Waspadai Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Ketika seorang wanita sedang hamil pastinya akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk menjaga janin yang ada di dalam rahimnya sampai saatnya tiba untuk melahirkan. Setiap ibu hamil pastinya menginginkan sebuah kehamilan yang berjalan lancar tanpa ada masalah apapun. Memang tidak gampang dan tidak setiap wanita akan menjalani sebuah kehamilan yang mudah, pasti ada gangguan tertentu selama masa kehamilan. Wanita hamil perlu untuk mengetahui serta mewaspadai tanda bahaya pada kehamilan supaya bisa segera mendapat penangan medis apabila tanda-tanda bahaya kehamilan itu ada pada dirinya.

Waspadai tanda bahaya pada kehamilan

Tanda bahaya saat kehamilan merupakan suatu gejala karena adanya kelainan yang terjadi pada kehamilan sehingga apabila tidak segera ditangani maka akan terjadi keguguran atau pertumbuhan janin yang abnormal. Bahaya pada kehamilan alangkah baiknya dikenali sejak dini supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yang akan terjadi pada kehamilan anda. Memeriksakan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan dapat meminimalisir terjadinya gangguan tersebut karena dapat terdeteksi lebih dini apabila ada masalah.

Beberapa Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Anemia (kurang darah), kekurangan darah pada ibu hamil akan sangat berbahaya bagi dirinya dan juga janin yang dikandung karena ketika darah kurang maka kebutuhan nutirisi serta oksigen ibu dan janin tidak akan terpenuhi. Hal ini juga akan berbahaya pada waktu melahirkan karena akan semakin kehilangan darah sehingga bisa menyebabkan kematian pada ibu hamil. Wanita hamil yang terkena anemia akan merasa letih, lemah, lesu, lunglai, sering pusing dan sakit-sakitan serta kelihatan pucat.

Terjadinya pendarahan, pendarahan bisa terjadi pada kehamilan di usia berapapun, tetapi biasanya pendarahan terjadi di awal kehamilan. Hal ini bisa menjadi tanda bahaya pada kehamilan yang sangat mengancam bagi kehamilan anda. Pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan anda biasanya menyebabkan terjadinya keguguran. Kemudian ketika pendarahan itu terjadi pada masa kehamilan memasuki trimester kedua sampai usia kehamilan 9 bulan itu terjadi karena plasenta letaknya lebih rendah dari rahim. Pendarahan yang terjadi diakhir kehamilan merupakan indikasi terlepasnya plasenta dari rahim. Pendarahan yang terjadi terus menerus akan berbahaya bagi ibu hamil pada saat melahirkan.

Tidak ada pergerakan janin, memasuki usia kehamilan 5 bulan pergerakan janin dalam kandungan akan bisa dirasakan oleh ibu hamil. Janin yang normal dan sehat akan melakukan gerakan tiga kali tiap jamnya dan gerakan itu akan terus ada dan teratur. Apabila anda merasakan gerakan bayi anda kurang dari itu atau bahkan tidak ada gerakan maka segera periksa kondisi kandungan ke dokter. Tidak adanya gerakan janin atau melemahnya gerakan janin merupakan bahaya pada kehamilan karena bisa jadi kehidupan bayi terancam.

Rasa nyeri yang begitu hebat pada perut, gejala ini sangat berbahaya apabila berlangsung lama dan tidak hilang setelah diistirahatkan.

Mengalami mual dan muntah berlebihan, mual serta muntah memang hal wajar yang terjadi pada wanita hamil, tapi apabila hal ini terjadi secara berlebihan maka ini akan sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan dan juga asupan makanan. Jika keadaan ini tidak segera ditangani maka ibu hamil serta janin yang di kandungnya akan kekurangan asupan nutrisi akibat nafsu makan yang jadi berkurang.

Terjadinya kelainan pada letak janin, janin yang normal letaknya yaitu kepalanya berada di bawah rahim serta menghadap ke punggung ibu. Kelainan yang terjadi pada janin yang sangat berbahaya menjelang kelahiran yaitu letaknya sungsang (kepala dari janin berada di bagian atas) dan melintang.

Pecahnya ketuban sebelum waktunya, pada keadaan yang normal ketuban akan pecah menjelang kelahiran seorang bayi setelah adanya tanda-tanda kelahiran. Apabila ketuban pecah sebelum waktunya maka ini bisa berakibat pada infeksi yang akan terjadi pada kandungan sehingga akan sangat membahayakan ibu dan janin.

Apabila anda yang sedang hamil mengalami tanda bahaya kehamilan seperti yang di paparkan diatas maka hendaknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Penanganan yang cepat akan meminimalisir terjadinya keguguran serta mencegah bayi lahir prematur.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517