dan kabarnya, penelitian ini akan segera di lakukan guna mengetahui lebih lanjut.

Mengejutkan, bukan? Ternyata untuk menghilangkan fikiran yang terasa lelah, bisa kita atasi hanya dengan mencuci piring bersih di rumah. Dan aktivitas yang selama ini kita anggap sepele, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Bukan hanya untuk kebersihan, namun mencuci piring juga merupakan hal yang memang bermanfaat banyak untuk diri kita sendiri, termasuk bisa kita jadikan sebagai terapi.

Related Posts

Share This