Waspadai Tubuh Tidak Berkeringat Indikasi Masalah Kesehatan

Berkeringat merupakan salah satu hal yang normal sebagai bentuk sekresi tubuh untuk membuang sisa-sisa metabolisme. Pengeluaran sisa-sisa metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh bisa melalui beberapa cara seperti urin dan berkeringat. Jika tubuh Anda mengeluarkan keringat dalam batas normal tidak perlu khawatir sebab berkeringat itu sehat. Justru jika Anda beraktivitas fisik atau olahraga dan tubuh tidak pernah berkeringat maka perlu diwaspadai sebab kondisi tersebut bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan.

Berkeringat termasuk cara tubuh dalam menormalkan suhu supaya tetap seimbang. Oleh karena itu pakar kesehatan sangat menganjurkan supaya kita rutin untuk melakukan olahraga. Tujuan dari latihan fisik tersebut tidak lain adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat dan juga menormalkan sirkulasi darah.

Berkeringat memang sangat penting untuk kesehatan. Lalu apa saja dampak tidak berkaringat untuk kesehatan tubuh? Lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini:

  • Suhu Tubuh Menjadi Tidak Seimbang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu fungsi berkeringat adalah untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Jika Anda tidak berkeringat maka hal ini akan membuat suhu tubuh lebih panas sehingga bisa berefek terhadap kesehatan oyang beresiko kekurangan cairan atau bisa juga panas dalam.

  • Racun Menumpuk

Racun dari dalam tubuh sisa metabolisme akan dibuang melalui keringat dan urin. Jika salah satu fungsi tidak berjalan dengan lancar maka hal ini akan membuat racun semakin menumpuk sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

  • Sistem Imun Tubuh Menurun

Dengan berkeringat maka akan memicu produksi sel darah putih. Nah, jika tubuh Anda tidak berkeringat maka kemungkinan produksi sel darah putih tersebut akan sedikit terhambat. Pada dasarnya sel darah putih berfungsi dalam menangkal penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

  • Kulit Kusam dan Kering

Jarang berkeringat akan membuat kulit tidak sehat sebab pori-pori tersumbat oleh kotoran. Maka kemungkinan kulit akan terlihat kusam dan munculnya jerawat pada bagian kulit wajah.

  • Berat Badan Berlebih

Jarang berolahraga dan berkeringat akan membuat lemak tubuh semakin menumpuk sehingga pada akhirnya memicu kenaikan berat bdan secara tidak terkontrol. Berkeringat merupakan salah satu proses pembakaran lemak atau kalori pada tubuh.

  • Jantung Tidak Sehat

Rutin berolahraga akan membuat jantung semakin sehat. Olahraga bertujuan untuk memicu keluarnya keringat dari tubuh sehingga tidak terjadi sumbatan pada saluran darah yang menuju jantung. Jika saluran darah tersumbat maka kinerja jantung akan semakin keras dan beresiko terjadi kerusakan. Maka dari itu lakukan aktivitas yang bisa memicu pengeluaran keringat.

  • Meningkatkan Resiko Stres

Melakukan olahraga hingga berkeringat akan memlicu hormone anti stres. Penurunan tingkat stres ini sangat berguna untuk kesehatan Anda sebab stres merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai penyakit mematikan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517