Waspadai Persalinan Prematur! Berikut Tips Untuk Mencegahnya

Persalinan prematur adalah salah satu hal yang harus dihindari dan diwaspadai oleh semua ibu hamil. dalam upaya untuk mencegah kelahiran bayi secara prematur maka banyak hal yang harus diperhatikan terkait menjaga kehamilan yang sehat.

Pada dasarnya untuk mencegah bayi lahir prematur sangat mudah dilakukan. Kunci utamanya yaitu pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi, rajin bergerak dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa memicu bahaya pada kehamilan.

Fakor penyebab seorang wanita melahirkan prematur tidak lain akibat tidak memperhatikan pola hidup sehat sehari-hari selama menjalani masa kehamilan. Banyak yang mengabaikan asupan makanan dan menjaga kebersihan semakin cenderung menyebabkan kbayi terlahir secara prematur.

Lalu bagaimana untuk mencegah melahirkan secara prematur? Berikut ini beberapa tips mencegah kelahiran prematur yang penulis rangkum.

Menjaga Berat Badan Ideal

Kenaikan berat badan pada ibu hamil adalah hal yang wajar karena adanya janin didalam rahim yang semakin berkembang dari hari ke hari. Namun kenaikan berat badan yang tidak terkontrol cenderung akan menimbulkan berbagai masalah pada kehamilan.

Berat badan yang berlebih bisa memicu komplikasi pada kehamilan sehingga terjadi kelahiran secara prematur. Oleh karena itu sebaiknya Anda memperhatikan pola hidup sehari-hari untuk menjaga berat badan ideal selama hamil. Lakukan olahraga ringan secara teratur dan imbangi dengan makanan sehat.

Perhatikan Kebutuhan Nutrisi

Cara selanjutnya untuk mencegah kelahiran secara prematur yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Ibu hamil harus senantiasa mencukupi asupan nutrisi salah satunya yaitu kebutuhan asam folat yang sangat penting untuk perkembangan janin.

Supaya janin kuat dan berkembang dengan baik maka kebutuhan nutrisi menjadi fokus penting yang harus diperhatikan selama hamil. Konsumsilah makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan dan jenis makanan sehat lainnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam upaya mencegah kelahiran prematur maka perbanyak konsumsi air putih setiap harinya minimal 8 gelas. Asupan cairan yang tercukupi akan senantiasa menjaga kebutuhan tubuh Anda dan janin sehingga terhindar dari resiko dehidrasi yang menyebabkan kelahiran prematur.

Pola Hidup Sehat

Ibu hamil sebaiknya menghindari paparan polusi seperti asap rokok dan minuman alkohol. Jangan sesekali mengkonsumsi minuman beralkohol karena akan berdampak negatif terhadap janin, bahkan beresiko keguguran.

Periksakan Kandungan Secara Rutin

Memeriksakan kandungan secara rutin memang sangat penting untuk mencegah adanya gangguan pada pertumbuhan janin. Pemeriksaan rutin berguna untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada janin. Pendeteksian lebih awal akan memudahkan penanganan sehingga kelahiran prematur bisa dicegah.

Minum Susu Khusus Ibu Hamil

Minumlah susu khusus untuk ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian selama hamil. hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan Anda dan janin didalam kandungan. Pilihlah susu ibu hamil yang aman dan merk terdaftar. Hindari sembarangan mengkonsumsi susu karena bisa membahayakan kesehatan janin.

Mencegah kelahiran prematur pada dasarnya bukan hal yang sulit. Dibutuhkan kesadaran untuk menjaga pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk. Perhatikan asupan makanan yang bergizi, lakukan olahraga secara rutin dan hindari stres.

Disamping itu, perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Kebersihan lingkungan yang buruk sangat rentan terjadi infeksi pada janin. Selain itu, penting perhatikan juga cara pengolahan makanan yang baik dan benar, terutama ketika Anda ingin mengolah daging dan telur. Pastikan makanan tersebut benar-benar matang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517