Waspadai Penyebab dan Gejala Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan salah satu jenis tumor ganas yang sangat berbahaya. Tumor tersebut tumbuh disekitar tenggorokan, bagian tonsil dan laring (pita suara). Gejala kanker tenggorokan perlu diwaspadai dan harus segera ditangani sebelum berkembang lebih parah.

Secara umum gejala dari kanker ini hampir menyerupai dengan radang tenggorokan. Hal ini karena gangguan tersebut memiliki kemiripan yang sulit untuk dibedakan. Kebanyakan masyarakat belum mengetahui gejala dan tanda tanda kanker tenggorokan sehingga hal ini beru terdeteksi setelah kondisinya parah.

Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap kanker tenggorokan, berikut ini penulis merangkum beberapa gejala yang dialami penderita kanker tenggorokan. Selengkapnya simak penjelasan dibawah ini!

  • Permukaan laring kasar

Gejala dari kanker tenggorokan yaitu permukaan laring terasa lebih kasar dari keadaan normal biasanya. Apabila Anda merasakan sesuatu yang aneh pada bagian permukaan tenggorokan maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini untuk mencegah kondisi oyang lebih parah terjadi pada kesehatan Anda. Jangan menganggap sepele gangguan yang terjadi pada tenggorokan karena bisa berakibat fatal.

  • Sulit untuk menelan

Tanda kanker tenggorokan yang selanjutnya yaitu kesulitan pada saat menelan makanan. Gejala yang satu ini sepintas mirip dengan amandel bengkak atau radang tenggorokan. Namun ketika Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Kondisi tersebut dikhawatirkan sebagai gejala kanker tenggorokan.

  • Batuk tak kunjung sembuh

Anda jangan menyepelekan batuk yang tak kunjung sembuh. Selain gejala TBC, batuk yang tak kunjung sembuh bisa menjadi indikasi adanya kanker tenggorokan. Anda harus lebih mewaspadai gejala tersebut dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Batuk secara terum menerus akan membuat suara Anda semakin serak sebagai akibat adanya peradangan akibat tumor tersebut.

  • Bunyi nafas beda dari biasanya

Pada dasarnya orang bernafas tida mengeluarkan suara. Namun ketika terkena kanker tenggorokan maka proses bernafas akan disertai dengan suara atau bunyi. Ketika bunyi nafas Anda mengeluarkan bunyi melengking maka hal ini bisa menjadi indikasi kanker tenggorokan. Waspadai dan jangan menganggap sepele.

  • Suara berubah

Perubahan suara dari anak-anak menuju dewasa merupakan perkara yang wajar dan merupakan siklus alamiah dalam tahap perkembangan. Namun jika kondisi tersebut terjadi ketika Anda sudah dewasa maka perlu diwaspadai. Perubahan suara yang mendadak atau terjadi secara perlahan bisa menjadi tanda bahwa Anda terkena gangguan pada tenggorokan di bagian pitav suara akibat adanya tumor ganas. Periksakan diri dan berkonsultasilah dengan dokter.

Itulah sekilas tentang gejala kanker tenggorokan yang patut Anda waspadai. Adapun penyebab kanker tenggorokan yaitu kebiasaan minum minuman alkohol, merokok, infeksi virus, kebocoran pada lambung dan polusi industri. Kanker tenggorokan bisa dicegah dengan cara menerapkan kebiasaan dan pola hidup sehat.

Related Posts

Share This