Woow!! Ternyata Susu Kecoa Bisa Menjadi Superfood di Masa Depan

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang tergolong sehat. Hal ini karena susu mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin, protein dan lainnya. Biasanya susu yang kita konsumsi sehari-hari berasal dari jenis hewan seperti sapi dan kambing, bahkan bisa juga berasal dari kedelai.

Namun, tahukah Anda jika baru-baru ini peneliti menemukan kecoa yang menghasilkan susu dengan kandungan nutrisi tinggi. Believe it or not?

Dari hampir 10 tahun yang lalu, peneliti telah menemukan bagian tengah dari saluran pencernaan hewan kecoa dengan jenis Diploptera punctate yang memiliki Kristal protein susu. Nah, jenis kecoa tersebut merupakan salah satu jenis kecoa vivivar yang bisa berkembang biak dengan melahirkan selain bertelur.

Jenis kecoa Diploptera punctate sama dengan mamalia pada umumnya yang harus menyusui anaknya. Kandungan susu tersebut ternyata mengandung Kristal-kristal protein yang bernutrisi tinggi. Diperkirakan dari tiap Kristal mengandung lebih dari 3 kali lebih banyak dari jumlah energy yang dihasilkan produk susu sapi pada umumnya.

Dalam hal ini para penel;iti mencari solusi untuk mendapatkan kebaikan darti susu kecoa tersebut. Dari hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Union of Crystallography  pada bulan juli, para peneliti mengungkap keberhasilannya dalam mengurutkan gen-gen yang bertanggung jawab dalam menghasilkan Kristal parotein dalam susu kecoa.

Terobosan yang ditemukan oleh peneliti memungkinkan untuk memproduksi Kristal tersebut secara in-vitro di laboratorium sehingga susu kecoa bisa diproduksi secara massal.

Salah satu peneliti bernama Sanchari Banerjee mengemukakan kepada Times of India bahwa “Kristal ini seperti makanan komplet dengan kandungan protein, lemak, dan gula. Jika Anda melihat rantai proteinnya, mereka punya semua asam amino esensial.”

Selain menjadi sumber kalori dan nutrisi, ternyata Kristal protein tersebut juga bersifat time released. Hal ini bermakna pada saat protein dicerna maka Kristal akan merilis lebih banyak protein yang akan meneruskan pada proses pencernaan.

Menurut pimpinan penelitian bernama Subramanian Ramaswamy  dikutip dari detikcom (26/07/2016) mengatakan bahwa susu tersebut merupakan makanan yang tinggi kalori sehingga tidak cocok untuk orang yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Namun sebaliknya jenis susu ini sangat efektif bagi Anda yang sedang berusaha untuk mencukupi jumlah kalori harian sebab Kristal protein susu dari kecoa sangat bagus dalam melengkapi nutrisi dan kalori.

Ramaswamy  mengatakan bahwa “protein susu dari kecoa sangat stabil dan efektif untuk menjadi suplemen protein.”

Meskipun kandugan protein susu dari kecoa sangat tinggi, akan tetapi hingga saat ini belum ada rencana untuk menjadikan produk komersil. Dalam hal ini peneliti merancang system ragi untuk memproduksi Kristal tersebut secara massal.

Rencana tersebut dilakukan untuk memenuhi semua kebutuhan susu yang semakin meningkat. Menyikapi penemuan ini banyak pihak yang berspekulasi bahwa serangga, salah satunya kecoa akan menjadi bagian dari pola makan banyak orang di masa yang akan datang.

Apakah Anda berani untuk mencoba susu kecoa?

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517